Rabu, 23 Agustus 2017
Selasa, 01 November 2016 14:23:00

2017 Pemko Berlakukan KIA

2017 Pemko Berlakukan KIA

Oleh: fir
Selasa, 01 November 2016 14:23:00
Terhitung Januari 2017, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan merapkan Kartu Identitas Anak (KIA).
BAGIKAN:
fir
Baharuddin, Kadisdukcapil Pekanbaru

 

PEKANBARU(POROSRIAU.COM) -  Terhitung Januari 2017, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru akan menerapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) khusus anak-anak atau disebut Kartu Identitas Anak (KIA). Penerapan ini berdasarkan Permendagri Nomor 2 tahun 2016

"Tahun 2017 seluruh daerah wajib menerbitkan KTP anak (KIA). Untuk cakupan Provinsi Riau baru Dumai sebagai percontohan yang sudah berhasil melakukan perekaman 70 persen," ungkap Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, Baharuddin kepada wartawan. 

Terkait kemampuan Pekanbaru untuk merealisasikan program ini, Baharuddin menambahkan sebenarnya sudah siap jika memang dilengkapi oleh peralatan yang memadai. 

"Itu tergantung pusat, mudah-mudahan ada anggaran alat dan blangko. Karena yang kita punya terbatas. Masih menunggu petunjuk teknis lanjutan untuk penerapan ini," ungkapnya.  

Menurutnya, pihaknya belum mendapat petunjuk teknis lanjutan. "Nanti bisa saja berubah, kita tunggu saja," katanya

Diketahui KIA akan diterapkan di seluruh Indonesia, sebagai bentuk langkah pemerintah mempunyai kewajiban untuk melindungi hak konstitusional warga termasuk anak-anak.   

Rencananya KIA terbagi dua macam. Pertama untuk anak-anak berusia 0-5 tahun,  yang kedua 5-17 tahun. Bagi anak warga negara Indonesia (WNI) yang baru lahir, KTP Anak akan diterbitkan bersamaan dengan penerbitan akte kelahiran. 

KIA ini berdasarkan ketetapan  Permendagri Nomor 2 tahun 2016 tentang anak-anak atau warga negara berumur di bawah 17 tahun wajib memiliki KTP.

Baharuddin menjelaskan pihaknya mulai mensosialisasikan kebijakan ini kepada masyarakat di Pekanbaru, karena KTP Anak atau Kartu Identitas Anak (KIA) mulai diberlakukan 2017 mendatang.(fir)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Agustus, Pencapaian PAD Pekanbaru Baru Rp240 Miliar

    2 minggu lalu

    Permasalahan anggaran di Kota Pekanbaru yang dilanda defisit masih saja berlanjut. Pasalnya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017 yang diasumsikan capaiannya Rp2,4 Triliun lebih realisasi pencapaiannya hanya bisa Rp 1,7 triliun.

  • Bahas Perubahan SKPD Jadi OPD, Pansus SOTK Rapat Dengan Tim Ahli & Pemko

    12 bulan lalu

    Pekanbaru(POROSRIAU.com) - Guna merampungkan pembahasan perubahan Struktur Organisasi Tata Laksana (SOTK) di Pemko Pekanbaru. Pansus SOTK melakukan rapat bersama instansi terkait bersama tim ahli.

  • Tujuh Tuntutan Aksi GEMMPA Kota Dumai

    10 bulan lalu

    Gerakan Mahasiswa, Masyarakat dan Pemuda (GEMMPA) Kota Dumai, Rabu (2/11) melakukan aksi di persimpangan jalan masuk Purnama dan Pelabuhan Agrobisnis Kecamatan Dumai Barat.

  • UMK Pekanbaru Bisa Saja Sama Dengan UMP

    10 bulan lalu

    Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Pekanbaru masih membahas Upah Minimum Kota (UMK) Pekanbaru tahun 2017.

  • Wawako Dumai dan Ketua DPRD Kota Dumai Tandatangani Nota Kesepakatan

    10 bulan lalu

    DUMAI (porosriau.com) - Setelah GEMMPA (Gerakan Mahasiswa, Masyarakat dan Pemuda) Kota Dumai melakukan aksinya di perempatan Purnama selama kurang lebih tiga jam, Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo, perwakilan perusahaan yang ada di Kota Dumai dan Ketua DP

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.