Rabu, 18 Oktober 2017
  • Home
  • Meranti
  • Dapat Bantuan Dari Kemendes PPDT, Desa Kundur Sebagai Pilot Project Pengolahan Air Gambut
Kamis, 05 Oktober 2017 18:46:00

Dapat Bantuan Dari Kemendes PPDT, Desa Kundur Sebagai Pilot Project Pengolahan Air Gambut

Oleh: Manik
Kamis, 05 Oktober 2017 18:46:00
BAGIKAN:
Direktur Pendayagunaan SDA dan TTG Direktorat Jenderal PPMD ( DR.SUPRAPEDI, M.ENG ) bersama Camat TTB Helfandi dan Kades Kundur.(foto/Manik)

PEKANBARU(POROSRIAU.COM)-- Desa Kundur sebagai salah satu wilyah di Kecamatan Tebingtinggi Barat, Kab. Meranti, pada tahun 2017 ini mendapat bantuan Pengolahan Air Gambut berupa alat penyulingan air bersih dari Kemendes PPDT.

Camat Tebingtinggi Barat, Helfandi mengungkapkan, untuk pengoperasian peralatan danTeknologi ini dalam memanfaatkan air gambut sebagai kebutuhan dasar bagi masyarakat,  khususnya desa Kundur, tentunya membutuhkan bimbingan tekhnologi.

Terkait hal itu, Camat TTB, Kasi PMD Kec , Kades Kundur, Pengurus Bumdes , KP.SPAMS  termasuk Dinas PMD, Kesehatan dan LHK Kabupaten Kep.Meranti berjumlah 18 org,  mengikuti kegiatan BIMTEK bantuan Pengolahan Air Gambut oleh Kemendes PPDT di Grand Elite Hotel Pekanbaru.

Menurut Camat TTB Helfandi,SE.MSI melalui sambungan selulernya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan oleh pihak Kemendes PPDT di ikuti 40 peserta terdiri dari Meranti 18 org dan Inhil 32 orang.

Menurut kabag humas setda Meranti periode 2007 ini, terkait bantuan pengolahan air gambut dari  Kemendes PPDT, sebagai pilot project di Indonesia hanya 5 titik. Sedangkan di Riau ada 2 desa yakni desa Kundur kec. TTB Kab.Kep. Meranti dan Desa Pekantua Kempas Kab. Inhil.

Lebih jauh Camat Helfandi mengatakan,  Bimtek yang dilaksanakan dari tanggal 3 - 6 Okt 2017 sangat penting untuk diikuti, karena menyangkut tata pengelolaannya yang dikelola oleh KP SPAMS dibawah unit usaha Bumdes Kundur, termasuk bagaimana mengoperasikan serta pemeliharaanya dan kelanjutan dari pada kegiatan ini serta yang tak kalah penting pengawasan pihak terkait.

Pada pelatihan ini semua pihak dilibatkan termasuk kecamatan , Kabupaten ( PMD, Kes dan LHK ) , Pihak desa termasuk pengurus KP SPAMS dan pendamping desa.

Daerah kita merupakan kawasan gambut yang sangat luas sulit untuk mendapatkan air bersih, apalagi air layak minum. Kita berharap semoga dengan bantuan teknologi ini, bisa berhasil dan bisa dimanfaatkan oleh masy untuk mndaptkan air bersih atau air layak minum.

Kegiatan BIMTEK , dibuka oleh Direktur Pendayagunaan SDA dan TTG Direktorat Jenderal PPMD  ( DR.SUPRAPEDI, M.ENG ) dan dihadiri juga mewakili pihak Dinas PMD Prov.Riau,pungkas Camat Helfandi.(nik)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Air Gambut Olahan Desa Kundur Akan Diuji BPOM

    satu minggu lalu

    Uji coba fasilitas pengolahan air gambut menjadi air bersih, bantuan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), di Desa Kundur, Ahad petang 8 Oktober 2017 kemarin, berhasil dilakukan.

  • September, Dumai Cetak Kartu Identitas Anak

    tahun lalu

    Jika tidak ada aral melintang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Dumai akan mencetak kartu identitas anak (KIA) pada September mendatang.

  • Kampar Terima Bantuan 15 Unit Gerobak Sepeda Motor Pengolahan Sampah

    11 bulan lalu

    Kabupaten Kampar dapat bantuan 15 gerobak Sepeda motor untuk pengolahan sampah dan transportasi pengangkutan sampah, diharapkan penerima bantuan pengelolahan sampah ini memiliki prioritas utama

  • Berhasil Tekan Angka Karlahut, BPBD Meranti Raih Penghargaan dari Gubri

    10 bulan lalu

    SELATPANJANG(POROSRIAU.COM) - Berkat kerja keras Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Meranti, dibantu dengan Stakeholders terkait mulai dari TNI, Polri, Pihak Swasta serta masyarakat. BPBD Meranti berhasil menekan angka kebakara

  • Bupati Bersama Warga Sungai Tohor Gelar Sukuran

    tahun lalu

    Meranti(POROSRIAU.com) - Seiring di cabutnya izin pengelolaan Hutan Tanaman Industri (HTI) PT. Lestari Unggul Makmur (LUM) seluas 10.390 Ha, oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI diwilayah Kecamatan Tebing Tinggi Timur (3 T), Bupati Meranti H. Ir

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.