Rabu, 22 November 2017
  • Home
  • Siak
  • Alhamdulillah, Meski tak Dihadiri Bupati dan Wabup, Pembukaan MTQ XII Dayun Tetap Semarak dan Lancar
Sabtu, 08 April 2017 11:04:00

MTQ XII Dayun

Alhamdulillah, Meski tak Dihadiri Bupati dan Wabup, Pembukaan MTQ XII Dayun Tetap Semarak dan Lancar

Oleh: Atok
Sabtu, 08 April 2017 11:04:00
BAGIKAN:
Atok
Pemukulan bedug saat pembukaan MTQ XII Dayun

SIAK (POROSRIAU.COM) - Acara Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XII tingkat Kecamatan Dayun Kabupaten Siak, pada Jum'at (7/4/2017) malam, terlihat begitu hikmat dan semarak. Meskipun acara tersebut tanpa dihadiri oleh Bupati Siak H Syamsuar dan Wakil Bupati Siak H Alfedri.

Pantauan awak media di lapangan, antusias masyarakat Kecamatan Dayun terlihat cukup tinggi dalam memberikan partisipasinya pada acara/kegiatan yang bernuansa islami di Kampung Sialang Sakti itu. Sehingga sejumlah ruas jalan yang ada di sekitar lokasi MTQ nyaris sulit dilewati kendaraan, karena dipadati oleh puluhan masyarakat yang datang dari berbagai Desa/Kampung se-Kecamatan Dayun.

Turut hadir pada acara pembukaan MTQ XII tingkat Kecamatan Dayun itu Asissten III Setdakab Siak H Jamaluddin, Camat Dayun I Wayan Wiratama, Sekcam Dayun Rizannaki, Kepala KUA Dayun Nurkholis, Ketua LPTQ Kecamatan Dayun Jumatul Ihsan, Ketua ICMI Muda Kabupaten Siak Mohamad Royani, Bhabinkamtibmas Kampung Sialang Sakti Ali Yudin, serta sejumlah Penghulu Kampung dan tokoh agama dari berbagai Kampung se-Kecamatan Dayun.

Dalam sambutannya, Asisten III Setdakab Siak H Jamaluddin menyampaikan pesan/salam Bupati Siak yang pada kesempatan itu berhalangan untuk hadir. Begitu juga dengan Wabup Siak H Alfedri, yang juga tidak bisa menghadiri undangan masyarakat Dayun pada acara pembukaan MTQ tersebut, dikarenakan sedang ada urusan lain yang harus diselesaikan.

"Berhubung karena malam hari ini beliau (bapak Bupati, red) sedang menghadiri acara gelar seni budaya melayu dan peluncuran buku bapak Edi Lukman di Pekanbaru. Yang memang sudah direncanakan jauh-jauh hari, maka beliau tidak dapat hadir pada malam hari ini. Demikian juga dengan bapak Wakil Bupati, sebenarnya beliau berencana akan hadir, namun karena tadi beliau dinas luar, maka saya selaku Asissten III ditugaskan untuk membuka acara ini," papar H Jamaluddin.

Di hadapan ratusan masyarakat, Asisten III Setdakab Siak itu mengimbau, kiranya selama digelarnya acara MTQ di Kecamatan Dayun itu, masyarakat bisa bersama-sama turut meramaikan sejak malam pembukaan hingga malam penutupan nanti.

"Kata Pak Bupati dan Bapak Wakil Bupati, pada acara penutupan Minggu (9/4/2017) malam besok, insya Allah beliau akan hadir, oleh sebab itu saya mengimbau kepada bapak-bapak dan ibu-ibu, mari kita ramaikan acara MTQ ini, mulai dari malam pembukaan hingga malam penutupan," imbuhnya.

Dikatakannya juga, Musabaqah Tilawatil Quran merupakan bagian dari pembangunan di bidang agama, yang tentunya berkaitan erat dengan mentalitas dan spiritualitas.

"Kegiatan MTQ ini merupakan pembangunan di bidang agama, disamping kita melakukan pembangunan fisik seperti pembangunan jalan, jembatan, gedung dan lain-lain, yang tidak kalah pentingnya adalah kita juga harus membangun mental, spiritual, bangsa dan daerah kita ini. Karena apalah artinya kemajuan di bidang fisik tapi tidak diikuti dengan kemajuan di bidang spiritual, ini nanti dapat membahayakan kelanjutan bangsa kita di masa yang akan datang," sambungnya lagi.

Sesuai rencana, MTQ XII tingkat Kecamatan Dayun itu akan digelar selama Tiga hari, yakni mulai tanggal 7 hingga 9 April 2017 mendatang, yang mana pada kegiatan tersebut ada Delapan cabang pertandingan yang akan diberikan penilaian. Sebagaimana dijelaskan oleh Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kecamatan Dayun Ustadz Jumatul Ihsan kepada Porosriau.com.

"Pada MTQ XII tingkat Kecamatan Dayun tahun 2017 ini, ada sekitar Delapan cabang yang akan dipertandingkan," terang Ihsan. (Atok)

Editor: Chaviz

Iklan Lowongan
copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Digelar di Kampung Teluk Merempan, MTQ VIII Tingkat Kecamatan Mempura Resmi Dibuka Wabup Siak

    8 bulan lalu

    Perhelatan akbar Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-8 (VIII, red) tingkat Kecamatan Mempura resmi dibuka oleh Wakil Bupati Siak H Alfedri. Dan kali ini ivent tahunan yang bernuansa islami tersebut digelar di Kampung Teluk Merempan, Kamis (23/3/2017) malam

  • 1400 Rider Ikuti Ivent Tingkat Nasional Di Kecamatan Ujung Batu

    3 bulan lalu

    Event dengan tema "Indonesia berkumpul di Riau" dengan peserta 1.400 Rider baik lokal dan perwakilan seluruh Indonesia dan digelar hingga Ahad tanggal 13 Agustus 2017.

  • Ternyata Nama "SIAK" Diambil dari Sebuah Sebutan yang Bermakna "Orang Alim"

    8 bulan lalu

    Sejarah kerajaan Siak merupakan bagian penting dari sekian banyak sejarah yang ada di Negara Republik Indonesia. Namun tidak semua masyarakat mengetahui tentang asal-muasal sebutan "SIAK" yang telah diabadikan dan dikukuhkan oleh para pendiri Ke

  • Said : Meranti Siap Jalankan Instruksi Wapres

    tahun lalu

    Kedatangan Wapres Jusuf Kalla ke Riau ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita semua. Tentunya instruksi dan ajakan beliau untuk memajukan daerah dan senantiasa tetap menjaga lingkungan dan melestarikannya

  • Menyambut HUT RI Ke-71, DKI Akan Gelar Semarak Merah Putih

    tahun lalu

    Inhu(POROSRIAU.com) - Dewan Kesenian Indragiri (DKI) menggelar lomba sastra “Semarak Seni Merah Putih” dalam rangka menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-71. Pembukaan acara yang digelar di g

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.