Jumat, 24 November 2017
  • Home
  • Kuansing
  • Seluruh Honorer di Pemkab Kuansing Resmi Dirumahkan
Jumat, 06 Januari 2017 09:10:00

Seluruh Honorer di Pemkab Kuansing Resmi Dirumahkan

Oleh: mc
Jumat, 06 Januari 2017 09:10:00
BAGIKAN:
Int
Ilustrasi

TELUK KUANTAN(POROSRIAU.COM) - Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi akhirnya mengambil keputusan untuk merumahkan atau memberhentikan sementara seluruh tenaga honorer yang selama ini mengabdikan diri di lingkungan Pemkab Kuansing.

Pemberhentian ini diumumkan oleh masing-masing SKPD atau instansi pada, Kamis (5/1/2017) pagi.Salah satu alasan yang dikedepankan oleh Pemkab Kuansing terkait keputusan ini adalah belum ada kejelasan untuk anggaran gaji mereka di APBD 2017 ini.

" Hari Rabu ( 4/1/2017 ) kemaren, Pak Bupati memanggil seluruh kepala SKPD dan memaparkan kondisi alokasi gaji pegawai honor yang belum jelas dan belum pasti, sehingga kepala SKPD diminta memberi tahu kondisi ini kepada masing-masing pegawai honor di tempat masing-masing,"ujar Sekda Kuansing, H Muharman, M.Pd, Kamis ( 5/1/2017 ) pagi.

" Kalau alokasi gaji belum pasti, sementara pegawai honor masuk terus nanti darimana gajinya, sementara alokasi gaji belum pasti kan kasihan juga mereka, ini yang Kita pikikan,"ujar Muharman menambahkan.

Kemudian lanjut Sekda, jikapun nanti anggaran gaji sudah jelas tentu disesuaikan dengan kondisi anggaran. " Bisa jadi jumlahnya sebanyak yang lalu, atau berkurang atau tidak dianggarkan sama sekali kan tergantung pendapatan daerah. Ini yang perlu dikaji sesuai anggaran yang tersedia nantinya,"ulas Sekda.

Oleh sebab itu kata Sekda, masing-masing kepala SKPD diminta memberi tahu kondisi ini dan menyampaikan kepada pegawai honor untuk tidak masuk terlebih dahulu sebelum alokasi gaji jelas. " Kita belum anggarkan gajinya ( honor ), Oleh sebab itu ndak usah aja masuk terlebih dahulu, ya istrirahat dulu atau dirumah dulu,"kata Muharman.

Menurut Sekda, soal pegawai honor ini memang harus ada kepastian, sebab SK tugas mereka berakhir 31 Desember 2016 yang lalu. " Setiap tahun kan diperpanjang, sekarang sudah tanggal 5 Januari, tetapi  anggaran gaji untuk pegawai honor belum jelas,"beber Muharman.

" Mengenai kapan hal ini disampaikan kepada pegawai honor diserahkan ke kepala SKPD masing-masing,"ujarnya.

Sekda mengakui ada pegawai honor yang sulit diberhentikan karena fungsi mereka yang vital, seperti sopir, penjaga kantor, cleaning service. " Kalau hal ini Kita serahkan kepada SKPD, kalau mampu mencari gaji yang dipertahankan,"sambung Sekda.

Sekda memahami kondisi ini akan menjadi pukulan berat bagi pegawai honor dan ini bukan kebijakan yang mudah untuk diambil Pemkab. Karena itu dirinya minta seluruh pegawai honor bersabar .

Berdasarkan data Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kuansing, Jumlah tenaga honorer yang di SK kan tahun 2016 lalu ada sebanyak 2.949 tenaga honorer yang tersebar diseluruh SKPD, Puskesmas, Kantor Camat, UPTD maupun instansi lainnya.(MC)

Editor: Chaviz

Iklan Lowongan
copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Pemberhentian Seluruh Honorer di Pemkab Kuansing, Pelayanan Publik Terganggu

    11 bulan lalu

    TELUK KUANTAN(POROSRIAU.COM) - Setelah diberhentikannya seluruh pegawai honorer di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, sejak Kamis (5/1/2017) lalu, otomatis pelayanan publik sedikit terganggu, terutama di tempat-tempat pelayanan vital, seper

  • KontraS Desak Pelaku Kasus 'Meranti Berdarah' Dihukum Maksimal

    11 bulan lalu

    SELATPANJANG(POROSRIAU.COM) - Komisi Untuk Orang Hilang dan Tindak Kekerasan (KontraS) mendesak Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis menjerat para pelaku Meranti Berdarah dengan ancaman pidana maksimal.

  • Bupati Yopi : Inhu Jadi Kabupaten Pertama Gelar Musrenbang Tingkat Kabupaten

    9 bulan lalu

    INHU(POROSRIAU.COM)-Bupati Indragiri Hulu (Inhu) H. Yopi Arianto resmi membuka kegiatan musyawarah pembangunan (musrenbang) RKPD Kabupaten Inhu tahun 2018, Rabu (1/3/2017) di Gedung Dang Purnama Rengat. Di Propinsi Riau, Inhu menjadi kabupaten pertama yan

  • Evi Bertekad Majukan Dunia Usaha

    tahun lalu

    Evi Yuliana resmi menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) periode 2016-2021. Ia terpilih secara aklamasi melalui Musyawarah Kabupaten (Muskab III) Kadin Rohul 2016-2021 pada Rabu (10/8/2016).

  • Wabup Khairizal Resmi Lepas Keberangkatan JCH Asal Inhu

    tahun lalu

    Inhu(POROSRIAU.com) - 177 Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) resmi dilepas keberangkatannya oleh Wakil Bupati (Wabup) Inhu H Khairizal, di halaman Kantor Bupati Inhu, Kamis (11/08/2016) pagi.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.