Kamis, 19 Oktober 2017
  • Home
  • Siak
  • Kementerian PUPR RI Kunjungi Eks Tangsi Belanda Di Mempura Siak
Rabu, 04 Oktober 2017 18:23:00

Kementerian PUPR RI Kunjungi Eks Tangsi Belanda Di Mempura Siak

Oleh: Atok
Rabu, 04 Oktober 2017 18:23:00
BAGIKAN:
Workshop yang digelar Kementerian PUPR RI di Eks Tangsi Belanda Siakfoto/Atok)

SIAK (POROSRIAU.COM) - Sebagai Kabupaten/Kota yang kaya akan situs sejarah, Kabupaten Siak dipercaya sebagai tuan rumah pada kegiatan "Workshop Cagar Budaya" yang ditaja oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia, Rabu (04/10/2017) pagi, bertempat di Eks Tangsi Belanda Kecamatan Mempura.

Sebagaimana dikemukakan oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pemukiman (PU Tarukim) Siak H Irving Kahar Arifin, usai mengikuti/menghadiri workshop yang digelar di Kampung Benteng Hulu itu.

"Alhamdulillah, Siak Sri Indrapura dipercaya sebagai tuan rumah penyelenggaraan Workshop Pelestarian Bangunan Gedung Cagar Budaya yang diselenggarakan oleh Kementerian PUPR Republik Indonesia melalui Dirjen Cipta Karya Direktorat Bina Penataan Bangunan, yang diikuti oleh 9 Provinsi dan 19 Kabupaten/Kota seluruh Indonesia," terang Irving.

Dikatakannya juga, 9 Provinsi dan 19 Kabupaten/Kota yang turut hadir pada kegiatan workshop di Eks Tangsi Belanda itu adalah Kabupaten/Kota yang telah mengikuti Program Penataan Pelestarian Kota Pusaka (P3KP).

"Kabupaten/Kota yang turut menghadiri workshop ini adalah Kabupaten/Kota yang telah mengikuti Program Penataan Pelestarian Kota Pusaka (P3KP)," lanjut Irving.

P3KP merupakan salah satu wujud komitmen pemerintah dalam menjalankan amanat Undang-undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya, Undang-undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung, dan Undang-undang Nomor 26 tahun 2007 tentang Penataan Ruang yang telah dirintis sejak tahun 2012 berkolaborasi dengan Badan Pelestarian Pusaka Indonesia (BPPI).

"Kabupaten Siak menjadi satu-satunya Kabupaten di Provinsi Riau yang sudah mengikuti P3KP sebagai persyaratan untuk menuju kota pusaka. Dengan tujuan bukan semata-mata proyek revitalisasi bangunan ataupun kawasan, melainkan sebuah upaya mempertahankan atau mengembalikan identitas maupun ciri khas sesuatu secara berkelanjutan. Semoga Kabupaten Siak kembali kepada kejayaannya Kerajaan Siak Sri Indrapura," tutupnya.

Selain dihadiri sejumlah pejabat dari Kementerian PUPR RI, workshop yang digelar di tengah rintik-rintik hujan itu juga dihadiri oleh Sekdakab Siak T Said Hamzah, Anggota Komisi II DPRD Siak Sujarwo, Camat Mempura OK Rendra Dharma Putra, serta sejumlah Tokoh Masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Mempura. (Atok)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Semangat Hari Sumpah Pemuda MPKS Gelar Baksos Bersama TNI, Polri dan Masyarakat

    12 bulan lalu

    Peringatan "Hari Sumpah Pemuda" yang diperingati pada setiap tanggal 28 Oktober. Merupakan hari bersejarah bagi seluruh rakyat Indonesia (khususnya pemuda, red). Yang mana pada tahun 1928 silam, tokoh-tokoh pemuda Indonesia

  • Dewan Minta Pemerintah Serius Kelola Peninggalan Sejarah di Siak

    12 bulan lalu

    Terkait keberadaan "Tangsi Belanda" di Kampung Benteng Hulu Kecamatan Mempura Kabupaten Siak, yang saat ini dinilai kurang diperhatikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) maupun Pemerintah Pusat. Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD)

  • Satwa Langka "Bertanduk" yang Imut Ini, Bisa Dijumpai Saat Anda Berkunjung ke Siak

    7 bulan lalu

    Kabupaten Siak merupakan salah satu kabupaten muda yang ada di wilayah Provinsi Riau, yang hari ini usianya masih menginjak sekitar 17 tahun. Namun, berbagai destinasi wisata menarik sudah bisa ditemui di sejumlah daerah yang ada di wilayah Kabupaten Siak

  • KemenLHK Kunjungi P4S di Siak Hulu

    12 bulan lalu

    KAMPAR(porosriau.com) - Rombongan Kementerian Lingkungan hidup dan Kehutanan (KemenLHK), Kamis (3/11), melakukan kunjungan di Komplek P4S Karya Nyata Kubang Jaya Kecamatan Siak, Kamis.

  • Gawat!! Ratusan Miliar Uang Pemda Siak Masih Nyangkut di Pusat, Ada Apa Ini?

    8 bulan lalu

    SIAK(POROSRIAU.COM) - Terkait tak kunjung ditransfernya uang sisa bayar tahun 2015 dan 2016 oleh Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.