Senin, 19 Februari 2018
  • Home
  • Rohul
  • Wartawan Kecewa Dilarang Ambil Foto dari Jarak Dekat Saat Pelantikan Kades
Selasa, 14 Februari 2017 11:40:00

Wartawan Kecewa Dilarang Ambil Foto dari Jarak Dekat Saat Pelantikan Kades

Oleh: Toni
Selasa, 14 Februari 2017 11:40:00
Sukiman : Saya Tidak Ada Perintahkan Staf Saya Larang Wartawan Ambil Foto Jarak Dekat
BAGIKAN:
Toni
Plt Bupati Rohul, H. Sukiman

ROHUL (POROSRIAU.COM)- Bupati Rohul H Sukiman melantik sebanyak 62 Kades (Kepala Desa) di Aula convention Hall Mesjid Agung Islamic Centere  kota Pasir Pengaraian kecamatan Rambah Kabupaten Rokan Hulu Provinsi Riau Senin Pagi (13/02/17).

Meskipun acara akbar dan tergolong meriah yang dihadiri ‎Oleh Unsur Musyawarah Pimpinan Kabupaten ( Muspika) seperti Sekda IR Damri Harun, ketua DPRD Rokan Hulu Kelmi Amri SH, Kaporles Rohul AKBP yusuf Rahmanto Sik MH, Kajari Rohul Syafiruddin SH MH, Ketua Pengadilan Negri Rohul Syahrudi SH MH Dandim 0103/ KPR Let Kol Kav Yudi Prasetio  dan Sejumlah camat serta kepala dinas badan dan kantor.

Anehnya Meskipun acara tersebut terbuka untuk umum ‎,Namun Awak media Dilarang mengambil Foto jarak dekat Untuk mengabadikan Momen penting itu.
 

Puluhan Wartawan baik dari media cetak, Elektronik maupun online sangat kecewa berat kata Man ( 45) Salah Satu Kabiro Media online Yang bertugas diwilayah Rohul. Menurutnya Pelarangan  tersebut disampaikan secara lisan melalui mikrophone sound Systym Oleh Bagian  Protokoler Humas Pemkab Rohul  di aula tempat dimana acara pelantikan tersebut berlangsung " kata Man dengan Nada kecewa

Lanjutnya Protokoler Menghimbau " Nanti Saat berfoto bersama yang boleh mengambil Gambar hanya dua orang yaitu Foto grafer dari Bagian Humas Pemkab Rohul, " Mendengar perkataan tersebut puluhan awak media yang sudah sejak pagi hari datang  saling pandang satu sama lain  sebagian  menggerutu " Apa maksudnya ini ?"

Hal Ini Memang dirasa aneh tidak pernah Terjadi sebelumnya, Wartawan yang akan mengambil gambar di batasi jaraknya. Sementara tempat yang ditentukan oleh petugas tersebut  jarak ambil gambar kurang Efektif  meskipun sudah menggunakan Zoom, Gambarnya terlihat kecil dan samar samar sehingga sulit untuk dipublikasikan.

Entah sebab apa, namun awak media  yang tetap nekat mencoba mengambil gambar dari jarak yang semestinya,  satu persatu wartawan di usir oleh anggota petugas yang berjaga.

''Tolong dari jauh saja,'' ujar salah seorang petugas kepada awak media yang mencoba mengambil foto saat pelantikan‎


Aksi tersebut, membuat Puluhan  awak media merasa kesal, pasalnya, belum pernah dalam acara yang sifatnya terbuka untuk umum awak media dilarang mengambil gambar.bahkan semenjak Rohul berdiri baru kali inilah wartawan dilarang mengambil foto jarak dekat. Sementara, tahun sebelumnya ‎justru setiap ada acara akbar ataupun seremonial kehadiran wartawan sangat di harapkan. Bahkan pada masa itu awak media lebih di utamakan ketimbang humas " ujar Man Dengan Nada kesal"

'Sementara sekretaris Dewan Pimpinan Cabang Aliansi Wartawan Indonesia Kabupaten Rokan Hulu .Mintareja Sag Mengatakan 'Saya merasa pihak pengamanan tidak memahami Undang Undang Pokok  Pers Nomor 40 tahun 1999, dan mereka harus pelajari dahulu itu, sebelum turun ke lapangan,'' ujar Mintareja.

Dikatakannya , seharusnya petugas pengamanan mengetahui Pasal 4 ayat 3 yang berbunyi untuk menjamin kemerdekaan pers, pers Nasional mempunyai hak mencari, memperoleh, dan menyebarluaskan gagasan dan informasi. Bukan malah melarang mengambil foto."

Plt Bupti Rohul‎ H Sukiman Saat dikonfirmasi terkait larangan terhadap wartawan yang ingin mengabadikan kamera fotonya yang dilarang oleh petugas dan oknum protokoler  mengatakan, bahwa dirinya tidak pernah menyuruh kepada siapapun.

Sebab menurutnya wartawan merupakan mitra kerja, bahkan dirinya sangat senang jika setiap ada acara ataupun kegiatan yang di publikasikan di media hingga Masyarakat luas bisa Tahu Perkembangan Daerah Rohul  yang dipimpin nya.

Dengan dialek melayu H Sukiman Mengatakan " indo lai do " ( tidak ada itu) saya tidak pernah menyuruh staf saya untuk melarang wartawan mengambil gambar " Biar nanti akan saya panggil siapa orang nya "tegas nya"

Masih ditempat yang sama, Ketua DPRD Rohul‎ Kelmi Amri SH mengatakan seharusnya  tidak ada pelarangan terhadap awak media yang akan mengambil foto untuk di publikasikan,sebab sebesar apapun kegiatan yang dilakukan pemda tanpa di publikasikan oleh media maka Masyarakat luas  tidak akan tahu.

Untuk itu perlu dilakukan koordinasi antara Protokoler Humas dengan Insan Pers. Agar tidak terjadi hal hal yang tidak di inginkan dibelakang hari.apalagi ini menyangkut dengan kegiatan Bupati, sehingga tidak terjadi kesalah pahaman " harap Kelmi"

Sementara tokoh muda Rohul Denny Anggara sangat menyayangkan kejadian tersebut. Denny mengingatkan hendaknya protokoler harus berlaku bijak dan profesional dan tidak diskriminatif terhadap wartawan dalam melaksanakan Fungsi kontrolnya " kenapa justru malah protokoler yang melarang wartawan mengambil foto, sementara kegiatan itu merupakan satu momen besar yang belum pernah dilakukan di Rohul semenjak Rohul menjadi kabupaten yakni Pelantikan Kades Serentak. jelasnya
Kepada wartawan senin sore (13/02/17)

Lebih lanjut Denny Menyarankan Agar hubungan sinergitas antara, Protokoler Humas Pemkab Rohul dengan Wartawan bisa terjalin lebih erat lagi sehingga apapun bentuk kegiatan yang dilakukan oleh Bupati Rokan Hulu bisa di ekpose dengan baik, Transparan dan Akuntabel serta di baca oleh masyarakat luas." (toni)

Editor: Chaviz

Iklan Lowongan
copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Sekitar 7000 Massa Dan Petinggi Partai Pendukung Akan Hadiri Deklarasi Zulher-Dasril

    tahun lalu

    Bangkinang(POROSRIAU.com) - Hari ini 7000 masa akan mengguncang Kota Bangkinang saat deklarasi dan mengantarkan Pendaftaran ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kampar pasangan Zulher - Dasril di lapangan merdeka Bangkinang pada Rabu tanggal 21/9/2016.

  • 62 Kades di Rohul Dilantik 13 Februari Mendatang

    12 bulan lalu

    ROHUL(POROSRIAU.COM)- Akhirnya Sebanyak 62 Kepala Desa terpilih yang memenangkan pesta demokrasi pada 1 Dessember 2016 lalu, nantinya akan dilantik oleh Plt Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman pada, Senin (13/2/2017) mendatang di Conventoin Hall Masjid Agung Is

  • Aksi Setya Novanto Pura-pura Telepon Viral di Medsos

    10 bulan lalu

    Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto menjadi perbincangan publik sejak terseret kasus korupsi megaproyek e-KTP. Kini, Setnov begitu dia disapa, dicekal bepergian keluar negeri selama 6 bulan. Tujuannya, KPK dan pengadilan akan meminta keteran

  • Ulah Suporter, Persib Dan Persija Kena Sanksi Lagi

    8 bulan lalu

    Hasil sidang kali ini mengeluarkan sembilan putusan. Rata-rata sanksi yang dikeluarkan berupa membayar denda akibat ulah suporter yang melanggar regulasi pertandingan.

  • Terkesan Tertutup, Pegawai PN Rohul Larang Wartawan Liput Kegiatan Bukber, Ada Apa?

    8 bulan lalu

    Dimana, ketika awak media dari berbagai media masa, baik cetak, online dan elektronik ingin meliput kegiatan itu, tidak diizinkan oleh pegawai di PN Pasir Pengaraian.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2018 Poros Riau. All Rights Reserved.