Kamis, 19 Oktober 2017
  • Home
  • Siak
  • Peringati I Muharam, Warga Dusun Endang Darma Gelar Tasyakuran
Jumat, 06 Oktober 2017 17:21:00

Peringati I Muharam, Warga Dusun Endang Darma Gelar Tasyakuran

Oleh: KOKO
Jumat, 06 Oktober 2017 17:21:00
BAGIKAN:
Warga Dusun Endang Darma Gelar Tasyakuran.(foto/Koko)

SIAK (POROSRIAU.COM) - Banyak cara yang dilakukan oleh masyarakat di Negara Indonesia untuk memperingati I Muharam atau yang dalam bahasa Jawanya I Suro. Seperti yang ada di dusun Endang Darma, Kampung Bungaraya, Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak ini, masyarakat di dusun tersebut memperingatinya dengan menggelar syukuran yang dilengkapi dengan hiburan khas kesenian Jaranan atau Kuda lumping. 

Hal itu diungkapkan Farid Indrawahyudi Penghulu Kampung Bungaraya Jum'at (06/10/2017), dikatakannya, kegiatan yang ada di dusun itu merupakan agenda rutin yang digelar pada setiap tahunnya. 

"Kegiatan di dusun Endang Darma ini merupakan sebuah kegiatan rutin yang digelar setiap tahunnya. Tidak lupa juga untuk meramaikannya masyarakat juga menampilkan seni budaya yang ada yaitu paguyuban Kesenian Jaranan Puja Kusuma," terang Farid. 

Farid juga mengatakan, digelarnya acara itu sekaligus untuk melakukan doa bersama turun sawah. Ia juga berharap, agar masyarakat yang belum bisa ikut berpartisipasi pada acara kali ini, untuk tahun depan seluruh masyarakat yang ada dapat bergabung bersama. 

"Selain memperingati I Muharam atau Suran, kita juga menggelar doa turun sawah yang mana sebentar lagi masyarakat yang ada di Bungaraya ini melaksanakan tanam padi. Untuk itu saya selaku Pemerintah Kampung mengharap kepada seluruh masyarakat baik sudah ikut atau yang belum agar kiranya tahun depan dapat bergabung bersama-sama di acara seperti ini," lanjutnya. 

Sementara itu, Camat Bungaraya Hendy Derhavin melalui Sekretaris Kecamatan Bungaraya Amin Soimin mengatakan, saat ini Kampung Bungaraya sudah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alam Raya Bertuah Kampung Bungaraya dan sudah di SK kan oleh Penghulu. 

"Saat ini Kampung Bungaraya yang sudah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Alam Raya Bertuah Kampung Bungaraya, dan mereka sudah di SK kan oleh Penghulu," kata Amin. 

Lebih jauh Amin Soimin menjelaskan, bahwa agro Wisata yang ada di Bungaraya sebagai bentuk dukungan Visi Kabupaten Siak sebagai Destinasi Wisata yang unggul di Provinsi Riau. 

"Agro Wisata yang ada di Kecamatan Bungaraya merupakan bentuk dukungan kita terhadap Visi Kabupaten Siak sebagai Destinasi Wisata yang unggul di Provinsi Riau. Segingga, apa yang menjadi harapan Kabupaten Siak dapat terwujud," pungkasnya. 

Pantauan di lapangan, seluruh masyarakat yang hadir sangat antusias dengan membawa hidangan Nasi Tumpeng. Turut hadir dalam acara itu, Camat Bungaraya yang diwakili oleh Sekcam Bungaraya Amin Soimin, Kapolsek Bungaraya yang diwakili oleh Bhabinkamtibmas Bungaraya Brigadir Feri Dianto dan Brigadir Riyan Haprid, dari TNI AD Serka Adam Bahmi, Penghulu Kampung Bungaraya Farid Indra Wahyudi, Stikes Hantuah Pekanbaru Mila Febriani dan Alfin Anggriadi dan Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Adat yang ada di dusun tersebut. (koko)  

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Pemerintah Bengkalis akan menggelar Apel Nusantara Bersatu

    11 bulan lalu

    Dalam rangka mempererat persatuan dan kesatuan bangsa yang saat ini seakan terancam dan menjadi isu Nasional, Pemerintah Kabupaten Bengkalis menggelar Apel Nusantara Bersatu, di Lapangan Tugu Bengkalis, Rabu (30/11/2016) mendatang.

  • Simpan Ganja Dalam Jok Motor, Pemuda Penganguran Dibekuk Polisi

    8 bulan lalu

    SIAK(POROSRIAU.COM)--Edarkan Ganja, RB (20thn) warga dusun Darma Sakti Kampung Buatan II Kecamatan Koto Gasib Kabupaten Siak Provinsi Riau dibekuk aparat Polsek Koto Gasib senin (27/02/2017).

  • Tiga Kawanan Spesialis Curanmor Berhasil Dibekuk Polres Rohul

    3 bulan lalu

    Tim Opsnal Reserse Kriminal (Reskrim) Polres Rokan Hulu (Rohul) bersama Polsek Rambah berhasil membekuk Tiga kawanan spesialis pencurian kenderaan bermotor (curanmor) yang sudah berkali-kali beroperasi di wilayah Rokan Hulu.

  • Bentrok Sengketa Lahan, 1 Unit Honda Jazz Jadi Korban

    tahun lalu

    Warga Desa Sikijang, Kecamatan Tapung Hilir bakar satu unit mobil Honda Jazz berwarna silver bernomor polisi BM 1538 ZQ milik Roni (33), sekiranya pukul 09.00 Wib, Selasa (26/7).

  • Pulau Rupat Dikapling-Kapling Pengusaha

    tahun lalu

    Ah Kam, pria asli Rupat yang berdomisili di kota Dumai diduga kuat memiliki lahan perkebunan kelapa sawit dan karet mencapai 1.000 hektar berlokasi di Dusun I RT 03/RW 01 desa Dungun Baru

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.