Kamis, 19 Oktober 2017
  • Home
  • Siak
  • Dua Bulan Dipasang, Lampu PJU Proyek APBN Ditjen Hubdat 2017 Di Dayun Banyak Yang Mati
Sabtu, 29 Juli 2017 14:01:00

Dua Bulan Dipasang, Lampu PJU Proyek APBN Ditjen Hubdat 2017 Di Dayun Banyak Yang Mati

Oleh: Atok
Sabtu, 29 Juli 2017 14:01:00
BAGIKAN:
Atok
Lampu PJU Proyek APBN Ditjen Hubdat 2017 di Siak, yang saat ini sudah tidak menyala

SIAK (POROSRIAU.COM) - Sejumlah lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) tenaga surya yang baru sekitar Dua bulan dipasang di tepian jalan lintas Pekanbaru - Dayun Kabupaten Siak, terlihat sudah ada yang mati alias tidak menyala. Sehingga fenomena tersebut menimbulkan tandatanya di kalangan masyarakat sekitar. Apakah lampu-lampu PJU itu akan segera diperbaiki atau akan dibiarkan begitu saja.

Sebagaimana dikemukakan oleh Iyon (35), salah seorang warga Kecamatan Dayun yang tinggal di Kampung Banjar Seminai. Dirinya mengaku heran dengan kondisi lampu-lampu PJU yang diketahui baru sekitar Dua bulan dipasang oleh pihak pelaksana, namun sudah banyak yang padam alias tidak menyala saat malam hari.

"Kami heran, baru sekitar Dua bulan dipasang, kok lampu-lampu PJU yang ada di pinggiran jalan Kecamatan Dayun ini sudah ada yang tidak menyala, seperti lampu PJU yang terdapat di depan persimpangan KM 65 Dayun," ujar Iyon, saat berbincang-bincang dengan Porosriau.com.

Lampu PJU tenaga surya yang dipasang di tepian pipa BOB jalan lintas Pekanbaru - Dayun itu, merupakan proyek Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat (Hubdat) melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) tahun 2017 yang diperkirakan mencapai miliaran rupiah. Sehingga sangat disayangkan jika belum lama dipasang kondisinya sudah banyak yang mati.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kabupaten Siak Said Arif Fadhilah melalui Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Darat Junaidi menegaskan, bahwasanya proyek PJU tenaga surya yang terdapat di sekitar Kecamatan Dayun itu, bukan bagian dari tanggungjawab Dishub Kabupaten Siak, karena saat pengerjaannya pihak Satuan Kerja (Satker) Ditjen Hubdat Provinsi Riau tidak ada memberi tau maupun berkoordinasi dengan pihak Dishub Siak.

"PJU yang dipasang di sekitar Kecamatan Dayun itu bukan gawean Dishub Siak, melainkan gawean Satker Ditjen Hubdat yang saat realisasinya sama sekali tidak ada koordinasi dengan kami (Dishub Kabupaten Siak, red), walaupun sebenarnya Standar Pelayanan Minimal (SPM) terkait PJU tupoksinya di Dinas Perhubungan," papar Junaidi, Jum'at (28/7/2017) siang, saat ditemui di ruang kerjanya.

Ia menambahkan, jika masyarakat atau pun awak media ingin tau lebih jelas soal spesifikasi dan pekerjaan PJU yang dipasang di wilayah Kecamatan Dayun itu, bisa langsung menanyakannya di Kantor Satker Ditjen Hubdat di Pekanbaru. Karena sampai hari ini pihak Dinas Perhubungan Siak juga belum mengetahui secara pasti terkait spesifikasi serta jumlah/unit PJU yang dipasang di sepanjang jalan lintas Pekanbaru - Dayun tersebut.

"Kami juga tidak tau spesifikasinya gimana, dan jumlah PJU yang dipasang itu berapa, karena sampai hari ini memang belum ada pemberitahuan yang disampaikan kepada kami, oleh sebab itu untuk lebih jelasnya awak media bisa menanyakan langsung ke Satker Ditjen Hubdat di Pekanbaru," tutupnya. (Atok)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Miris! Sejumlah Fasilitas di SDN 019 Dayun Siak Rusak Parah, Begini Kondisinya..

    5 bulan lalu

    Realita miris bisa ditemui saat kita mengunjungi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 019 Dayun. Yang mana saat ini sejumlah fasilitas umum di sekolah tersebut sudah banyak yang mengalami kerusakan. Padahal sebagian fasilitas yang ada di sana merupakan kegiatan/pro

  • Proyek Lisdes Tahun 2016 di Dayun Dipertanyakan, Ini Jawaban Mantan Kadistamben Siak

    4 bulan lalu

    Polemik Proyek Listrik Desa (Lisdes) di Kampung Berumbung Baru dan Kampung Banjar Seminai Kecamatan Dayun Kabupaten Siak, sampai hari ini masih menyisakan tanda tanya.

  • Gawat!! Ratusan Miliar Uang Pemda Siak Masih Nyangkut di Pusat, Ada Apa Ini?

    8 bulan lalu

    SIAK(POROSRIAU.COM) - Terkait tak kunjung ditransfernya uang sisa bayar tahun 2015 dan 2016 oleh Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak.

  • Alhamdulillah, Tahun Ini Jalan Poros Pangkalan Makmur - Suka Mulia Akan Diaspal

    7 bulan lalu

    Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak melalui Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pemukiman (PU Tarukim) akan segera merealisasikan peningkatan (pengaspalan, red) jalan poros yang menghubungkan antara Kampung Pangkalan Makmur dengan Kampung Suka Mulia Kecama

  • Pemko Nunggak PJU Hingga 19,8 Miliar, DPRD Pertanyakan Uang Pajak PJU Dari Masyarakat

    10 bulan lalu

    PEKANBARU(POROSRIAU.COM)-- PLN mulai memadamkan lampu penerangan jalan umum (PJU) di sejumlah ruas jalanan kota Pekanbaru malam tadi. Tidak menutup kemungkinan beberapa hari kedepan seluruh lampu PJU dipadamkan karena tidak ada itikad baik Pemko Pekanbaru

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.