Kamis, 19 Oktober 2017
  • Home
  • Siak
  • Kejari Siak Rencanakan Gelar Kembali JMS Pada Triwulan IV
Sabtu, 30 September 2017 07:58:00

Kejari Siak Rencanakan Gelar Kembali JMS Pada Triwulan IV

Oleh: Atok
Sabtu, 30 September 2017 07:58:00
BAGIKAN:
Irvan Prayogo SH, Jaksa Fungsional Kejari Siak.(foto/Atok)

SIAK (POROSRIAU.COM) - Belum lama ini pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Siak menggelar kegiatan/sosialisasi Jaksa Masuk Sekolah (JMS) ke sejumlah sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Siak. Termasuk diantaranya di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Bungaraya, Kamis (28/9/2017) lalu.

Kegiatan JMS yang dimotori oleh para Jaksa Fungsional dari Kejaksaan Negeri Siak itu, bertujuan untuk memberikan pemahaman hukum kepada para guru dan siswa, serta tentang pentingnya meningkatkan kewaspadaan terhadap gejala-gejala negatif yang dapat merusak masa depan generasi muda (khususnya pelajar, red), seperti penyalahgunaan Narkoba, pelecehan seksual, bullying, serta tindak kekerasan/diskriminasi yang kerap dialami oleh para guru di Sekolah.

Sesuai rencana, kegiatan JMS tersebut akan kembali digelar oleh pihak Kejari Siak saat memasuki Triwulan IV mendatang. Sebagaimana dijelaskan oleh Kepala Seksi (Kasi) Intelijen Kejari Siak Agung Setiadi SH MH, melalui Jaksa Fungsional Intelijen Irvan Prayogo SH, dirinya menyebutkan bahwasanya kegiatan JMS merupakan agenda/program rutin setiap tahun.

"Kegiatan JMS merupakan agenda tahunan yang akan kita gelar setiap tahun, yang mana pada beberapa waktu lalu sudah kita gelar di sejumlah Sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Siak. Seperti di Sekolah-sekolah (SMPN/SMAN, red) yang ada di Kecamatan Siak, Mempura, Bungaraya, Lubuk Dalam. Dan jika tidak ada halangan pada Triwulan IV mendatang JMS akan kembali kita gelar," terang Irvan Prayogo, Jum'at (29/9/2017) siang, kepada Porosriau.com.

Jaksa Fungsional Kejari Siak yang akrab disapa Mas Irvan itu juga menuturkan, selama dijalankannya program JMS, sudah hampir sebagian besar sekolah (SMP dan SMA, red) di Kabupaten Siak dikunjungi oleh Tim JMS, dan hanya Tiga kecamatan saja yang belum sempat dikunjungi, yakni Kecamatan Sabak Auh, Sungai Mandau, dan Kerinci Kanan.

"Sampai hari ini, kecamatan yang belum pernah kita adakan kegiatan JMS itu Sabak Auh, Kerinci Kanan, dan Sungai Mandau, sedangkan untuk di Kecamatan Sungai Apit sudah pernah diadakan yakni di SMP. Insya Allah jika ada waktu nanti kita akan sempatkan untuk mengunjungi Sekolah-sekolah yang belum pernah diadakan JMS," lanjut Irvan.

Selain memberikan pemaparan tentang masalah hukum dan upaya meminimalisir terjadinya tindak kejahatan di Sekolah, kegiatan JMS itu juga bertujuan untuk memperkenalkan dan mendekatkan institusi Kejaksaan kepada para guru dan siswa.

Sementara itu, sejumlah masyarakat (wali murid, red) yang mengetahui dan memahami tentang pentingnya sosialisasi JMS di sekolah-sekolah, mengaku gembira dan bersyukur dengan digelarnya kegiatan tersebut, bahkan masyarakat berharap Sosialisasi JMS tidak hanya digelar di tingkat SMP dan SMA saja, melainkan juga bisa digelar di tingkat Sekolah Dasar (SD).

Sebagaimana dikemukakan oleh Jefriz (30), salah seorang warga Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak. Dirinya sangat mengapresiasi dengan adanya kegiatan JMS di Sekolah-sekolah, karena dengan demikian para siswa dan guru bisa mendapatkan pengetahuan tentang berbagai hal yang berkenaan dengan masalah hukum dan tindak kriminalitas yang hari ini kerap terjadi di lingkungan sekolah.

"Kami berharap kegiatan JMS itu tidak hanya digelar di tingkat SMP dan SMA saja, melainkan juga perlu digelar di tingkat SD, dan kami juga berharap ke depan kegiatan JMS itu bisa digelar lagi di Kecamatan Sungai Apit," papar Jefriz. (Atok)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Luar Biasa, Empat Honorer Dishub Siak yang Ditangkap Tim Saber Pungli Terbebas dari Jeratan Hukum

    7 bulan lalu

    Empat Honorer Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Siak yang telah ditahan Tim Saber Pungli dengan dugaan melakukan Pungutan Liar (Pungli) terhadap kendaraan (truck, red) di area Jembatan Sultan Syarif Kasim Kampung Maredan Kecamatan Tualang beberapa wakt

  • Kecewa Tidak Ketemu Bupati, SBCI Akan Lakukan Aksi Demo Lanjutan

    tahun lalu

    SIAK (POROSRIAU.com) - Serikat Buruh Cahaya Indonesia (SBCI) mengaku kecewa, keinginan bertemu dengan Bupati Siak hingga saat ini belum kesampaian, kekecewaan itu diungkapkan Adermi ketua DPP SBCI propinsi Riau usai menggelar pertemuan dengan pejabat peme

  • Peringati Hari Sumpah Pemuda, SDN 01 Buantan Lestari Karnaval Jalan Santai

    12 bulan lalu

    Peringati hari Sumpah Pemuda ke 88, SDN 01 gelar karnafal jalan santai sepanjang 1 km. Dalam kegiatan itu, seluruh siswa mengenakan beragam pakaian. Ada yang berpakaian Polisi, pakaian adat, pakaian kesenian Kuda Lumping dan pakaian khatam Alqur'an.

  • Kunjungi Pemko Batam, Komisi II DPRD Siak Gelar Diskusi Soal Peningkatan Sektor Perkebunan Rakyat

    12 bulan lalu

    Sejumlah anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Siak, melakukan kunjungan kerja ke Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Batam, Rabu (2/11/2016) siang.

  • Bentrok Sengketa Lahan PT SSL dengan Masyarakat Kembali Terjadi, Ini Tanggapan DPRD Siak

    12 bulan lalu

    Kisruh sengketa lahan antara masyarakat (kelompok tani, red) Kampung Tumang dengan PT Seraya Sumber Lestari (SSL) masih terus berlanjut. Meskipun sudah berkali-kali kedua belah pihak melakukan upaya penyelesaian lewat jalur kekeluargaan. Bahkan pernah ter

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.