Jumat, 20 Oktober 2017
  • Home
  • Siak
  • H Said Muzani: Pawai Budaya Membuktikan Bahwa Siak Memiliki Berbagai Ragam Kebudayaan
Rabu, 11 Oktober 2017 20:30:00

H Said Muzani: Pawai Budaya Membuktikan Bahwa Siak Memiliki Berbagai Ragam Kebudayaan

Oleh: Atok
Rabu, 11 Oktober 2017 20:30:00
BAGIKAN:
Peserta Pawai Budaya HUT Kabupaten Siak XVIII-1.(Foto/Atok)

SIAK (POROSRIAU.COM) - Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Siak XVIII (ke-18) tahun 2017, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak menggelar acara "Pawai Budaya" yang diikuti oleh seluruh perwakilan dari 14 kecamatan se-Kabupaten Siak, Selasa (10/10/2017) siang, kemarin.

Kegiatan Pawai Budaya yang diikuti ribuan peserta dari berbagai kampung dan kecamatan se-Kabupaten Siak itu berjalan cukup unik dan meriah. Yang mana para peserta tampak begitu antusias dan penuh semangat saat menampilkan kreasi-kreasi yang dimiliki, seperti memamerkan kesenian khas daerah (dari kecamatan setempat, red), serta kesenian tradisional dan pakaian adat daerah yang saat ini dimiliki oleh Bangsa Indonesia dari Sabang sampai Merauke.

Terkait kegiatan Pawai Budaya tersebut, Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata Siak H Said Muzani, yang juga merupakan salahsatu Tokoh Masyarakat dan Budayawan Kabupaten Siak menuturkan, bahwasanya dengan adanya kegiatan Pawai Budaya itu, kita semua bisa lebih mengerti tentang ragam kebudayaan yang selama ini dimiliki oleh Kabupaten Siak.

"Warna-warni pawai budaya HUT Kabupaten Siak XVIII semalam itu, salah satunya menunjukkan bahwa negeri kita ini memiliki ragam budaya. Keragaman membuat kita kuat dan utuh. Untuk Negeri Siak sendiri sejak masa kerajaan negeri ini sudah membuka diri buat semua etnis yang masuk, Sultan Siak adalah Sultan berjiwa terbuka kepada etnis mana saja sepanjang mau mengabdi di kerajaan Siak ini," papar H Said Muzani, Rabu (11/10/2017), kepada POROSRIAU.COM.

Lebih lanjut, mantan guru yang pernah mengajar di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Taufiqiyah Siak era tahun 1997 itu menuturkan, khusus Pawai Budaya yang digelar pada sempena Hari Jadi Kabupaten Siak ke-18 kemarin, pihak panitia sengaja mengundang seluruh kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Siak.

"Khusus Pawai Budaya yang ditaja pada sempena hari jadi Kabupaten Siak semalam, panitia mengundang seluruh kecamatan untuk menampilkan adat dan budaya tempatan dengan mengedepankan budaya asli Siak yang pernah dan masih berlangsung di wilayah itu. Tentu multi etnis yang turun temurun setidaknya tergambar pada pawai tersebut, sehingga nenimbulkan warna-warni adat budaya di Negeri Siak," sambungnya.

Adapun untuk para tamu yang datang dari mancanegara (luar negeri, red) dan luar kabupaten, pihak panitia juga meminta agar mereka turut berpartisipasi menampilkan rona ragam budaya dan adat yang mereka miliki.

"Untuk tamu dari luar kabupaten dan luar negeri kita minta juga partisipasi mereka menampilkan rona ragam budaya dan adat mereka, pada kesimpulannya bahwa ragam adat budaya di negeri ini merupakan budaya serumpun yang terikat dengan ketimuran yang arif dan santun," tutupnya. (Atok)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Malam Ini, Penyair Empat Negara "Rasakan Aura" Panggung Toktan

    3 bulan lalu

    Rencananya, tokoh Riau yang juga anggota DPR RI, Lukman Edy pun turut hadir dalam kegiatan yang juga diberi tema jamuan makan malam dengan penyair tiga negara ini.

  • Ini Penjelasan Dispar Siak Terkait Polemik "Gembok Cinta Siak"

    2 bulan lalu

    Belum lama ini, muncul berbagai anggapan masyarakat di Media Social terkait "Gembok Cinta Siak" tersebut. Ada yang beranggapan bahwasanya gagasan membuat program Gembok Cinta Siak itu kurang sesuai dengan nilai-nilai budaya melayu yang islami

  • Ini Ucapan Ikrar Pelangi, Di Hari Jadi Kabupaten Bengkalis ke 504

    tahun lalu

    BENGKALIS(POROSRIAU.com) – Sebanyak dua belas suku dan etnis di Negeri Junjungan pada pawai budaya Hari Jadi ke-504 Bengkalis, Sabtu (30/7/2016) kemaren, berikrar bersatu padu, memikirkan, me

  • Dari Uin Suska Riau, untuk Teluk Makmur Gemar Membaca

    tahun lalu

    Editorial(POROSRIAU.com) - Pada zaman teknologi maju saat ini membaca ialah suatu kegemaran yang sangat jarang dilakukan oleh anak-anak, Sebab mereka lebih sering menghabiskan waktu dengan bermain smartphone, Oleh karena itu penting bagi kita membudayakan

  • Bupati Inhu Serahkan Bonus kepada Atlet Berprestasi Di Peringatan Haornas

    tahun lalu

    Inhu (Posrosriau.com) - Sehubungan Puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke XXXIII Tahun 2016 tingkat kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dilaksanakan Jum'at 9 September 2016 di Venue Olahraga Panjat tebing di komplek perkantoran kabupaten I

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.