Senin, 25 September 2017
  • Home
  • Siak
  • Miris! Sejumlah Fasilitas di SDN 019 Dayun Siak Rusak Parah, Begini Kondisinya..
Minggu, 07 Mei 2017 16:54:00

Miris! Sejumlah Fasilitas di SDN 019 Dayun Siak Rusak Parah, Begini Kondisinya..

Oleh: Atok
Minggu, 07 Mei 2017 16:54:00
BAGIKAN:
Atok
Kondisi Teras~Rabat SDN 019 Dayun yang hancur Proyek TA 2016

DAYUN (POROSRIAU.COM) - Realita miris bisa ditemui saat kita mengunjungi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 019 Dayun. Yang mana saat ini sejumlah fasilitas umum di sekolah tersebut sudah banyak yang mengalami kerusakan. Padahal sebagian fasilitas yang ada di sana merupakan kegiatan/proyek tahun anggaran 2016, yang diakomodir oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Siak.

Berdasarkan informasi dan penjelasan yang pernah disampaikan oleh salah seorang guru, pada menjelang akhir tahun 2016 lalu Disdikbud Siak menyalurkan bantuan mebeuler (meja-kursi, red) untuk SDN 019 Dayun, serta melakukan pembangunan/penambahan ruang kelas baru sebanyak Tiga lokal. Namun sayang, saat ini kondisi fasilitas yang direalisasikan pada tahun 2016 itu sudah banyak mengalami kerusakan.

"Pada menjelang akhir tahun 2016 kemarin, sekolah kami menerima penyaluran meubeler dan pembangunan lokal baru. Tapi sayang, belum genap setahun sudah ada beberapa fasilitas yang mengalami kerusakan," ujar salah seorang guru yang enggan disebut namanya.

Atas informasi tersebut, awak media langsung melakukan peninjauan ke lokasi SDN 019 Dayun, dan ternyata apa yang pernah disampaikan oleh salah seorang guru tersebut benar adanya. Bahkan ada beberapa mebeuler (meja-kursi, red) yang saat ini sudah tidak bisa digunakan, karena baut-baut pada mebeuler tersebut sudah lepas dan kocar-kacir.

Saat dikonfirmasi Porosriau.com, Kepala SDN 019 Dayun Harto SPd menuturkan, dirinya baru sekitar Satu bulan menjabat/bertugas sebagai Kepala Sekolah (Kasek) di SDN 019 Dayun, sehingga belum tau persis apakah fasilitas-fasilitas yang direalisasikan pada tahun 2016 lalu itu sudah diserahterimakan kepada pihak sekolah, karena menurutnya setiap kegiatan yang melibatkan pihak rekanan/kontraktor, biasanya ada waktu/masa pemeliharaan.

"Saya baru sekitar Satu bulan menjabat Kasek di SDN 019 ini, jadi belum tau persis soal kegiatan-kegiatan tahun 2016 yang direalisasikan di sekolah ini, termasuk soal kondisi mebeuler dan lokal yang rusak itu, nanti akan saya cek dulu apakah barang-barang itu sudah diserahterimakan ke pihak sekolah atau belum," terang Harto, Kamis (4/5/2017), saat ditemui Porosriau.com.

Kasek mengakui, jika saat ini di SDN 019 Dayun itu ada beberapa fasilitas sekolah yang mengalami kerusakan. Salahsatunya adalah bangunan teras/rabat pada lokal baru yang dibangun pada tahun 2016 lalu, serta mebeuler siswa yang disalurkan pada tahun yang sama.

"Kalau bicara soal fasilitas rusak, memang kami akui ada beberapa bagian fisik lokal yang sudah rusak, salahsatunya teras/rabat pada lokal baru itu, yang mana lantainya sudah amblas dan hancur. Menurut kami kemungkinan saat pengerjaannya kemarin timbunannya kurang padat, sehingga tanahnya turun dan lantainya pecah, oleh sebab itu kami berharap, jika proyek itu masih dalam masa pemeliharaan, kami minta pihak rekanan/kontraktor memperbaikinya, karena biasanya setiap proyek ada masa pemeliharaan selama Enam bulan," imbuh Harto.

Selain bicara soal kondisi teras/rabat dan mebeuler proyek tahun 2016 yang rusak itu, Kasek juga sempat mengeluhkan soal kondisi lantai pada ruang kelas lainnya. Yang memang sebagian besar lokal di SDN 019 Dayun masih menggunakan lantai plaster/coran biasa dan belum dipasang kramik.

"Di SDN 019 Dayun ini ada sekitar 12 lokal, yang sebagian besar lokalnya masih dengan lantai biasa (belum dikramik, red). Dan kondisinya juga sudah banyak yang pecah-pecah karena dimakan usia, oleh sebab itu kami berharap kiranya lantai-lantai yang belum dipasang kramik itu, nantinya bisa dipasang kramik oleh pihak dinas," tutupnya.

Sementara itu di tempat terpisah Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Siak H Kadri Yafis melalui Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Pengadaan Meubeler SD Dori Putra, saat dikonfirmasi awak media menyambut baik atas informasi adanya kerusakan meubeler proyek tahun 2016 di SDN 019 Dayun itu, dan akan mengajukan claim untuk garansinya.

"Terima kasih infonya, nanti akan kita inventaris untuk kita claim garansinya, karena garansi meubeler itu selama Dua tahun," jawab Dori Putra. (Atok)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Kondisi Ruang Kelas di SMPN 4 Dayun Memprihatinkan, Pemda Siak Diminta Segera Tanggap

    5 bulan lalu

    SIAK (POROSRIAU.COM) - Sejak berdiri pada tahun 2004 yang lalu, Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 4 Dayun merupakan salah satu sekolah unggulan yang ada di wilayah Kabupaten Siak. Bahkan pernah meraih sejumlah penghargaan di tingkat Kabupaten dan Kec

  • Sejumlah Jalan Di Siak Rusak, Dishub Akan Usulkan Perda "Over Load" Ke DPRD

    2 bulan lalu

    Maraknya aksi kendaraan berlebihan muatan (over load, red) yang melintas di wilayah Kabupaten Siak telah menyebabkan sejumlah ruas jalan menjadi rusak parah. Seperti yang terjadi di beberapa titik jalan poros di Kecamatan Bungaraya, Mempura, Dayun dan bah

  • Proyek Senilai Rp.600 Juta Alami Kerusakan di SMK N 1 Dayun, Kab.Siak

    tahun lalu

    DAYUN,SIAK(POROSRIAU.com) - Satu unit lokal yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) tahun 2015 lalu di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Dayun, mendapat perhatian yang cukup serius

  • Diguyur Hujan Deras, Jalan Kampung Sawit Permai Rusak Parah dan Membahayakan

    11 bulan lalu

    Pasca diguyur hujan deras, Kondisi jalan poros menuju Kampung Sawit Permai Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak mengalami kerusakan yang cukup parah, bahkan pada sejumlah titik terdapat lobang-lobang menganga yang dipenuhi genangan air dan lumpur, sehingga ber

  • Miris! Sejumlah Ruas Jalan di Solok Selatan Rusak Parah

    4 bulan lalu

    Sejumlah jalan utama atau jalan Nasional yang ada di Kabupaten Solok Selatan kondisinya sudah banyak yang rusak parah dan sangat memprihatinkan.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.