Selasa, 19 Juni 2018
  • Home
  • Meranti
  • Buka Musrenbang Kecamatan Rangsang Barat, Wakil Bupati: Tingkatkan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat.
Kamis, 22 Februari 2018 15:09:00

Buka Musrenbang Kecamatan Rangsang Barat, Wakil Bupati: Tingkatkan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat.

Oleh: Manik
Kamis, 22 Februari 2018 15:09:00
BAGIKAN:
Foto: Wakil Bupati Dan Ketua DPRD Mengikuti Musrenbang Kecamatan Rangsang Barat Meranti, pada Kamis (22/2/2018).

MERANTI(POROSRIAU.COM) - Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Said Hasyim,  membuka kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Rangsang Barat, Kabupaten Meranti, yang berlangsung Diaula kantor Camat  Rangsang Barat, pada kamis (22-02-2018).

Turut hadir pada acara tersebut, Ketua DPRD Meranti H. Fauzy Hasan, Ketua Bappeda Meranti H. Makmun Murod, Camat Rangsang Barat H. Said Jamhur, Kepala Dinas/ Kepala Badan dilingkungan Pemkab. Meranti, Kades Se-Kecamatan Rangsang Barat, BPD, Para Kepala Sekolah, Tokoh Masyarakat/Agama/Pemda dan lainnya.

Dalam pemaparan nya, Wakil Bupati H. Said Hasyim berharap Musrenbang Kecamatan Rangsang Barat ini dapat menelurkan pemikiran rencana pembangunan strategis, yang sama-sama diperjuangkan dan direalisasikan baik melalui dana APBD Kabupaten, Provinsi hingga dana APBN Pusat.

"Semoga Musrenbang ini menghasilkan usulan pembangunan dalam rangka mengejar  ketertinggalan agar mampu sejajar dengan Kabupaten lainnya yang lebih maju di Indonesia.

Wakil Bupati menambahkan, dalam mengejar ketertinggalan daerah, potensi sumber daya Meranti yang besar dengan didukung dana Kabupaten, Provinsi dan pusat yang diwujudkan melalui program yang tepat sasaran, Meranti dapat lebih maju.

"Anggaran yang mengendap di Provinsi dan APBN harus direbut dan kita kejar, ditambah dengan APBD Meranti kita susun perencanaan pembangunan yang baik, sehingga anggaran yang ada, memiliki nilai guna besar untuk kesejahteraan masyarakat dan sekecil mungkin untuk kegiatan yang tidak berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat," ucap Wakil Bupati.

Selain itu, Wabup juga mengingatkan semua Kepala OPD dan jajaran, harus memiliki nilai juang tinggi dalam merebut anggaran Provinsi atau Pusat dengan cara membawa tim dan dilengkapi dengan data yang lengkap. Sebab salah satu hal yang menyulitkan Meranti meraih dana APBN  dikarenakan minimnya data yang diajukan ke Provinsi maupun Pusat, papar H. Said Hasyim.

Wabup mengingatkan, "kunci utama adalah data monografi yang lengkap mulai dari Desa hingga Kabupaten dan sedikit ngotot meminta, sebab seberapa hebatpun kita berjuang mengejar anggaran Pusat dan Provinsi tanpa didukung data- data, hasilnya percuma.

Mengakhiri perkataan nya, dalam rangka suksesnya pembangunan di Kepualuan Meranti, diperlukan koordinasi dan sinkronisasi yang baik antar OPD untuk saling mendukung pembangunan berkelanjutan.

Wakil Bupati H. Said Hasyim mencontohkan, jika Dinas Perhubungan mengupayakan pembangunan Roro, hendaknya didukung jalan akses yang dibangun oleh Dinas Pekerjaan Umum (PU) ,  jadi Sinkronisasi antar OPD dalam pembangunan ini sangat penting," tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua DPRD Meranti H. Fauzy Hasan juga menyampaikan pokok-pokok fikiran DPRD, bahwa Legislatif dan Eksekutif komit mewujudkan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Meranti.

Fauzi Ia berharap dalam Musrenbang di Kecamatan Rangsang barat ini dihasilkan rumusan program strategis yang mampu merealisasikan Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati hingga Tahun 2021 mendatang.

Lebih jauh Ketua DPRD Meranri H. Fauzy Hasan, mengatakan semua usulan pembangunan infrastruktur hendaknya benar- benar mampu menopang ekonomi masyarakat jangan sampai sebaliknya, tidak memberikan dampak apa apa pada peningkatan ekonomi masyarakat, papar nya Fauzi.

Sementara itu, Camat Rangsang Barat H. Said Jamhur, menjelaskan, Kecamatan yang dipimpinya terdiri dari 12 Desa, memiliki 5 ribu KK dengan jumlah penduduk 22 ribu jiwa lebih, yang mana dibagian utara berbatasan langsung dengan Selat Malaka.

Selain itu, Rangsang Barat juga memiliki potensi lahan pertanian dan perkebunan seluas 22.207 Ha, yang terdiri dari Kopi, Kelapa, Sagu dan Pinang.

Sebagai daerah pesisir yang rentan abrasi, salah satu yang dibutuhkan adalah alat Escavator untuk pembuat tanggul jika terjadi air pasang.

Rencana pembangunan lainnya yakni rehap atap rumah dinas, rehap berat labor SMPN 1 Rangsang Barat, Penahan Abrasi Pantai Tanjung Mekong dan Anak Setatah serta Rumah Layak Huni yang tersebar diseluruh Desa, terang Camat.

Sedangkan dalam ekspos Pembangunan Kabupaten Kepulauan Meranti yang disampaikan oleh Kepala Bappeda H. Makmun Murod, sesuai PP No. 13 Tahun 2017 Tentang Tata Ruang Nasionalb Rangsang Barat masuk kedalam kawasan strategis Nasional dan berdasarkan Kepres.(nik/rls)

Editor: Chaviz fernandes

Iklan Lowongan
copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Wakil Bupati Meranti Buka Musrenbang Kec. Rangsang, Himpun Program Prioritas Kecamatan

    4 bulan lalu

    MERANTI(POROSRIAU.COM) - Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim bersama Ketua DPRD H. Fauzy Hasan, mengikuti kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan Rangsang (Musrenbang), kegiatan

  • Buka Musrenbang Kec. Tasik Putripuyu, Bupati : Gesa Pembangunan Jalan Poros Pembuka Akses Antar Desa

    4 bulan lalu

    MERANTI(POROSRIAU.COM) - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si bersama Wakil Bupati H. Said Hasyim membuka secara resmi Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) di Kecamatan Tasik Putri Pu

  • Pimpin Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Meranti ke-8, Bupati Ajak Segenap Masyarakat Bersatu Padu Bangun Meranti

    2 tahun lalu

    SELATPANJANG (POROSRRIAU.COM) - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si bertindak sebagai Pembina Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Meranti Ke-8 Tahun 2016. Upacara dalam rangka mengenang terbentuknya Kabupaten Meranti pada Tanggal 19 Desember 20

  • Lantik Pejabat Eselon II dan III, Wabub Ingatkan Jabatan Bukan Hak Tapi Tugas Yang Diberikan Pimpinan

    tahun lalu

    SELATPANJANG(POROSRIAU.COM) - Wakil Bupati Kepulauan Meranti Drs H. Said Hasyim, melakukan pengukuhan dan pelantikan Pejabat Struktural Eselon II dan II dilingkungan Pemkab Meranti. Pelantikan dalam rangka mempercepat kinerja organisasi dalam menggesa pem

  • Jemput Bola Kejar Dana APBN, Wakil Bupati Dan Ketua DPRD Meranti Beserta Kepala Desa Sambangi Beberapa Kementrian

    4 bulan lalu

    Kondisi APBD Kepulauan Meranti yang terus menurun kini berkisar diangka 1.1 Triliun rupiah dinilai tak cukup untuk menggesa pembangunan Kabupaten dalam rangka mengejar ketertinggalan, apalagi sebagai Kabupaten baru yang masih seumur jagung.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Poros Riau. All Rights Reserved.