Senin, 23 Oktober 2017
  • Home
  • Rohil
  • Tahun Ini Rezeki Lebih Banyak dari Laut
Senin, 12 Juni 2017 14:13:00

Ritual Bakar Tongkang

Tahun Ini Rezeki Lebih Banyak dari Laut

Oleh: Redaksi
Senin, 12 Juni 2017 14:13:00
BAGIKAN:
int
Ritual Bakar Tongkang

ROHIL(POROSRIAU.COM)-Masyarakat Tionghua Bagansiapiapi mempercayai bahwa sumber rezeki lebih banyak dilaut daripada didarat tahun ini. Peruntungan itu dilihat dari pelaksanaan ritual Bakar Tongkang, yakni tiang kapal jatuh mengarah ke laut.

Iven wisata tahunan Bakar Tongkang yang dibuka langsung Bupati Rohil H Suyatno, Minggu (11/6/2017), di Bagansiapiapi. Pada kesempatan itu turut hadir Forkopimda Propinsi Riau dan tamu undangan lainya.

Sebelum prosesi ritual bakar tongkang dimulai, para tamu undangan dipersilahkan naik ke atas replika kapal untuk mendapat doa agar kedepanya lebuh sukses dan berhasil dalam melaksanakan tugas.

Setelah turun dari kapal, akhirnya kapal dibakar dan ribuan tamu yang sudah memadati areal pun melemparkan dupa sembari berdoa." Mereka belum meningalkan areal sebelum tahu arah tiang kapal jatuh kemana," ungkap tokoh Masyarakat Tionghua Bagansiapiapi, Siswaja Muljadi, Minggu (11/6/2017).

Menurutnya, prosesi pelaksanaan ritual tadi, terlihat dua tiang kapal replika yang sudah terbakar jatuh mengarah ke laut. Artinya, dipercaya bahwa rezeki lebih banyak dilaut.

"Meski tiang jatuh kelaut bukan berarti didarat tidak ada rezeki, tetap ada hanya kepercayaan masyarakat mungkin lebih banyak di laut," ungkap pria yg akrab disapa Aseng ini.

Anggota DPRD Riau ini menambahkan, bahwa pelaksanaan tradisi ritual bakar tongkang merupakan iven wisata nasional yang harus dilestarikan. Ritual ini sudah dilaksanakan secara turun temurun dari generasi ke generasi sebagai suatu penghormatan terhadap leluhur.

"Intinya iven Bakar Tongkang harus dilestarikan dan dijaga, karena ini merupakan aset daerah yang tidak ternilai harganya. Dimana setiap tahunya ribuan wisatwan datang dari berbagai penjuru dunia," jelasnya.(*/MC Riau/way)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Kepala Desa Pertama Dilantik Setelah UU No. 23, 2014

    tahun lalu

    Meranti(POROSRIAU.com) - Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan, M.Si melakukan pelantikan Penjabat (Pj) Kepala Desa persiapan Bina Sempian, Kecamatan Rangsang Pesisir, Pranoto, bertempat dihalaman Kantor Desa persiapan Bina Sempian, Rabu (10/8

  • Inilah Tempat-tempat Wisata di Solok Selatan yang Wajib Anda Kunjungi

    10 bulan lalu

    SOLOK SELATAN(POROSRIAU.COM) - Kabupaten Solok Selatan adalah kabupaten yang terletak di bagian timur Provinsi Sumatera Barat. Kabupaten ini resmi dimekarkan dari Kabupaten Solok pada tahun 2004 mencakup wilayah seluas 3.346,20 km.

  • Pesona Belitung Yang Wajib Anda Kunjungi

    10 bulan lalu

    POROSRIAU.COM-- Namanya populer setelah film berjudul Laskar Pelangi dirilis ke publik. Belitung yang dahulu tersembunyi—kini menebarkan pesonanya serupa permata yang terpendam. Kini, ada ban

  • Ini 8 Cara Turunkan Berat Badan Melalui Makanan Glikemik

    10 bulan lalu

    POROSRIAU.COM--Seiring bertambahnya usia maka metabolisme tubuh akan melambat. Pernahkah Anda menghitung berapa kalori yang masuk ke dalam tubuh. Sebuah penelitian menemukan korelasi perubahan pola makan akan menurunkan berat badan. Penelitian yang diumu

  • Menpar: Tetapkan Bono sebagai Destinasi Kelas Dunia

    9 bulan lalu

    JAKARTA(POROSRIAU.COM)--Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya optimistis Provinsi Riau belum terlambat membangun sektor pariwisata. Selain kaya akan tradisi dan budaya, terutama Melayu, kondisi alam Riau sebenarnya juga tidak kalah menarik.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.