Kamis, 19 Oktober 2017
  • Home
  • Pekanbaru
  • Belajar pelayanan online satu pintu, Pansus dan BPTPM Pemko Pekanbaru kunjungi Kota Surabaya
Rabu, 25 Januari 2017 18:57:00

Belajar pelayanan online satu pintu, Pansus dan BPTPM Pemko Pekanbaru kunjungi Kota Surabaya

Oleh: Eza
Rabu, 25 Januari 2017 18:57:00
BAGIKAN:
Eza
Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Pekanbaru beserta Badan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal (BPTPM), Rabu (25/01/17) pagi, mengunjungi Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur

PEKANBARU(POROSRIAU.COM)-- Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Pekanbaru beserta Badan Pelayanan Terpadu dan Penanaman Modal (BPTPM), Rabu (25/01/17) pagi, mengunjungi Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur, untuk belajar membahas Ranperda Penyelengaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Dari hasil kunjungan itu, ternyata Kota Surabaya telah lebih dulu menerapkan pelayanan satu pintu dengan sistem online. Hal ini justru berbanding terbalik dengan Kota Pekanbaru yang mana BPTPM Kota Pekanbaru masih menerapkan cara-cara manual.

"Mereka (BPT Surabaya,red) sudah sejak 3 tahun lalu dan sudah eksis (satu pintu online,red). Kita melihat pemaparan tadi, masyarakat Kota Surabaya sudah terlayani dengan baik atas kebijakan ini," kata Ketua Pansus Penyelengaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu DPRD Kota Pekanbaru, Roem Diani Dewi SE MM, usai menggelar pertemuan di BPT Surabaya

Dia menjelaskan, Kota Surabaya menerapkan sistem online terpadu satu pintu dalam pelayanan perizinan Surabaya Single Windows (SSW) mempermudah masyarakat dan tidak berbelit-belit dalam mengurus segala sistem administrasi. Cara penerapan ini tentu saja berbeda dengan Kota Pekanbaru.

"Kota Surabaya dalam melayani perizinan sangat profesional dan tidak memberatkan investor maupun masyarakat yang memiliki jenis usaha. Dengan sistem online ini, tidak saja mempermudah, bahkan beberapa perizinan di Surabaya pengurusannya gratis," ungkapnya.

Dia berpandangan, penetapan ini jelas sangat bagus dan baik serta menguntungkan bagi masyarakat. Apalagi, politisi ini melihat potensi yang ada di Kota Pekanbaru sangat besar, bila diterapkan nanti sistem online terhadap pelayanan terpadu satu pintu, akan bisa eksis dan menguntungkan juga seperti yang telah dilakukan Kota Surabaya.

"Dengan sistem ini nantinya kita bisa mengelola PAD dengan lebih baik lagi. Tinggal kita infrastruktur harus dibenahi, SDM, sistem yang handal, legalitas, dan dengan itu kita nantinya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat," pintanya.

Rombongan Pansus disambut oleh Kepala Badan Koordinasi Pelayanan dan Penanaman Modal Kota Surabaya, Eko Agus Supriadi Sapoetra MM. Usai menyambut rombongan pansus dan BPTPM Pekanbaru, Eko mengatakan bahwa sudah selayaknya program ini diterapkan di seluruh wilayah yang ada di Indonesia, sehingga tidak berbelit belit dan lebih mudah. 

"Sistem ini (SSW) kita mengubah sistem yang dulu, Perbedaan mendasar dengan sistem sebelumnya terletak pada mekanisme pemrosesan izin SSW yang pararel. Sekarang, izin yang diajukan pemohon dapat diproses secara simultan, tidak saling tunggu antara izin satu dengan izin lainnya," terangnya.

Rombongan Pansus terdiri dari Roem Diani Dewi selaku Ketua Pansus, Sondia Warman dan Jhon Romi Sinaga sebagai Pimpinan Pendamping Pansus.

Kemudian Anggota Pansus terdiri dari Fikri Wahyudi Hamdani, Puji Daryanto, Yusrizal, Zaidir Albaiza SH MH, Hj Yurni, Roni Amriel, Desi Susanti, Masni Ernawati, Tengku Azwendi, Heri Pribasuki, Dapot Sinaga, H Fathullah,Yose Saputra, dan Mulyadi AMd. Hadir pula pihak BPTPM Kota Pekanbaru dalam kunjungan itu. (Eza)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Paripurna Perdana di 2017, Pemko Sampaikan Enam Ranperda

    9 bulan lalu

    PEKANBARU(POROSRIAU.COM)-- Sidang paripurna pertama ditahun 2017, Pemerintah Kota Pekanbaru bersama DPRD Kota Pekanbaru menggelar rapat paripurna penyampaian 6 Ranperda.

  • Delapan Fraksi Sorot Persoalan Ranperda PKL

    9 bulan lalu

    PEKANBARU(POROSRIAU.COM)-- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru, Rabu (18/1) menggelar sidang paripurna ke-2 masa sidang pertama tahun 2017 tentang penyampaian pandangan umum setiap fraksi DPRD Kota Pekanbaru terhadap 6 Ranperda yang telah

  • Operasional Gojek Ilegal di Pekanbaru, Komisi IV Bakal Panggil Dishub dan Pihak Gojek

    5 bulan lalu

    Keberadaan ratusan ojek online atau dikenal dengan Go-jek yang berkeliaran di Kota Pekanbaru saat ini ternyata tidak mengantongi izin operasional, artinya keberadaan Gojek Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru ilegal, namun tetap nekat beroperasi meski hanya

  • Bahas Perubahan SKPD Jadi OPD, Pansus SOTK Rapat Dengan Tim Ahli & Pemko

    tahun lalu

    Pekanbaru(POROSRIAU.com) - Guna merampungkan pembahasan perubahan Struktur Organisasi Tata Laksana (SOTK) di Pemko Pekanbaru. Pansus SOTK melakukan rapat bersama instansi terkait bersama tim ahli.

  • M Jamil: Dapatkan Layanan Yang Baik Adalah Hak Masyarakat

    8 bulan lalu

    PEKANBARU (POROSRIAU.COM) - Mendapatkan pelayanan yang baik, cepat dan transparan, sehingga masyarakat yakin pelayanan yang diberikan oleh instansi pemerintahan adalah hak yang harus diperoleh oleh masyarakat.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.