Rabu, 18 Oktober 2017
  • Home
  • Meranti
  • Air Gambut Olahan Desa Kundur Akan Diuji BPOM
Senin, 09 Oktober 2017 21:26:00

Air Gambut Olahan Desa Kundur Akan Diuji BPOM

Oleh: Manik
Senin, 09 Oktober 2017 21:26:00
BAGIKAN:
Kades Kundur, Sutrisno mencoba air minum hasil olahan instalasi pengolahan air gambut, didampingi Bagus, pencipta teknologi tepat guna itu, Ahad malam.(Foto/Manik)

TEBINGTINGGI BARAT (POROSRIAU.COM) - Uji coba fasilitas pengolahan air gambut menjadi air bersih, bantuan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), di Desa Kundur, Ahad petang 8 Oktober 2017 kemarin, berhasil dilakukan.

Hal itu diungkapkan, Camat Tebingtinggi Barat, Helfandi, SE, M.Si, pada Senin pagi (9/10/2017). Meski begitu, untuk memastikan produksi air minum hasil pengolahan air gambut di Desa Kundur, akan  dilakukan uji Laboratorium di Balai Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Sebelum beroperasi, Insha Allah Rabu ini digelar rapat bersama Pemdes, BUMDes, KP-SPAM, Dinas PMD, LHK, Diskes, Perindagkop UKM dan lainnya, untuk operasional terkait izin sampai ke tahap Uji Balai BPOM," ujar Helfandi.

Lebih jauh disampaikan nya, saat peninjauan uji coba fasilitas instalasi pengolahan air gambut kemarin, ia telah mendapat penjelasan secara detail terkait sistem pengolahan air gambut menjadi air bersih dari pencipta teknologi tepat guna yang diciptakan oleh pak Bagus tersebut.

Kita sudah dijelaskan bagaimana air gambut ini diolah menjadi air bersih siap minum, mulai saat diambil dari kanal sampai selesai proses di bak penampungan," ungkapnya.

Camat Helfandi berharap, air bersih siap minum itu nantinya tidak hanya di produksi dalam kemasan galon, namun juga dapat dialirkan ke rumah-rumah penduduk yang menjadi pelanggan, di bawah pengelolaan KP-SPAM dan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Harapan kita bisa untuk produksi massal sampai dialirkan ke rumah para pelanggan. Untuk itu, ke depan diperlukan bak penampungan yang lebih besar agar bisa mencukupi kebutuhan masyarakat. Sementara ini baru bisa produksi 24 ribu liter per hari.

Seperti diberitakan sebelumnya, seluruh pihak terkait dalam program bantuan pengolahan air gambut itu, telah mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) yang diselenggarakan Kemendes PDTT di Pekanbaru, baik menyangkut tata kelola, pemeliharaan dan pengawasan.

"Program bantuan itu menjadi pilot project di Indonesia, di mana pembangunannya hanya ada di 5 titik. Di Riau hanya di Desa Kundur Kabupaten Kepulauan Meranti dan Desa Pekantua Kempas Kabupaten Inhil," papar Helfandi. (nik)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Bupati Bersama Warga Sungai Tohor Gelar Sukuran

    tahun lalu

    Meranti(POROSRIAU.com) - Seiring di cabutnya izin pengelolaan Hutan Tanaman Industri (HTI) PT. Lestari Unggul Makmur (LUM) seluas 10.390 Ha, oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI diwilayah Kecamatan Tebing Tinggi Timur (3 T), Bupati Meranti H. Ir

  • Resmikan Ruang Kelas dari Dompet Dhuafa di Sokop, Kadisdik Meranti Kaget

    11 bulan lalu

    Meranti (porosriau.com) - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kepulauan Meranti M Arif MN meresmikan ruang kelas Kapal Peradaban Bandaraya di Desa Sokop Kecamatan Rangsangpesisir, Riau. Ruang kelas yang diresmikan M Arif MN ini di

  • Berhasil Tekan Angka Karlahut, BPBD Meranti Raih Penghargaan dari Gubri

    10 bulan lalu

    SELATPANJANG(POROSRIAU.COM) - Berkat kerja keras Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Meranti, dibantu dengan Stakeholders terkait mulai dari TNI, Polri, Pihak Swasta serta masyarakat. BPBD Meranti berhasil menekan angka kebakara

  • Polres Pelalawan Amankan Tiga Truk Pengangkut Kayu Olahan

    9 bulan lalu

    PELALAWAN(POROSRIAU.COM)- Polres Pelalawan mengamankan tiga truk colt diesel mengangkut 'illegal logging' olahan. Tiga truk ini di amankan ditempat berbeda di jalan lintas Bono kecamatan Bunut, Kamis (5/1/17).

  • Bupati Bengkalis Ikuti Rakornas Karhutla di Istana Presiden Jakarta

    9 bulan lalu

    BENGKALIS(POROSRIAU.COM) - Bupati Bengkalis Amril Mukminin bersama kepala daerah yang selama ini rentan terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Senin (23/1/2017) mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Karhutla di Istana Presiden, Jakarta.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.