Jumat, 20 Oktober 2017
  • Home
  • Siak
  • Pelayanan di Puskesmas Siak Dinilai Kerap Kecewakan Pasien, Zulfi Mursal: Harus Cepat Dievaluasi, Bila Perlu Ganti Kadisnya
Minggu, 13 November 2016 12:28:00

Pelayanan di Puskesmas Siak Dinilai Kerap Kecewakan Pasien, Zulfi Mursal: Harus Cepat Dievaluasi, Bila Perlu Ganti Kadisnya

Oleh: Atok
Minggu, 13 November 2016 12:28:00
BAGIKAN:
Atok
Zulfi Mursal SH, Anggota Komisi IV DPRD Siak.

SIAK (POROSRIAU.COM) - Terkait adanya keluhan dan laporan masyarakat soal pelayanan kesehatan yang diberikan oleh segelintir oknum di Puskesmas Siak, sejumlah pihak angkat bicara dan menyampaikan rasa keprihatinannya. Mengingat selama ini Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak tengah berkomitmen untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Baik pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) maupun di Puskesmas-puskesmas.

Sebagaimana dikemukakan oleh salah seorang Pengurus Ormas Masyarakat Peduli Kabupaten Siak (MPKS) Datok Pribumi, dirinya menyebutkan bahwasanya saat ini telah banyak masyarakat mengeluhkan soal pelayanan yang diberikan oleh sejumlah petugas kesehatan di Puskesmas Siak. Sehingga fenomena ini dikhawatirkan nantinya bisa menyebabkan masyarakat kehilangan kepercayaan terhadap kualitas dan kuantitas para medis yang ada di Kabupaten Siak. Hingga akhirnya masyarakat lebih memilih berobat ke luar daerah.

"Beberapa waktu yang lalu, saudara saya menyampaikan kepada saya, bahwasanya pelayanan yang diberikan oleh sejumlah petugas kesehatan di Puskesmas Siak terkesan sangat mengecewakan, terutama saat melayani pasien yang datang di waktu sore hari," papar Datok Pribumi.

Atas apa yang disampaikan oleh salah seorang Pengurus Ormas MPKS itu, awak media mencoba mencari kebenarannya. Dan hal itu dibenarkan oleh Saf (35), salah seorang warga Kampung Rawang Air Putih yang belum lama ini membawa anaknya berobat di Puskesmas Siak. Dirinya mengaku kecewa atas sikap dan pelayanan yang diberikan oleh salah seorang petugas.

"Sekitar 3 hari yang lalu, saya membawa anak saya untuk berobat di Puskesmas Siak pada sore hari sekitar pukul 15:00 WIB, namun sesampainya di Puskesmas, justeru salah seorang petugas mengatakan, kenapa tidak dibawa ke sini tadi pagi pak, kalau sore gini hanya untuk pasien gawat darurat, sedangkan anak saya baru sakit pada sore itu, kan ini aneh namanya, masa' orang sakit sore disuruh bawa ke Puskesmas pagi," ujar Saf, Sabtu (12/11/2016).

Hal senada juga dikemukakan oleh salah Seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) yang enggan disebut namanya, belum lama ini ia mendatangi Puskesmas Siak untuk melakukan pemeriksaan kesehatan serta membeli obat untuk penyakitnya, namun salah seorang oknum dokter yang memeriksanya itu, justeru terkesan acuh tak acuh dalam memberikan pelayanan kepada pasien. Bahkan terkesan pilah-pilih saat hendak memberikan obat.

"Kemarin saya datang ke Puskesmas Siak untuk memeriksakan kesehatan serta membeli obat, namun kata salah seorang dokter yang memeriksa saya itu, obatnya ada tapi terbatas, dan hanya untuk pasien tertentu saja, padahal saya juga pasien, dan saya juga butuh obat itu, jika memang harus bayar untuk mendapatkan obat, ya sebaiknya bilang saja, jangan malah terkesan pilah-pilih terhadap pasien," terang salah seorang IRT yang tinggal di Kecamatan Siak tersebut, dengan nada kesal.

Atas polemik yang diduga kerap terjadi di Puskesmas Siak itu, Anggota Komisi IV DPRD Siak Zulfi Mursal menegaskan, bahwasanya kondisi tersebut harus segera disikapi secara bijak oleh Pemerintah Daerah melalui Instansi terkaitnya. Dan jangan sampai dibiarkan berlarut-larut.

"Terkait keluhan masyarakat soal pelayanan di Puskesmas Siak itu, semestinya harus segera disikapi oleh instansi terkait, jangan sampai kondisi seperti itu dibiarkan berlarut-larut. Dan Jangan sampai masyarakat yang tujuannya datang ke Puskesmas untuk sembuh dari sakitnya, justeru malah bertambah sakit (hatinya, red), karena melihat dan merasakan sistem pelayanan yang diberikan," tegas Zulfi Mursal, Ahad (13/11/2016).

Lebih lanjut Anggota Komisi IV dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu menyebutkan, dalam waktu dekat ini ia akan menyampaikan dan membicarakan prihal tersebut kepada Ketua Komisi IV DPRD Siak. Mengingat Komisi IV merupakan komisi yang membidangi masalah kesehatan di Kabupaten Siak. Guna merumuskan dan membincangkan langkah-langkah yang mesti diambil dalam menyikapi permasalahan yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan tersebut.

"Nanti akan kami sampaikan terlebih dahulu kepada Ketua Komisi IV di DPRD, terkait langkah-langkah kebijakan yang mesti diambil dalam menyikapi permasalahan yang berkaitan dengan pelayanan kesehatan di Puskesmas Siak itu. Dan menurut saya harus secepatnya dievalusi agar tidak bertambah jelek mutu pelayanannya, bila perlu ganti Kepala Dinas (Kadis) nya, jika tidak mampu membenahi apa yang selama ini dikeluhkan oleh masyarakat" tutup Zulfi Mursal. (Atok)

 

 

 Ingin berbagi artikel, opini, dan informasi lainnya silahkan kirim ke email pkuporosriau@gmail.com,  Sertakan data diri.

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Biaya Obat Dan Administrasi Dinilai Terlalu Mahal, Ini Penjelasan Dirut RSUD Siak

    2 bulan lalu

    Menanggapi hal tersebut, Direktur Utama (Dirut) RSUD Siak Benny Chairuddin menjelaskan, bahwasanya biaya berobat di RSUD Siak sudah ada ketentuannya

  • Diduga Oknum Dokter di Puskesmas Siak Acuhkan Pasien, Ini Tanggapan Kadiskes

    11 bulan lalu

    Sejumlah polemik terkait mutu dan sistem pelayanan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kabupaten Siak masih dirasakan oleh sebagian kecil masyarakat. Seperti yang terjadi belum lama ini di Puskesmas Siak.

  • RSUD Dumai Tidak Optimal Melayani Pasien BPJS

    tahun lalu

    Dumai (POROSRIAU.com) - Pasien BPJS yang rutin membayar uang iuran bulanan tidak mendapat pelayanan yang layak ketika berobat ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Dumai, harapan mendapatkan pelayanan yang baik setelah membayar iuran, pupus ketika sudah

  • Bupati Syamsuar Terima Penghargaan Inovasi Pelayanan Publik

    5 bulan lalu

    Bicara soal inovasi pelayanan publik, Kabupaten Siak sudah diakui di tingkat Nasional. Negeri Istana yang dipimpin Drs. H. Syamsuar, M.Si itu, lagi-lagi menerima penghargaan untuk ketiga kalinya masuk dalam Top 99 inovasi pelayanan publik tahun 2017. Peng

  • Alhamdulillah, Empat Dokter Spesialis Akan Didatangkan di RSUD Siak

    4 bulan lalu

    Menanggapi banyaknya keluhan pasien dan keluarga pasien yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tengku Rafi'an Kabupaten Siak. Dalam waktu dekat ini pihak RSUD akan segera mengambil kebijakan dengan melakukan penambahan tenaga medis (dokter sp

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.