Kamis, 21 September 2017
  • Home
  • Kampar
  • Replanting Kebun Sawit Dan Karet Janji Politik Zulher Dasril
Jumat, 04 November 2016 21:43:00

Replanting Kebun Sawit Dan Karet Janji Politik Zulher Dasril

Oleh: Shm
Jumat, 04 November 2016 21:43:00
BAGIKAN:
Int
Zuher - Dasril

 

Bangkinang(Porosriau.com)- Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Kampar Drs H Zulher MS dan Dasril Affandi SH MH menjadikan masa kampanye menjadi ajang berdialog dan menawarkan solusi bagi permasalahan yang ada ditengah masyarakat kampar. Salah satu permasalahan krusial di tengah masyarakat adalah peningkatan pendapatan masyarakat melalui program ekonomi kerakyatan.

Seperti kampanye yang dilakukan oleh Cabup Zulher di hadapan ratusan masyarakat kecamatan Tapung di beberapa desa yaitu desa Muktisari, Tri Manunggal, dan Kijang Rejo. di hadapan masyarakat tapung tersebut, Zulher menjelaskan bahwa sebagian besar perkebunan swadaya karet dan kelapa sawit  harus segera di tanam ulang (replanting).

“Kelapa sawit, karet dan Padi merupakan pondasi dasar sebagian besar ekonomi masyarakat kampar. Dan, sebagian besar tanaman perkebunan kelapa sawit dan karet sudah wajib untuk ditanam ulang (replanting). Untuk itu, jika saya dan Dasril ditunjuk masyarakat untuk memimpin kampar, maka kami akan menjadikan replanting kebun warga ini menjadi program prioritas ke depannya”terang Mantan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau ini.

Dia menjelaskan, selama menjabat Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, dia telah berhasil menanam ulang ratusan hektar kebun petani swadaya di Kampar. Semuanya berhasil. Kelapa sawit telah berbuah pasir pada umur 15 bulan dan karet pada umur 4 tahun telah siap disadap.

Dalam kampanye dialogis tersebut, Zulher juga berbagi ilmu tentang perkebunan kelapa sawit kepada warga. Mulai dari pemilihan bibit, perawatan, pemanenan hingga penjualan buah. Dia menjelaskan bahwa ada 4 faktor penting dalam keberhasilan perkebunan sawit dan karet yaitu teknik pemilihan bibit yang berkualitas, teknik perawatan, teknik pemanenan/penyadapan dan teknik penjualan. Ke empat teknik tersebut sangat berperan terutama teknik pemilihan bibit dan penjualan.

Mendengar penjelasan Zulher tersebut, masyarakat yang menjadi peserta kampanye dialogis di tiga titik (desa) di Tapung tersebut puas dan berharap agar program-program tersebut akan direalisasikan ke depannya. Seperti yang diungkapkan oleh pak Irwan di Desa Tri Manunggal yang menyatakan bahwa Warga Tapung raya khususnya sangat berharap dengan program replanting ini. Dia menyebut, hampir 80% kebun sawit warga tapung sudah selayaknya ditanam ulang.

“Kami sangat berharap program ini segera direalisasikan. Dan kami yakin pak Zulher bisa merealisasikannya karena telah berpengalaman dan berhasil melakukan replanting kebun warga selama menjabat Kadisbun Riau”ujar Irwan.(Shm)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Pulau Rupat Dikapling-Kapling Pengusaha

    tahun lalu

    Ah Kam, pria asli Rupat yang berdomisili di kota Dumai diduga kuat memiliki lahan perkebunan kelapa sawit dan karet mencapai 1.000 hektar berlokasi di Dusun I RT 03/RW 01 desa Dungun Baru

  • Mahasiswa dan NGO Rupat Kutuk Ah Kam

    tahun lalu

    RUPAT(POROSRIAU.com) – Sejumlah Mahasiswa asal Rupat mengutuk prilaku Pengusaha Ah kam yang menjadikan kawasan Hutan Pruduksi Terbatas (HPT) sebagai kawasan perkebunan sawit maupun karet. &ld

  • Rabu Ini BAZDA 'Bang Zulher Dasril' Mendaftar Ke KPU Kampar

    12 bulan lalu

    Bangkinang (POROSRIAU.com) - Setelah memastikan partai politik pengusung, pasangan Bakal Calon Bupati Kampar Drs H Zulher MS dan Bakal calon Wakil Bupati Kampar Dasril Affandi SH MH mengagendakan pada Hari Rabu (21/09/2016) pagi, melaksanakan Deklarasi Pa

  • Tokoh Masyarakat Kampar Kiri, Pasangan Zulher- Dasril Harus Di Menangkan

    12 bulan lalu

    Bangkinang (POROSRIAU.com) - Pasangan bakal calon Bupati dan wakil Bupati Kampar Drs.H. Zulher MS dan Dasril Affandi SH.MH, kian hari kian mendapatkan angin segar dari para pendukungnya, Setelah berhasil mendapatkan dukungan dari PDI-P, PKPI, PAN dan PP

  • Kordias : Gotong Royong Adalah Kunci Kemenangan Zulher dan Dasril

    11 bulan lalu

    Dalam Rangka Pemenangan pemilihan Kepala Daerah Calon Bupati dan Wakil Bupati Kampar 2017 PDI Perjuangan melaksanakan rapat kerja Cabang Khusus, bertempat di Gedung Guru Bangkinang.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.