Kamis, 19 Oktober 2017
  • Home
  • Siak
  • Melalui DAK, Pemda Siak Bangun Enam Unit Tangki Septic Di Tiga Kecamatan
Rabu, 04 Oktober 2017 05:12:00

Melalui DAK, Pemda Siak Bangun Enam Unit Tangki Septic Di Tiga Kecamatan

Oleh: Atok
Rabu, 04 Oktober 2017 05:12:00
BAGIKAN:
Tangki Septic yang dibangun di Kecamatan Tualang(foto/Atok)

SIAK (POROSRIAU.COM) - Pada tahun 2017 ini, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak melalui Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pemukiman (PU Tarukim) telah merealisasikan pembangunan Enam unit Tangki Septic Komunal dengan Media Bakteri 10-20 KK di Tiga kecamatan, yang dibiayai melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

Enam unit Tangki Septic penampung kotoran manusia tersebut dibangun di Kecamatan Tualang (Dua unit), di Kecamatan Minas (Dua unit), dan di Kecamatan Kandis (Dua unit). Sebagaimana dijelaskan oleh Kepala Dinas PU Tarukim Siak H Irving Kahar Arifin melalui Kepala Bidang (Kabid) Perumahan dan Pemukiman H Khaidir Fitri, Selasa (03/10/2017) sore, kepada Porosriau.com.

"Alhamdulillah, pada tahun 2017 ini kita telah merealisasikan pembangunan Tangki Septic sebanyak Enam unit untuk di Tiga kecamatan, yakni di Tualang, Minas, dan Kandis, yang mana seluruh kegiatan tersebut dibiayai melalui dana DAK, sedangkan sistem pengerjaannya dilakukan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) setempat," terang H Khaidir Fitri.

Dari keenam unit Tangki Septic yang telah dibangun tersebut, Dua unit diantaranya (yang di Kecamatan Tualang, red) saat ini pengerjaannya sudah mencapai sekitar 85 Persen. Keterlambatan penyelesaian pekerjaan tersebut disebabkan karena faktor keuangan. Sehingga pada beberapa waktu lalu sempat disebut-sebut bahwa pengerjaan Tangki Septic di Tualang itu terbengkalai alias tidak rampung.

"Tidak benar Jika ada yang menyebut bahwa pengerjaan Tangki Septic di Tualang itu terbengkalai, keterlambatan pengerjaan Tangki Septic itu karena adanya penundaan pada proses pencairan/pembayaran tahap III oleh Pemerintah Pusat. Sehingga masyarakat yang melaksanakan pekerjaan belum bisa merampungkannya, namanya juga pekerjaan swakelola/swadaya, kalau pembayarannya lambat tentulah pengerjaannya juga akan ikut lambat," lanjutnya.

Dikatakannya juga, semestinya dengan telah tercapainya progress 85 Persen pekerjaan, maka pembayaran/pencairan untuk kegiatan tersebut sudah bisa 100 Persen. Namun kenyataannya sampai hari ini Pemerintah Pusat belum juga mencairkan pembayaran tahap III untuk pengerjaan Tangki Septic di Kecamatan Tualang tersebut.

"Secara global, untuk kegiatan/pembangunan Tangki Septic di Tiga kecamatan itu, terhitung per 11 September 2017 lalu, untuk progress fisik sudah mencapai 56,92 Persen, sedangkan untuk keuangan baru mencapai 53,79 Persen. Meski demikian, jika dibandingkan dengan Kabupaten/Kota yang lain, pencapaian progress untuk pekerjaan yang ada di Kabupaten Siak merupakan yang paling tertinggi," lanjutnya.

Pihak Dinas PU Tarukim Siak, selaku instansi Pemerintah yang menangani masalah pembangunan Tangki Septic di Kabupaten Siak itu memastikan, seluruh pengerjaan Tangki Septic akan rampung sebelum memasuki akhir tahun 2017. Dan berharap pada tahun 2018 mendatang Pemerintah Pusat bisa kembali mengalokasikan anggaran untuk mengabulkan seluruh usulan yang diajukan oleh Pemda Siak, demi pencapaian terwujudnya masyarakat sejahtera dan lingkungan sehat di wilayah Kabupaten Siak. (Atok)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Tahun Ini Pemda Siak Akan Bangun Tiga Pasar di Lokasi Berbeda

    6 bulan lalu

    Pada tahun 2017 ini, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak akan melanjutkan pembangunan pasar Kecamatan Sungai Apit yang saat ini terbengkalai. Sebagaimana dijelaskan oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Siak H Wan Ibrahim, mel

  • Tahun Ini Kantor Koramil Akan Dibangun di Kecamatan Sabak Auh

    tahun lalu

    SIAK(POROSRIAU.com) - Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Siak melalui bidang Tata Pemerintahan (Tapem), akan segera merealisasikan pembangunan gedung kantor Komando Rayon Militer (Koramil) untuk di wilayah Kecamatan Sabak Auh.

  • Dibangun dengan Biaya Milyaran, Rumah Tenun Siak Ini Terkesan Kurang Terawat

    11 bulan lalu

    Dilihat dari kejauhan. Rumah tenun yang berada di komplek Gedung Lembaga Adat Melayu (LAM) Siak itu seolah masih indah dan menawan. Namun ketika dilihat dari dekat, ternyata kondisi fisik pada bangunan rumah tenun tersebut sudah banyak mengalami kerusakan

  • Diskannak Siak Siapkan Anggaran Rp1,2 M Untuk Pengadaan 26 Unit Kapal Fiber1GT

    3 bulan lalu

    Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak melalui Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskannak) akan segera merealisasikan penyaluran bantuan Kapal Fiber1GT untuk para nelayan (kelompok perikanan tangkap, red) yang ada di Tiga Kecamatan.

  • Tiga Kawanan Spesialis Curanmor Berhasil Dibekuk Polres Rohul

    3 bulan lalu

    Tim Opsnal Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Rokan Hulu (Rohul) bersama Polsek Rambah berhasil membekuk Tiga kawanan spesialis pencurian kenderaan bermotor (curanmor) yang sudah berkali-kali beroperasi di wilayah Rokan Hulu.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.