Jumat, 24 November 2017
Selasa, 22 Agustus 2017 17:31:00

Festival Pacu Jalur Siap Mendunia

Oleh: Redaksi
Selasa, 22 Agustus 2017 17:31:00
BAGIKAN:
int
Pacu jalur Kuansing

PEKANBARU(POROSRIAU.COM) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi kembali menggelar Iven Festival Pacu Jalur pada 23-26 Agustus 2017 ini. Kegiatan yang didukung oleh pemerintah provinsi Riau, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI, serta stakeholder terkait lainnya itu merupakan kalender pariwisata nasional di Riau.

Sebagai salah satu warisan budaya tak benda asal Provinsi Riau, pembukaan Festival Pacu Jalur setiap tahunnya berlangsung cukup meriah. Ribuan masyarakat tumpah ruah memenuhi tribun dan tepian Narosa, Teluk Kuantan.

Kadis Pariwisata (Kadispar) Provinsi Riau Fahmizal Usman menuturkan, Pacu Jalur adalah sejenis lomba dayung yang diikuti oleh 50-60 anggota tim dengan menggunakan sebuah perahu panjang yang terbuat dari kayu yang berasal dari pohon besar. Iven ini merupakan pesta rakyat yang terbilang hasil karya masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau.

"Pemerintah Provinsi yang kini dipimpin oleh Gubernur Riau (Gubri) H Arsyadjuliandi Rachman sangat mendukung penuh iven ini. Kami dari Dinas Pariwisata Provinsi Riau telah melakukan promosi baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Hal ini dilakukan agar kunjungan wisatawan meningkat," tutur Fahmizal Usman, di Pekanbaru pada Selasa, (22/08/2017).

Bentuk promosi yang dilakukan oleh Dispar Riau diantaranya membuat kegiatan peluncuran kalender Iven nasional pariwisata "Riau Menyapa Dunia" di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona kantor Kementerian Pariwisata RI Jakarta, yang dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya dan para Duta Besar.

Selanjutnya membuat video promosi Pacu Jalur yang penyebarannya dilakukan melalui media online dan media sosial serta dikemas dalam bentuk DVD guna dibagikan pada setiap acara pameran baik di dalam negeri dan luar negeri.

Berikutnya, melalui iklan pada media luar ruang (Baleho) Dispar Riau juga memasang pada empat titik lokasi di Pekanbaru dan empat titik di Kuantan Singingi dengan ukuran 4 x 8 meter.

Masih kata Fahmizal Usman, sebelumnya Gubri H Arsyadjuliandi Rachman bersama Bupati Kuansing H Mursini, telah melepas perdana hilir pertama pelaksanaan Pacu Jalur Tradisional Rayon III Kuansing di Tepian Lubuok Sobae Baserah Kecamatan Kuantan Hilir, Kamis (20/7/2017).

Di acara tersebut Bupati Kuansing bersama Gubernur Riau tampak kompak memegang bendera tanda pelepasan pacu jalur secara resmi di pancang star arena pacu jalur, yang disertai dengan letusan cagak atau lelo di awal pancang star.

"Ini merupakan bentuk keseriusan Pemerintah Provinsi Riau terhadap Iven Pacu Jalur yang telah menjadi agenda iven pariwisata nasional dari Riau," kata Kadispar Riau Fahmizal Usman.(*/MC Riau/mz)

Editor: Chaviz

Iklan Lowongan
copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Menpar: Tetapkan Bono sebagai Destinasi Kelas Dunia

    10 bulan lalu

    JAKARTA(POROSRIAU.COM)--Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya optimistis Provinsi Riau belum terlambat membangun sektor pariwisata. Selain kaya akan tradisi dan budaya, terutama Melayu, kondisi alam Riau sebenarnya juga tidak kalah menarik.

  • Siap-siap, Jalan ke Kuala Enok dan Tanjung Buton Segera Dibangun

    6 bulan lalu

    Rencananya, jalan nasional yang akan dibangun, yakni rute Siak Sri Indrapura-Mengkapan Buton sepanjang 44,82 km dan rute Bagan Jaya-Kuala Enok sepanjang 63,2 km. Dua rute jalan nasional ini mulai dibangun tahun ini dan diharapkan tuntas dalam tiga tahun k

  • Pasa Harau 2017 Dilaunching

    4 bulan lalu

    Pasa Harau Art and Culture Festival, sebuah pertunjukan peristiwa budaya Minangkabau, akan kembali digelar di Lembah Harau, Limapuluh Kota, Sumatera Barat.

  • Festival Pacu Jalur 2017 Resmi Dibuka, 193 Jalur Unjuk Kebolehan Dihari Pertama

    3 bulan lalu

    Ditandai dengan pemukulan gong dan sirine, Gubenur Riau, Arsyadjuliandi Rachman membuka secara resmi Festival Pacu Jalur 2017 Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau, Rabu (23/8/2017) di Lapangan Limuno Teluk Kuantan.

  • Curi Hp SPG Rokok Di FPJ, Pria Tatoan Dibekuk Polisi

    3 bulan lalu

    Korban Sylvana Sela (22) warga Jl. Bandeng Gg Belikan No. 04 Marpoyan Damai Pekanbaru yang berprofesi sebagai SPG Rokok.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.