Kamis, 19 Oktober 2017
  • Home
  • Siak
  • Penerima Bantuan RLH Di Kampung Sungai Tengah Dibebankan Tanah Timbun, Kok bisa Ya?
Minggu, 08 Oktober 2017 08:10:00

Penerima Bantuan RLH Di Kampung Sungai Tengah Dibebankan Tanah Timbun, Kok bisa Ya?

Oleh: KOKO
Minggu, 08 Oktober 2017 08:10:00
BAGIKAN:
Program bantuan Rumah Layak Huni di Kampung Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak.(foto/Koko)

SIAK (POROSRIAU. COM) - Program bantuan Rumah Layak Huni (RLH) di Kampung Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh, Kabupaten Siak menuai kritikan tajam dari masyarakat. Pasalnya, dari besaran anggaran yang dikucurkan untuk RLH tersebut, penerima bantuan masih terbebani dengan mengeluarkan anggaran yang digunakan untuk yang lain. 

Seperti yang dikeluhkan Rafi Arifin, warga dusun Mekar Jaya Rt 03 Kampung Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh kepada POROSRIAU.COM Sabtu (07/10/2017) sore dikediamannya. Rafi mengatakan, pada pekerjaan Rumah Layak Huni miliknya itu, ia harus membeli Angkong/gerobak sorong dan menyediakan tanah timbun. 

"Untuk pembangunan rumah bantuan ini saya beli sendiri angkongnya mas. Selain itu, saya juga beli ember 2 buah dan timbunannyapun saya sendiri. Kalau ember gak seberapalah mas, tapi yang berat bagi saya angkong dan timbunan yang berat mas, untung galian dekat rumah dekat rumah yang saya gunakan, kalau sempat beli tanah timbun berapa duit mas," kata Rafi Arifin.  

Sementara itu Mistam, Bendahara pelaksana pembangunan RLH itu mengatakan, untuk masalah penimbunan memang ada anjuran dari pihak pusat agar masalah tanah timbun yang menyediakan pihak penerima. Dengan alasan agar pekerjaan itu cepet selesai. 

"Dari pusat memang menganjurkan  agar masalah penimbunan pihak penerima yang menyediakan, dengan tujuan agar cepat selesai," katanya. 

Lebih jauh Mistam menjelaskan, sebelumnya sudah dilakukan rapat terlebih dahulu dengan pihak penerima bantuan tersebut dan mereka tidak keberatan. Ia juga mengatakan, untuk tanah timbun dan gerobak sorong tidak tertuang dalam RAB. 

"Sebelum pekerjaan dilaksanakan, kita sudah melakukan pertemuan atau rapat kepada pihak penerima terkait masalah tanah timbun, dan hasilnya mereka semua sudah setuju dan siap menyediakannya. Dari anggaran Rp 50 juta/unit dalam Rencana Anggaran Belanja (RAB) memang tidak tertuang masalah anggaran Gerobak sorong dan tanah timbun," terangnya. 

Di lain pihak, Istadi Ketua Kelompok Masyarakat (Pokmas) pekerjaan RLH itu, ketika dikonfirmasi POROSRIAU.COM melalui saluran telepon genggamnya mengatakan, untuk tanah timbun tidak ada paksaan kepada pihak penerima untuk menyediakannya.

"Kita tidak pernah memaksa kepada masyarakat yang mendapatkan bantuan RLH untuk menyediakan tanah timbunnya. Namun, sesuai hasil rapat mereka sanggup bantu masalah tanah timbunnya," kata Istadi. 

Ketika ditanya terkait RAB Istadi berkilah bahwa dirinya tidak memegang bukti RAB untuk pekerjaan RLH tersebut. 

"Kalau masalah RAB saya tidak megang mas, yang megang orang PU Provinsi langsung," pungkasnya. (koko)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Tahun Ini 166 Unit RSLH Dan 260 Unit BSPS Dibangun Di Siak

    4 minggu lalu

    Angin segar menerpa ratusan warga (keluarga kurang mampu, red) yang ada di sejumlah kecamatan di Kabupaten Siak. Pasalnya pada tahun 2017 ini Pemerintah akan segera merealisasikan pembangunan Rumah Sehat Layak Huni (RSLH) dan Bantuan Stimulan Perumahan Sw

  • Penghulu Kampung Sungai Tengah: Semua Itu Akan Saya Pertanggung Jawabkan

    9 bulan lalu

    SIAK(POROSRIAU.COM)-- Pembangunan Kantor Madrasah Diniyah Awaliah (MDA) Al-Hidayah Rt 02/ Rw 01 Dusun Seroja,kampung Sungai Tengah, Kecamatan Sabak Auh, kabupaten Siak yang bersumber dari anggaran APBN tahun 2016 belum rampung dikerjakan oleh Pemerintah K

  • Tahun Ini Sekitar 382 Warga Miskin di Siak Akan Terima Bantuan Rumah Swadaya

    9 bulan lalu

    SIAK (POROSRIAU.COM) - Program bantuan rumah swadaya yang telah disalurkan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau pada tahun 2016 lalu, dikabarkan akan kembali dikucurkan ke sejumlah daerah di Kabupaten Siak. Sebagaimana dikemukakan oleh Kepala Bidang Pe

  • Program Bantuan Rumah Swadaya di Siak Diharapkan Tepat Sasaran

    9 bulan lalu

    SIAK (POROSRIAU.COM) - Terkait telah direalisasikannya program bantuan rumah swadaya di Kabupaten Siak oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau pada tahun 2016 lalu, sebagian besar masyarakat (penerima, red) mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih kep

  • Selain Irit Biaya, Menggunakan Alat Tradisional Hasilnya Diyakini Lebih Bagus

    satu bulan lalu

    Sementara sang kerbau yang tengah berbadan dua, dengan santai dan pelan berjalan sambil memakan bekas jerami sawah, yang merupakan makanan favoritnya.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.