Senin, 20 November 2017
  • Home
  • Siak
  • Petani Di Bunga Raya Kesulitan Dapatkan Pupuk SP36 Dan Phonska
Rabu, 08 November 2017 06:51:00

Petani Di Bunga Raya Kesulitan Dapatkan Pupuk SP36 Dan Phonska

Oleh: KOKO
Rabu, 08 November 2017 06:51:00
BAGIKAN:
Ilustrasi.(Foto/Int)

SIAK(POROSRAU.COM)--Setelah melakukan penanaman padi beberapa minggu lalu, kini padi tersebut saatnya mendapatkan perawatan pemupukan agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan petani di Kecamatan Bungaraya, Kabupaten Siak, Provinsi Riau ini terasa sulit. Hal itu diakibatkannya beberapa pengecer yang menyediakan kebutuhan petani itu sudah mengundurkan diri.

“Sekarang ini kami mau melakukan pemupukan untuk tanaman padi, tapi untuk mendapatkan pupuk jenis SP36 dan Phonska susah mas. Makanya, kami bertanya-tanya, apakah gak ada yang jual pupuk tersebut di Bungaraya ini,” ungkap petani Bungaraya yang enggan dituliskan namanya kepada POROSRIAU.COM Selasa (07/11/2017) di pematang sawah miliknya.

Sementara itu Rusnata, Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Kampung Jayapura mengatakan untuk saat ini kebutuhan pupuk berjenis SP36 dan Phonska di wilayahnya masih cukup.

“Kalau di Jayapura saat ini masih ada sekitar 5 ton lagi pupuk SP36, tapi untuk pupuk jenis phonska masih 20 sak, yang jelas kalau saat ini untuk kebutuhan kelompok di sini masih aman mas,” kata Rusnata ketua Gakpoktan Kampung Jayapura melalui saluran telefon genggamnya.

Di tempat terpisah, Budiman Shafari, Kepala Dinas Pertanian Dan Holtikultara Kabupaten Siak melalui via sms pribadinya mengatakan, kondisi saat ini kebutuhan pupuk di beberapa kampung masih aman.

“Untuk kebutuhan Pupuk SP36 dan Phonska di Kampung Bungaraya dan Buantan Lestari masih aman dan cukup, dan kalau untuk pupuk urea akan masuk lagi pada tanggal 10 nanti,” terangnya.

Namun, saat ditanya terkait untuk wilayah Kampung selain yang disebutkannya itu, ia minta waktu untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu melalui stafnya.

“Kalau untuk masalah adanya informasi pengecer yang sudah mengundurkan diri sebagai pengecer, saya akan melakukan pengecekan dulu besok melalui staf yang menangani masalah itu. Karena saat ini saya masih sibuk, besoklah ya,” pungkas Budiman. (Koko)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Maksimalkan Program Cetak Sawah, Dinas Pertanian Meranti Dan Koramil Rapat Bersama PPL Dan Gapoktan

    satu bulan lalu

    Kerjasama Kementrian Pertanian dengan TNI terkait swasembada pangan melalui program cetak sawah baru khususnya diwilayah Kabupaten Kepulauan Meranti, telah membuahkan hasil, terlihat jelas pada saat pelaksanaan panen raya beberapa waktu lalu.

  • Camat Bunga Raya Gelar Acara Pelepasan

    tahun lalu

    Tim peserta lomba cerdas cermat‎ Keluarga Sadar Hukum(Kadarkum) Kecamatan Bungaraya resmi dilepas oleh Camat Bungaraya, Dicky Sofyan untuk mengikuti lomba tingkat nasional, Selasa(26/07/2016) di aula Jaya Perkasa.

  • Hasil Panen Meningkat, Bupati Yopi Apresiasi Kerja Keras petani

    tahun lalu

    Bupati Inhu H Yopi Arianto melakukan panen raya padi, sawah Kelompok Tani Makmur Bersama Desa Teluk Sejuah, Kecamatan Kelayang, Kamis (28/7). Tahun ini hasil panen padi diatas areal seluas 148 hektare mengalami peningkatan yang cukup drastis.

  • Dinas Koperasi Kampar Didemo Koperasi Petani Sawit

    tahun lalu

    Ratusan anggota koperasi sawit makmur dari Desa Pangkalan Baru, Kecamatan Siak Hulu mendatangi kantor dinas koperasi untuk melakukan demo meminta dinas koperasi memecat Mustakin sebagai ketua koperasi Petani Sawit Makmur. Senin (31/10/2016).

  • Replanting Kebun Sawit Dan Karet Janji Politik Zulher Dasril

    tahun lalu

    Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Kampar Drs H Zulher MS dan Dasril Affandi SH MH menjadikan masa kampanye menjadi ajang berdialog dan menawarkan solusi bagi permasalahan yang ada ditengah masyarakat kampar.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.