Kamis, 19 Oktober 2017
  • Home
  • Rohil
  • Kapolsek : Jangan Sampai Masyarakat Terkena Dampak Asap Karlahut.
Kamis, 18 Agustus 2016 21:18:00

Kapolsek : Jangan Sampai Masyarakat Terkena Dampak Asap Karlahut.

Oleh: Tris
Kamis, 18 Agustus 2016 21:18:00
BAGIKAN:
Kapolsek Bangko AKP Agung Triadi tengah berjuang memadamkan api bersama personel kepolisian lainnya.

Bagansiapiapi(POROSRIAU.com) - Kapolsek Bangko, AKP Agung Triadi menekankan kepada seluruh personilnya agar terus berjibaku dilapangan untuk memadamkan api, meskipun banyak laporan dari masyarakat, anggotanya harus tetap fokus supaya dampak asap karlahut tidak sampai mengenai masyarakat awam.

AKP Agung Triadi, mengatakan tugas memadamkan api sebagai sebuah tanggung jawab yang harus dilakukan setiap harinya. "Tiap hari kita turun dan sampai senja kita berjuang agar bisa memadamkan titik api yang ada di Bangko, tepatnya terjadi di Labuhan Tangga Hilir,'' kata Kapolsek, Kamis (18/8) di Bagansiapiapi.

Dengan menggunakan sepeda motor Agung dan puluhan personilnya menyusuri jalan tanah menuju kelokasi yang memang sering menjadi langganan kebakaran lahan setiap tahunnya, Meksipun dengan peralatan seadanya tak menyurutkan semangat pihak kepolisian untuk memadamkan api, "Cuaca sangat panas, ditambah dengan api yang sesekali terlihat menyala dan baju sampai basah semua,'' katanya.

Agung sangat mengutamakan keselamatan kerja pada personilnya, ia mewajibkan personilnya untuk memnggunakan sepatu boat untuk melindungi kaki dari kobaran bara api  dan masker agar tidak terhirup udaryang sudah bercampur dengan asap, selain itu mereka juga dilengkapi dengan bekal berupa air minum dan makanan.

Akpol lulusan 2005 ini bukan hanya sekedar seremonial saja apabila berada dilapangan, ia benar- benar bekerja bersama personilnya untuk memadamkan api, banyaknya titik api membuat tim harus bekerja lebih cepat agar tidak menjalar kelahan lainnya, bahkan menurutnya saat satu titik api sudah padam akan muncul titik api yang lainnya, " Kadang saat satu titik api sudah berhasil kita padamkan, masi saja muncul titik api yang lainnya, dan itu harus segera kita padamkan juga," jelasnya.

Ia mengaku prihatin terhadap musibah kabut Asap 2015 silam dan berharap hal itu tak terjadi kembali pada tahun 2016 ini. "Kadang karena ulah satu orang bisa ratusan ribu orang terkena dampaknya, jadi kita berupaya semaksimal mungkin sehingga masyarakat tidak merasakan dampak kabut asap,'' jelasnya.

Tidak hanya sampai disitu, ketika waktunya beristirahat malam, pihaknya tetap melakukan komunikasi dengan warga setempat dan apabila terdapat laporan adanya titik api, malam itu juga kita langsung mengerahkan anggota untuk melakukan cek lokasi, "Kalau memadamkan malam penerangan tak mendukung jadi malamnya kita pantau kelokasi dan paginya langsung kerahkan anggota,'' jelasnya.

Meskipun sibuk memadamkan api, namun Anggotanya tetap menjalankan tugas ditengah malam untuk memburu Target Operasi (TO) dan menaggapi laporan-laporan yang masuk, termasuk memburu para pelaku kejahatan di wilayah hukum Polsek Bangko, Kekompakan tim menjadi modal utama sehingga 2 (dua) tugas ini bisa diimbangi dengan baik.

Bahkan setiap hari kita selalu membuat laporan berkala kepada Kapolres Rohil terkait titik api serta upaya-upaya yang telah dilakukan, "Pak Kapolres juga kesana kemari turun memadamkan api dan semua pasukan dikerahkan diseluruh wilayah Rohil.'' pungkasnya.

Editor: Red

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Plt Bupati Rohul Pimpin Apel Siaga Karlahut

    9 bulan lalu

    ROHUL(POROSRIAU.COM)--Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman pimpin Apel Siaga Pencegahan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut) serta Pencegahan Wabah Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian, kecamatan

  • Pemadaman Terus Terjadi, PLN Dianggap Tak Mampu

    3 bulan lalu

    Ungkapan kekesalan yang mendalam dan hanya bisa berkata, Ketua Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Roni Amril SH minta PLN Ara Kiri (Bunuh diri) saja. Pasalnya persoalan listrik seperti pemadaman masih saja dilakukan PLN sampai hari ini yang diketahui sudah te

  • Said : Meranti Siap Jalankan Instruksi Wapres

    tahun lalu

    Kedatangan Wapres Jusuf Kalla ke Riau ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita semua. Tentunya instruksi dan ajakan beliau untuk memajukan daerah dan senantiasa tetap menjaga lingkungan dan melestarikannya

  • Rapat Menjaga Kamtibmas Serta Mengantisipasi Konflik SARA

    tahun lalu

    Utamakan pencegahan Konflik dalam penyelesaian masalah yang terjadi dalam masyarakat dengan mempersatukan visi dan misi seluruh elemen yang ada di Kabupaten Kampar, Keragaman suku, budaya, agama dan masyarakat merupakan potensi timbulnya konflik, semua in

  • Bupati Minta Pungutan PSDH Komoditi Sagu Ditinjau Ulang

    tahun lalu

    Meranti(POROSRIAU.com) - Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H Irwan MSi menghadiri acara Diskusi Terfokus Restorasi Gambut, dalam diskusi yang dihadiri oleh Dr Haris Gunawan Deputy IV Bidang Penelitian dan Pengembangan Badan Restorasi Gambut (BRG) RI dan

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.