Rabu, 18 Oktober 2017
Kamis, 05 Oktober 2017 08:17:00

18 Poskesdes Di Meranti Tak Punya Bidan

Oleh: Manik
Kamis, 05 Oktober 2017 08:17:00
BAGIKAN:
Ilustrasi

SELATPANJANG(POROSRIAU.COM) - Ibu hamil dari belasan desa yang akan melahirkan di Meranti, harus berjuang keras , pasalnya belasan Pos Kesehatan Desa (Poskesdes) di Kabupaten tersebut tidak memiliki bidan.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti, dr Ria , Selasa (2/10/2017) mengatakan, Poskesdes yang tidak memiliki bidan tersebut terdapat di 18 desa. 

Di ungkapkannya pula, bahwa untuk persalinan warga di 18 desa tersebut harus pergi ke desa lain yang Poskesdesnya memiliki bidan. 

" Bahkan banyak juga ibu-ibu diangkut pakai gerobak ke desa lain untuk bersalin," ujar Ria. 

"Yah mereka harus pergi ke desa tetangga untuk bersalin atau langsung ke Puskemas," jelasnya. 

Permasalahannya saat ini, jarak desa ke desa lain atau ke Puskesmas cukup jauh, diperparah dengan buruknya akses di perdesaan. 

"Jika tidak ada halangan,  dalam tahun ini juga pihaknya akan menempatkan bidan ke belasan desa yang Poskesdesnya belum memiliki bidan,"ungkap dr Ria.

Pihaknya sudah mengajukan perekrutan 20 bidan pegawai tidak tetap (PTT) ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Kepulauan Meranti dan  nantinya,  dua dari 20 bidantersebut kata Ria, akan ditempatkan di Puskesmas Sungai Tohor. Informasinya dari mereka, bulan ini akan dilakukan perekrutan.

" Ia mengimbau kepada ibu-ibu hamil agar memanfatkan Rumah Tunggu dari program Jampersal, terutama bagi ibu-ibu hamil yang tinggal di desa yang Poskesdesnya tidak ada bidan," tutupnya. (nik)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Ini Tujuan Peluncuran Film "Mencari Mustika"

    tahun lalu

    MERANTI(POROSRIAU.com) - Peluncuran film perdana "Mencari Mustika" yang di produksi oleh Yayasan Lestari Warisan Meranti Selatapanjang dan Lembaga Adat Melayu-Riau (LAMR) Kabupaten Kepulauan Meranti yang diputar pada Sabtu (6/8) malam di halama

  • Dinkes Meranti Ajak Masyarakat Imunisasikan Anak Ke Puskesmas dan Posyandu

    tahun lalu

    Meranti(POROSRIAU.com) - Mulai awal Agustus dan akhir Agustus ini Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti sedang digelar imunisasi campak gratis bagi anak usia tersebut agar tubuh mereka kebal terhadap virus campak (morbili).

  • Raih Posisi III, Bupati Bangga & Apresiasi Klub Sepaktakraw Meranti

    tahun lalu

    Meranti (POROSRIAU.com) - Wakil Bupati Kepulauan Meranti, Drs H Said Hasyim mendapat kabar dan melihat salah satu Medsos tentang Klub sepaktakraw Meranti berhasil raih posisi III setelah mengalahkan klub dari Negara jiran Malaysia dalam open turnamen Kari

  • Tanggapi Meranti Berdarah, Komnas HAM Berkunjung ke Selatpanjang

    tahun lalu

    MERANTI (POROSRIAU.com) - Komisioner Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) Natalius Pigai datang ke Selatpanjang sebagai bukti tanggapan serius mereka terhadap kasus Meranti Berdarah tanggal 25 Agustus 2016 lalu. Tiba di Kota Sagu itu, Natalius langsung mengunju

  • Galaunya Guru Honor Madrasah Kep.Meranti

    11 bulan lalu

    Meranti (Porosriau.com) - Puluhan guru honor Madrasah di Kepulauan Meranti kembali menyampaikan kegalauan mereka terhadap hak yang belum dibayar sekitar 9 bulan (Maret - November). Kali ini, giliran gedung rakyat didatangi guru honor madrasah itu.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.