Senin, 20 November 2017
Kamis, 02 November 2017 12:05:00

Jam Kerja, Kantor Lurah Kampung Melayu Tutup

Oleh: Firman
Kamis, 02 November 2017 12:05:00
BAGIKAN:
Kantor Lurah Kampung Melayu, Kecamatan Sukajadi, Kamis (2/11/2017), sekitar pukul 9.00 WIB, dalam kondisi tertutup rapat.
PEKANBARU (POROSRIAU.COM) - Tidak seperti hari biasanya, Kamis (2/11/2017), Kantor Kelurahan Kampung Melayu, Kecamatan Sukajadi, sekitar pukul 9.00 WIB pagi, terlihat tutup. Padahal pada jam tersebut merupakan jam kerja pagi Aparatur Sipil Negara (ASN).
 
Kondisi ini dikhawatirkan menggangu pelayanan yang diberikan pada masyarakat. Pasalnya masyarakat yang datang pagi untuk mengurus surat menyurat kependudukan, mendapati kantor dalam keadaan tertutup rapat.
 
Kepala Bagian (Kabag) Tata Pemerintahan (Tapem) Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru, Hazli ketika di wawancara terkait tutupnya kantor kelurahan, menjelaskan.
 
Tutupnya masing-masing Kantor Kelurahan semata-mata kebijakan yang dikeluarkan oleh Camat, yang mana pada Kamis, seluruh pegawai kelurahan melaksanakan senam di kantor kecamatan.
 
"Di Kantor Kecamatan Sukajadi itu, kebijakan pak camatnya setiap hari Kamis itu seluruh pegawai kecamatan dan kelurahan itu senam di Kantor Camat. Jadi, ya senam biasalah, kalau habis senam mungkin tidak bisa langsung balik (kantor,red), biasalah mungkin ada yang mau cerita-cerita dulu, ngobrol-ngobrol dulu sambil minum gitukan," ungkap Hazli menjawab pertanyaan POROSRIAU.COM ketika ditemui di Kantor Walikota Pekanbaru, Kamis (2/11/2017).
 
Ketika disinggung apakah kebijakan yang dijalankan oleh kelurahan tidak menggangu pelayanan yang diberikan pada masyarakat, dan seharusnya pihak kelurahan menempatkan beberapa pegawainya dikelurahan, dijawab Kabag Tapem.
 
"Semuanya senam. Ya bisa aja (tempatkan beberapa orang pegawai di kelurahan,red), kayak gitu bisa saja. Tapi itu rasa  saya tidak jadi masalah la, tidak terlalu siknifikan itu, masyarakat juga ngerti kok hari senam kan. Termasuk hari Senin, hari Senin itukan kita upacara dulu, semua pegawai Kantor Kelurahan, upacara di kecamatan," jawabnya.
 
Saat kembali ditegaskan nasib masyarakat yang sudah terlanjur datang ke Kantor Kelurahan dan mendapati Kantor Kelurahan Tutup, ditanggapi Kabag Tapem, Hazli.
 
"Tunggu saja sampai selesai (masyarakat,red), atau ke Kantor Camat aja dia, cari pegawai kelurahannya, kan dekat-dekatan itu (Kantor Camat dan Lurah,red). Atau setidaknya begini... ya rasa saya kalau cuman menunggu satu jam itu nggak... masyarakat pun tau, mereka bukannya kemana-mana, kecuali hari lain kan. Jadi kalau hari Senin dan hari Kamis mungkin toleransi ya. Mereka sudah ke kantor ya (pegawai,red), mereka bukan tidak ke kantor, tapi ada kebijakan pimpinannya bahwasanya mereka senam, hari Senin mereka upacara.. nah gitu," ujar Hazli.
 
Sementara itu, Lurah Kampung Melayu, Andrico ketika dikonfirmasi terkait tutupnya Kantor Lurah mengatakan, sejauh kebijakan yang dijalankan, tidak ada keluhan dari masyarakat. Namun demikian dikatakannya, kedepannya ia akan menempatkan dua pegawai honor untuk melayani masyarakat.
 
"Seperti biasa, rutin kita hari Kamis senam pagi di kecamatan. Kalau biasa-biasanya tidak pernah terganggu (pelayanan,red), karena pagi kali kalau untuk di kota ini pelayanan tak banyak. Pagi kali jarang lah kalau untuk di Kampung Melayu ada orang. Tapi alhamdulillah tidak ada yang komplain sampai hari ini. Jadi sekarang untuk seterusnya, inikan sebagai teguran juga untuk saya. Jadi saya akan menempatkan anak honor keduanya standby di kantor, tidak usah ikut senam lagi," ujar Andrico melalui telefon genggamnya.(fir)
Editor: Firman Tanjung

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Bupati Syamsuar Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Siak Tahun 2018

    8 bulan lalu

    Bupati Siak Syamsuar buka Musyawarah Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perintah Daerah (RKPD) kabupaten Siak tahun 2018. Dalam Musrenbang Rkpd tersebut, terlihat hadir Wakil Bupati Siak Alfedri, Ketua DPRD Kabupaten Siak indra gunawan, Sekretaris Dae

  • Bung JT : Dewan Akan Tegas Mengawasi Proyek Kota Dumai

    tahun lalu

    Dumai(POROSRIAU.com) – Terkait banyaknya kasus pekerjaan proyek dikota Dumai yang tidak sesuai bestek, bung JT atau Johannes Tetelepta angkat bicara untuk mengingatkan para kontraktor untuk b

  • Kinerja Penghulu Merangkai Siak Dipertanyakan ??

    tahun lalu

    DAYUN,SIAK (POROSRIAU.com) - Disiplinitas dan Profesionalisme seorang pejabat publik merupakan modal utama dalam hal peningkatan mutu pelayanan dan pengabdian terhadap masyarakat. Namun alangkah ironisnya jika saat jam kantor masih berjalan tetapi pejabat

  • Terkait SOTK Baru, Bang JT : Segera Tuntaskan Agar Tidak Terlambat Pembahasan APBD 2017

    tahun lalu

    Dumai (POROSRIAU.com) - Terkait rancangan peraturan daerah (raperda) tentang pembentukan organisasi perangkat daerah (OPD) kota dumai, masih dalam rencana pembahasan badan legislasi,dimana telah melalui mekanisme penyampaian pada paripurna, pemandangan um

  • Hebat! Pemkab Siak Bangun Gedung LAM Senilai Rp800 Juta di Kecamatan Mempura

    12 bulan lalu

    Memasuki penghujung tahun 2016, Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) merealisasikan pembangunan Gedung/Kantor Lembaga Adat Melayu (LAM) di Kecamatan Mempura

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.