Kamis, 19 Oktober 2017
  • Home
  • Rohul
  • PKS PT MAI Diduga Buang Limbah Kesungai Batang Kumu
Minggu, 30 Oktober 2016 14:53:00

Diduga PKS PT MAI Buang Limbah Kesungai Batang Kumu.

PKS PT MAI Diduga Buang Limbah Kesungai Batang Kumu

Oleh: Toni
Minggu, 30 Oktober 2016 14:53:00
BAGIKAN:
Toni
Sungai Batang Kumu

 

ROHUL(POROSRIAU.COM)- Diduga kuat pihak Pabrik Kelapa Sawit (PKS) milik PT Mazuma Agro Indonesia (MAI) di Padang Lawas (Palas) Sumatera Utara, buang limbah berbahayanya ke aliran sungai Batang Kumu, yang berada di Desa Sei Madang Komango, Kecamatan Tambusai sepekan ini. Selain ikan dan hewan di sungai mati, kini warna air sungai berubah kehitaman.

Sikapi temuan limbah PKS PT MAI yang dibuang ke sungai Batang Kumu, mantan anggota DPRD Rohul, H Ardiman Daulay, Ahad (30/10/2016) secara tegas, meminta Badan Lingkungan Hidup (BLH) Rohul segera turun mengambil sampel dan minta keterangan masyarakat.

Ardiman yang juga Ketua Dewan Pengurus Daerah Asosiasi Perkebunan Kelapa Sawit Indonesia (DPD-APKASINDO) Kab,Rohul, secara langsung menemukan adanya pembuangan limbah berbahaya yang diduga milik PKS  PT MAI. Karena posisi perusahaan, sekitar 3 km dari lokasi ditemukannya limbah, yang diduga membahayakan.

“Kita sudah ambil sampel air, termasuk ikan yang mati. Berharap, BLH bisa menindak bila benar-benar PKS tersebut buang limbah berbahaya ke sungai. Karena secara langsung kita melihat, banyak ikan mati, kemudian air sungai juga berubah hitam pekat, dan itu sudah seminggu terjadi,” ungkapnya.

Juga diakui warga yang sudah melihat sejak sepekan terjadinya perubahan air sungai, Manalu (27), semula banyak ikan mati dan air sungai yang kerap dimanfaatkan warga mencuci dan mandi kini warnanya berubah hitam pekat. Namun begitu, karena kemarau dan sulit air, air sungai yang diduga sudah tercemar limbah PKS PT MAI dimanfaatkan juga.

“Karena tidak ada air, banyak warga yang memanfaatkan sungai untuk kegiatan mandi dan mencuci. Memang usai mandi badan gatal-gatal. Di hulu sungai sekitar 3 km hanya ada PKS PT MAI yang ada di Palas, Sumatera Utara. Diduga, limbah sengaja di buang melalui anak sungai yang muaranya ke Sungai Batang Kumuh ini,” sebut Manalu.

Penemuan sungai Batang Kumu sudah tercemar limbah, saat H Ardiman Daulay selaku Ketua DPD-APKASINDO Rohul, gelar pelatihan kepada 50 petani kelapa sawit di Rohul, untuk belajar langsung di lapangan ke Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) unit Marihat, Dalu-dalu Kabupaten Rohul.

“Di kawasan sungai dekat PPKS Unit Marihat Dalu-dalu, kita menemukan sungai sudah tercemar limbah. Apalagi banyak ikan mati, dan sample sudah diambil, diharapkan BLH bisa turun langsung dan melihatnya serta ambil sampel,” harap Ardiman.

Kemudian tokoh pemuda Rohul Mukmin yang kebetulan juga ikut dalam rombongan pelatihan petani kelapa sawit di PPKS unit Marihat dalu-dalu mengaku, dirinya sudah ambil sample air yang tercemar limbah termasuk ikan yang mati. Dirinya mendesak, BLH Rohul bisa turun dan mengecek terkait temuan limbah tersebut.

“Banyak yang melihat secara kasat mata, ikan mati dan kualitas air yang berubah. BLH harus lakukan tindakan tegas kepada PKS PT MAI, karena usahanya di Palas, Sumut, namun limbahnya di buang ke sungai di Rohul,” katanya,sambil sample air sungai. (toni)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Polres Rohul Berhasil Mengamankan 1 Unit Pick Up L300 Pengangkut 80 Derigen BBM Bersubsidi

    9 bulan lalu

    ROHUL (POROSRIAU.COM)--Personil Polres Rokan Hulu (Rohul), mengamankan 1 unit mobil pick up Mitsubishi L300 hitam dengan Nopol BM 9513 MF, yang mengangkut 80 jerigen diduga BBM jenis bensin/ premium dan solar tanpa izin.

  • Tak Kantongi Izin, 3 Tambang Galian C Di Tambusai Utara Ditutup Tim Gabungan

    3 bulan lalu

    Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melalui Tim Gabungan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Polres dan Satpol PP, Babinsa setempat tertibkan tambang galian C di Desa Bangun Jaya, Kecamatan Tambusai Utara, Se

  • PKS PT Langgak Inti Lestari Diduga Buang Limbah Ke Sungai

    4 minggu lalu

    Sementara, Kepala Desa Koto Tandun, Onto Wiryo, mengatakan, awal dugaan PKS PT LIL telah mencemari anak sungai setelah dirinya mendapat informasi dari masyarakat bahwa ikan-ikan telah mengapung dan air berwarna keruh dialiran sungai. Dia menjelaskan, Pabr

  • Hendak Konsumsi Shabu, 2 Oknum PNS Siak Digerebeg Polisi

    tahun lalu

    SIAK (POROSRIAU.com) – Dua oknum PNS di lingkungan Kabupaten Siak digrebek jajaran Polsek Siak, yakni RA pegawai yang bertugas di Balai Lingkungan Hidup Kabupaten Siak dan AN Pegawai yang ber

  • Bea Cukai Grebek Pabrik Pita Cukai Palsu

    12 bulan lalu

    Berkat info masyarakat dan hasil analisis intelijen, petugas Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Timur I berhasil melakukan penindakan terhadap kegiatan pembuatan pita cukai palsu di sebuah percetakan di Jalan Embong Malang Kebangsren Gang 1, Surabaya, pada Kam

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.