Rabu, 23 Agustus 2017
  • Home
  • Siak
  • Gelar Aksi Damai, Ratusan Buruh Desak Bupati Siak Copot Kepala Disnakertrans
Selasa, 01 November 2016 06:16:00

Gelar Aksi Damai, Ratusan Buruh Desak Bupati Siak Copot Kepala Disnakertrans

Gelar Aksi Damai, Ratusan Buruh Desak Bupati Siak Copot Kepala Disnakertrans

Oleh: Atok
Selasa, 01 November 2016 06:16:00
BAGIKAN:
Atok
Aksi Demo Buruh FSPTI

 

SIAK (POROSRRIAU.COM) - Ratusan buruh Federasi Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (F-SPTI) yang tergabung dalam Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Kabupaten Siak, menggelar unjuk rasa (aksi damai, red) di Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans), Senin (31/10/2016) siang.

Tak puas atas jawaban yang diajukan dan disampaikan oleh pihak Disnakertrans Siak. Ratusan buruh SPSI itu bergerak menuju kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Dengan tujuan agar DPRD bisa mendengarkan dan memperjuangkan segala permasalahan yang saat ini tengah dihadapi oleh para serikat buruh yang ada di Kabupaten Siak.

Sesampainya di depan Gedung Kantor DPRD, ratusan buruh SPSI yang tergabung dari sejumlah kecamatan se-Kabupaten Siak itu, disambut baik oleh anggota Komisi II DPRD Siak Ariadi Tarigan, yang didampingi anggota DPRD lainnya yakni Ismail Amir dan Marudut Pakpahan.

Di depan Gedung Wakil Rakyat itu, Koordinator Lapangan (Koorlap) buruh SPSI yang bertindak selaku orator menyampaikan aspirasinya. Selama ini buruh SPSI di Kabupaten Siak merasa terzolimi oleh kebijakan dan keputusan yang dikeluarkan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Siak. Sehingga mereka (massa buruh, red) mendesak agar Bupati Siak segera mencopot Kepala Disnakertrans Siak tersebut.

"Selama ini nasib buruh SPSI di Kabupaten Siak telah terzolimi oleh sejumlah kebijakan yang diterapkan oleh Disnakertrans Siak, oleh sebab itu kami mendesak agar kiranya Bupati segera mencopot Kepala Disnakertrans Siak itu," papar Edo, Koorlap massa buruh SPSI.

Namun sayang, orasi yang disampaikan dan disuarakan oleh ratusan massa buruh SPSI itu tidak sempat disaksikan oleh Bupati Siak, karena Bupati telah keburu meninggalkan kantor DPRD, sehingga massa hanya bisa mengadukan prihalnya itu kepada sejumlah anggota dewan yang masih berada di Gedung DPRD Siak.

Atas apa yang disampaikan oleh ratusan buruh SPSI tersebut, salah satu anggota DPRD Siak Marudut Pakpahan menjelaskan. Bahwasanya segala permasalahan yang berkenaan dengan nasib buruh, harus bersama-sama dipikirkan dan diperjuangkan. Apalagi peran buruh di suatu Negara merupakan ujung tombak serta bagian dari penggerak roda pembangunan.

"Kami minta kepada teman-teman sekalian, kiranya ada perwakilan dari SPSI ini sekitar 10 atau 15 orang, untuk menyampaikan maksud dan tujuannya di dalam, dan yang lain harap tunggu di luar," kata Marudut Pakpahan, sembari mempersilahkan perwakilan buruh masuk ke dalam ruangan DPRD.

Pada spanduk yang dibawa oleh ratusan buruh SPSI itu, bertuliskan slogan pernyataan kekesalan dan kekecewaan mereka atas sikap PT GAS, yang selama ini dinilai merugikan posisi para buruh SPSI di Kabupaten Siak. Berikut pernyataan buruh SPSI yang ditulis di atas spanduk mereka:

1. Protes terhadap PT GAS, dan menolak bermitra dengan F-SPTI/SPSI.
2. Keputusan Forkompimda belum ada, PT GAS telah bermitra dengan F-SPTI/SPSI.
3. PT GAS belum menyelesaikan pembayaran upah/bongkar muat sepenuhnya, sebelum perselisihan terjadi dengan F-SPTI/SPSI. (Atok)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Kecewa Tidak Ketemu Bupati, SBCI Akan Lakukan Aksi Demo Lanjutan

    12 bulan lalu

    SIAK (POROSRIAU.com) - Serikat Buruh Cahaya Indonesia (SBCI) mengaku kecewa, keinginan bertemu dengan Bupati Siak hingga saat ini belum kesampaian, kekecewaan itu diungkapkan Adermi ketua DPP SBCI propinsi Riau usai menggelar pertemuan dengan pejabat peme

  • Sejumlah Jalan Di Siak Rusak, Dishub Akan Usulkan Perda "Over Load" Ke DPRD

    3 minggu lalu

    Maraknya aksi kendaraan berlebihan muatan (over load, red) yang melintas di wilayah Kabupaten Siak telah menyebabkan sejumlah ruas jalan menjadi rusak parah. Seperti yang terjadi di beberapa titik jalan poros di Kecamatan Bungaraya, Mempura, Dayun dan bah

  • Aksi Bela Kitabullah 4 November 2016, "Umat Islam Bukan Kelompok Bayaran"

    10 bulan lalu

    Ratusan ribu umat muslim datang dari berbagai daerah untuk menghadiri dan mengikuti Aksi Damai Bela Kitabullah (Al Quran, red) di Ibukota Jakarta, Jum'at (4/11/2016) siang, bertepatan dengan tanggal 3 Syafar 1438 H.

  • SMPN 2 Kerinci Kanan Juara I Lomba Teater yang Ditaja Satlantas Polres Siak

    5 bulan lalu

    Dalam‎ rangka menyadarkan tertib berlalu lintas di kabupaten Siak, Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Siak mengadakan lomba Teater yang bertema" Keselamatan Berlalulintas Se kabupaten Siak" beberapa hari lalu. Dalam kegiatan lomba te

  • Alhamdulillah, Meski tak Dihadiri Bupati dan Wabup, Pembukaan MTQ XII Dayun Tetap Semarak dan Lancar

    5 bulan lalu

    Acara Pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XII tingkat Kecamatan Dayun Kabupaten Siak, pada Jum'at (7/4/2017) malam, terlihat begitu hikmat dan semarak. Meskipun acara tersebut tanpa dihadiri oleh Bupati Siak H Syamsuar dan Wakil Bupati Siak H A

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.