Minggu, 19 November 2017
  • Home
  • Rohul
  • Mantan Kadisos Riau dan Dua Konsultan Ditahan
Jumat, 16 Desember 2016 18:14:00

Mantan Kadisos Riau dan Dua Konsultan Ditahan

Oleh: Toni
Jumat, 16 Desember 2016 18:14:00
Terkait Korupsi Proyek KAT Kec Bonai Darusalam
BAGIKAN:
Toni
kasi Pidsus Kejari Rohul, Nico Fernando.

ROHUL (POROSRIAU.COM)-- Berkas dugaan korupsi proyek rumah sederhana untuk Komunitas Adat Terpencil (KAT) di Kabupaten Rokan Hulu tahun anggaran 2012 lalu, melibatkan mantan Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Riau Said Saqlul Amri, serta dua Konsultan Pengawas Junaidi dan Kusairi, sudah tahap dua atau P21.

Perkara menjerat Said Saqlul dan dua Konsultan Pengawas sudah dilimpahkan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Rohul ke Pengadilan Tipikor Pengadilan Negeri Pekanbaru. Dan ketiganya sudah ditahan di Rutan Sialang Bungkuk, Pekanbaru.

Kepala Kejaksaan Negeri Rohul Syafiruddin SH,MH, melalui Kasi Pidsus Kejari Rohul Nico Fernando SH, mengatakan dugaan korupsi proyek rumah sederhana KAT di Dusun Sungai Jurong Desa Bonai Kecamatan Bonai Darussalam, Rohul, merupakan limpahan dari Penyidik Polres Rohul.

Perkara Tipikor ini masih terkait perkara melibatkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sanusi serta Kontraktor Sri pada 2015 lalu yang sudah divonis, dan masing-masing dihukum 1 tahun penjara.

"Jadi perkara ini asal mulanya limpahan dari Polres Rohul dan sudah P21," ujar Nico Fernando, didampingi Kasi Intel Kejari Rohul Agus Kurniawan, Kamis (15/12/2016).

Nico mengungkapkan, berkas tahap dua Said Saqlul diterima oleh Kejari Rohul pada Selasa (13/12/2016) lalu di Kejaksaan Tinggi Riau. Said datang ke Kejati didampingi Penyidik Polres Rohul. Di hari yang sama, berkasnya langsung dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor PN Pekanbaru.

"Tersangka langsung ditahan di Rutan Sialang Bungkuk," kata Nico.

Nico mengakui awalnya berkas tahap dua Said Saqlul dan dua Konsultan Pengawas yakni Junaidi dan Kusairi, seharusnya dilakukan pada 28 November 2016.

Namun, saat itu Said Saqlul tidak memenuhi panggilan, sehingga hanya berkas tahap dua tersangka Junaidi dan Kusairi yang dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor, dan keduanya langsung ditahan di Rutan Sialang Bungkuk.

Sedangkan berkas Said Saqlul baru dilimpahkan ke Pengadilan Tipikor pada Selasa (13/12/16) lalu, dan mantan Kadinsos Riau ini langsung ditahan di Rutan Sialang Bungkuk.

Nico mengungkapkan proyek pembangunan rumah sederhana untuk KAT di Dusun Sungai Jurong Desa Bonai Kecamatan Bonai Darussalam, Rohul tahun 2012 ini terindikasi korupsi karena realisasinya cukup rendah.

Pada proyek ini, ada sekitar 54 unit rumah sederhana untuk KAT di Bonai Darussalam yang harus dibangun. Namun, kondisinya atau realisasi proyek antara 70-80 persen.

"Dari temuan BPKP, ada kerugian negara sekitar Rp 450 juta, dan memperkirakan pekan depan perkara dugaan korupsi ini sudah disidangkan di Pengadilan Tipikor Pekanbaru." pungkas Niko (toni)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Bupati Bengkalis Ikuti Rakornas Karhutla di Istana Presiden Jakarta

    10 bulan lalu

    BENGKALIS(POROSRIAU.COM) - Bupati Bengkalis Amril Mukminin bersama kepala daerah yang selama ini rentan terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Senin (23/1/2017) mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Karhutla di Istana Presiden, Jakarta.

  • Kejati Riau Tahan Mantan Kepala BPN Kampar

    9 bulan lalu

    Bagian Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Riau menahan mantan Kepala Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Kampar, Zaiful Yusri atas dugaan korupsi penerbitan sertifikat Surat Hak Milik Lahan di kawasan hutan Taman Nasional Tesso Nilo.

  • Gelapkan Dana Desa, Mantan Kepala Desa Kepayang Ditahan

    2 bulan lalu

    Pihak Polres Rokan Hulu (Rohul), tetapkan mantan Kepala Desa (Kades) Kepayang, Anten, sebagai tersangka dugaan kasus korupsi dana Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (Silpa‎) di APBDes Kepayang tahun anggaran 2015.

  • KPK Diminta Usut Dugaan Korupsi Muhamad

    tahun lalu

    DPD LIRA BENGKALIS meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menetapkan Wakil Bupati Bengkalis, Riau yakni Muhammad sebagai tersangka dalam kasus korupsi alih fungsi lahan di Provinsi Riau

  • Layak kah Wabup Bengkalis Muhammad Dipenjara KPK?

    tahun lalu

    POROSRIAU.com- Riau dikenal dengan sebutan “Petro Dollar” karena kaya dengan minyak bumi dan perkebunan kelapa sawit.“Atas minyak, bawah minyak” kerap terdengar istilah ters

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.