Minggu, 19 November 2017
  • Home
  • Siak
  • Alhamdulillah, Tahun Ini Jalan Poros Pangkalan Makmur - Suka Mulia Akan Diaspal
Minggu, 02 April 2017 23:53:00

Alhamdulillah, Tahun Ini Jalan Poros Pangkalan Makmur - Suka Mulia Akan Diaspal

Oleh: Atok
Minggu, 02 April 2017 23:53:00
BAGIKAN:
Atok
Kondisi Jalan poros Desa Pangkalan Makmur menuju Suka Mulya

SIAK (POROSRIAU.COM) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak melalui Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pemukiman (PU Tarukim) akan segera merealisasikan peningkatan (pengaspalan, red) jalan poros yang menghubungkan antara Kampung Pangkalan Makmur dengan Kampung Suka Mulia Kecamatan Dayun.

Yang mana selama ini kondisi jalan poros tersebut masih berupa jalan koral, yang dianggap sulit untuk dilewati oleh kendaraan bermotor (roda dua, red). Apalagi di saat musim penghujan, banyak genangan air dan lumpur-lumpur berpasir yang menghiasi sepanjang jalan.

Sebagaimana dikemukakan oleh Iwan (35), salah seorang warga Kampung Pangkalan Makmur yang mengaku setiap hari melewati jalan poros tersebut.

"Kabarnya tahun ini jalan poros yang ada di kampung kami ini akan diaspal oleh Pemda Siak. Tentunya kami sebagai masyarakat sangat berterima kasih kepada pak Bupati, karena selama ini jalan poros (penghubung, red) antara Kampung Pangkalan Makmur dengan Suka Mulya memang sangat memprihatinkan, terutama saat habis turun hujan," papar Iwan, belum lama ini.

Berdasarkan informasi yang ditayangkan oleh Unit Layanan Pengadaan (ULP) melalui Layanan Pengadaan Sistem Elektronik (LPSE) Kabupaten Siak, Proyek peningkatan jalan poros Kampung Pangkalan Makmur - Suka Mulia itu, saat ini masih sedang dalam tahap pelelangan. Dan masih menunggu beberapa hari lagi untuk diketahui perusahaan (rekanan, red) yang akan ditunjuk selaku pihak kontraktor pelaksana.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas PU Tarukim Siak Irving Kahar Arifin, melalui Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Ardi Irfandi membenarkan, jika pada tahun 2017 ini Dinas PU Tarukim Siak akan merealisasikan peningkatan jalan poros yang menghubungkan antara Kampung Pangkalan Makmur dengan Kampung Suka Mulia yang terdapat di wilayah Kecamatan Dayun Kabupaten Siak.

"Alhamdulillah, tahun 2017 ini kita akan merealisasikan pengaspalan jalan poros (penghubung, red) antara Kampung Pangkalan Makmur dengan Suka Mulia, yang panjangnya sekitar Empat kilo meter. Dan pada tahapan berikutnya, insya Allah kita juga akan melakukan peningkatan (perbaikan, red) untuk jalan Pangkalan Makmur yang mengarah/menuju ke Jalan Besar (jalan nasional, red)," terang Ardi Irfandi, Ahad (2/4/2017) kepada Porosriau.com.

Guna menjaga dan meminimalisir kerusakan jalan, pihak Dinas PU Tarukim Siak juga menyarankan agar kiranya masyarakat bisa membuat sebuah kebijakan pada jalan-jalan yang ada. Seperti memasang portal atau lain sebagainya, sehingga jalan-jalan yang telah dibangun oleh Pemda Siak itu nantinya bisa bertahan lebih lama.

"Untuk meminimalisir kerusakan jalan, hendaknya masyarakat bisa bersama-sama turut menjaga dan merawat jalan-jalan yang telah dan akan dibangun oleh Pemda, minimal dipasang portal pada titik-titik tertentu, sehingga kendaraan-kendaraan besar yang membawa muatan di atas standar normal tidak melintas di sana, karena kapasitas jalan aspal (jalan kabupaten, red) di Siak ini hanya berkekuatan sekitar 8 Ton, dan biasanya untuk kendaraan-kendaraan besar (truk, red) over tonase ada jalan alternatif," lanjut Ardi Irfandi.

Lebih lanjut dijelaskan, selain melakukan pengaspalan untuk jalan poros Pangkalan Makmur - Suka Mulia, tahun ini Dinas PU Tarukim Siak juga akan merealisasikan pengaspalan untuk jalan poros yang terdapat di Kampung Sri Gemilang - Teluk Merempan Kecamatan Mempura.

"Pada tahun ini kita juga akan melakukan pengaspalan untuk jalan penghubung antara Kampung Sri Gemilang dengan Teluk Merempan, yang panjangnya ada sekitar Dua kilo meter,  dan semua kegiatan itu kita realisasikan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dari pemerintah pusat," tutupnya. (Atok)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Pemda Siak Realisasikan Pengaspalan Jalan Untuk Sejumlah Desa Di Kecamatan Dayun

    2 bulan lalu

    masyarakat, pada tahun 2017 ini Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak melalui Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pemukiman (PU Tarukim) merealisasikan peningkatan (pengaspalan, red) jalan poros yang terdapat di wilayah Kecamatan Dayun Kabupaten Siak.

  • Ardi Irfandi: Kegiatan Fisik TA 2017 Sudah Mencapai 100 Persen

    4 hari lalu

    Memasuki pertengahan November 2017, realisasi pekerjaan/kegiatan fisik di Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pemukiman (PU Tarukim) Kabupaten Siak sudah mencapai 100 Persen.

  • Proyek Fisik di Dinas BMP Siak Sudah Mencapai 98 Persen

    12 bulan lalu

    Hingga memasuki awal Desember 2016. Sejumlah proyek fisik yang direalisasikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak melalui Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP), secara keseluruhan tahap penyelesaiannya sudah mencapai sekitar 98 Persen. Seperti pr

  • Silvia Nisa Ananda Zulpan: Senang Dan Bangga Bisa Bertemu Bupati

    3 bulan lalu

    Silvia Nisa Ananda Zulpan Mewakili SDN 05 Bengkalis kelas 5 berhasil menjadi juara lomba bercerita anak tingkat siswa SD yang digelar di Bengkalis 24 Agustus 2017.

  • Raih Banyak Prestasi, SMPN 14 Dumai Jadi Pusat Perhatian Masyarakat

    tahun lalu

    DUMAI(POROSRIAU.com) – Kepala SMPN 14 Kota Dumai, Drs Yunir KR mengaku bangga atas prestasi yang diraih sekolahnya baik tingkat Kota Dumai maupun Provinsi Riau.Tak ayal, sekolah yang dipimpin

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.