Kamis, 19 Oktober 2017
  • Home
  • Siak
  • Ini Persyaratan Calon Anggota PPK Dan PPS yang Akan Ditetapkan KPUD Siak
Kamis, 28 September 2017 07:42:00

Ini Persyaratan Calon Anggota PPK Dan PPS yang Akan Ditetapkan KPUD Siak

Oleh: Atok
Kamis, 28 September 2017 07:42:00
BAGIKAN:
Komisioner KPUD Siak Agus Hariyanto. (foto/Atok)

SIAK (POROSRIAU.COM) - Dalam waktu dekat ini, pihak Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Siak akan melakukan perekrutan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Riau 2018.

Sebagaimana dijelaskan oleh Ketua KPUD Siak H Agus Salim, melalui Komisioner Bidang Sosialisasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) Agus Hariyanto, dirinya menyebutkan bahwasanya pada menjelang pertengahan Oktober 2017 mendatang, pihaknya akan mulai melakukan pembentukan PPK dan PPS.

"Pada bulan Oktober mendatang, KPUD Kabupaten Siak akan membentuk Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dalam rangka Pilkada serentak 2018 yang sekaligus dalam rangka Pilgub Riau 2018," terang Agus Hariyanto, Rabu (27/9/2017) sore, kepada Porosriau.com.

Dirinya juga menyebutkan, berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 1 Tahun 2017, awal pembentukan PPK dan PPS akan dilakukan pada 12 Oktober mendatang. Sesuai dengan Undang-undang pembentukan PPK dan PPS hingga pembentukan KPPS merupakan tugas KPU kabupaten/kota.

Komisioner KPUD Siak yang akrab disapa Mas Agus itu juga menyampaikan, bagi segenap warga/masyarakat Kabupaten Siak yang berminat menjadi penyelenggara Pilgub Riau 2018, maka persiapkan diri dari sekarang serta persiapkan segala administrasi dan persyaratan yang dibutuhkan.

Adapun syarat mendaftar menjadi anggota PPK dan PPS antara lain:

1. Usia minimal 25 tahun (Jika peraturan lama yang digunakan dan jika peraturan baru yang digunakan maka usia minimal 17 tahun.
2. Mempunyai integritas, pribadi yang kuat, jujur dan adil.
3. Tidak menjadi anggota Parpol sekurang-kurangnya lima tahun.
4. Berdomisili di wilayah PPK.
5. Mampu secara jasmani dan rohani.
6. Berpendidikan paling rendah SLTA atau sederajat.
7. Belum pernah menjabat dua kali sebagai anggota PPK dan PPS selama dua periode Pemilu (2005-2009 dan 2010-2014).

Sedangkan Syarat administrasi yang harus dipenuhi calon pendaftar antara lain:

1. Surat pendaftaran dan surat pernyataan yang ditandatangani calon PPK dan dibubuhi materai Rp6000.
2. Fotocopy KTP.
3. Fotocopy Ijazah yang dilegalisir.
4. Foto berwarna ukuran 4 X 6.
5. Surat keterangan sehat dari Puskesmas atau rumah sakit setempat.

"Semua ketentuan yang tercantum di atas merupakan gambaran syarat-syarat untuk menjadi anggota PPK dan PPS, namun untuk pengumuman resmi akan diumumkan mulai tanggal 12 Oktober 2017 mendatang," tutupnya. (Atok)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Manajemen Kualitas, Hindari Balas Budi Kontraktor Nakal

    tahun lalu

    POROSRIAU.com- Dari segi definisi kata, sinonim kontraktor adalah Pemborong, definisi lain “Kontraktor” berasal dari kata “kontrak” artinya suatu perjanjian atau kesepa

  • Meranti Dapat Kuota Khusus Untuk Penerimaan Polri

    10 bulan lalu

    SELATPANJANG(POROSRIAU.COM) - Kepulauan Meranti dijanjikan akan mendapat kuota khusus pada penerimaan anggota Polri tahun 2017 mendatang. Hal itu mengingat masih kurangnya jumlah personel yang ada saat ini di Polres Kepulauan Meranti.

  • Rawan Kecurangan Dalam Pilkada, Romi Minta Sampaikan Data Penduduk Terbaru

    10 bulan lalu

    PEKANBARU(POROSRIAU.COM) -- Wakil Ketua DPRD Pekanbaru, Jhon Romi Sinaga SE berharap Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru bisa menjelaskan secara terbuka data warga dan jumlah kepala keluarga (KK) yang sudah merampungkan perek

  • Warga Bengkalis Keluhkan Pelayanan BPJS

    9 bulan lalu

    BENGKALIS(POROSRIAU.COM) -Keluhan terhadap pelayanan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan dikeluhkan warga Bengkalis. Pasalnya, ada ibu hamil yang calon bayinya tak terdaftar di BPJS berbuntut pada tidak berlakunya BPJS sang ibu.

  • Pengesahan RT RW di Wilayah Provinsi Riau Dinilai Lambat, Ini Kata Bupati Siak

    8 bulan lalu

    SIAK (POROSRIAU.COM) - Lambatnya pengesahan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Riau sangat berdampak kepada investasi dan pembangunan daerah. Hal itu disebutkan Bupati Siak H Syamsuar, saat dijumpai usai pertemuan antara Komisi IV DPR RI dengan Gu

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.