Minggu, 19 November 2017
  • Home
  • Siak
  • Sejumlah Proyek APBD 2016 di Siak, Akan Dibayar Pada Tahun 2017, Ada Apa?
Rabu, 28 Desember 2016 21:37:00

Sejumlah Proyek APBD 2016 di Siak, Akan Dibayar Pada Tahun 2017, Ada Apa?

Oleh: Atok
Rabu, 28 Desember 2016 21:37:00
BAGIKAN:
Atok
Gedung kuliah Akademi Komunitas Negeri (AKN) Siak di Kecamatan Mempura.

SIAK (POROSRIAU.COM) - Terkait bobroknya kondisi keuangan yang dialami oleh Bangsa Indonesia, sejumlah daerah Kabupaten/Kota di Tanah Air juga harus menanggung akibatnya. Seperti yang dialami oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak. Yang mana sejumlah kegiatan (proyek, red) tahun 2016 yang telah direalisasikan oleh Pemda Siak melalui Instansi terkait, terpaksa harus ditunda pembayarannya hingga tahun 2017 mendatang, sehingga fenomena tersebut membuat sebagian besar kontraktor (pelaksana proyek, red) galau dan mengelus dada.

Bahkan, saking parahnya kondisi keuangan Negara saat ini, dikabarkan Pemerintah Pusat masih memiliki tanggungan hutang tahun 2015 sebesar kurang lebih Rp200 miliar kepada Pemda Siak, yang sampai hari ini belum ditransfer ke daerah.

Berdasarkan hasil penelusuran dan informasi yang diterima Porosriau.com, menjelang akhir tahun 2016 ini, sejumlah kegiatan proyek fisik di Kabupaten Siak terlihat sudah rampung 100 Persen, seperti pembangunan gedung kuliah Akademi Komunitas Negeri (AKN) Siak di Kecamatan Mempura, serta sejumlah proyek pembangunan lainnya yang ada di sekitar Kota Siak Sri Indrapura. Namun sejumlah proyek tersebut baru akan dibayar oleh Pemda pada tahun 2017 mendatang.

Sebagaimana dikemukakan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Siak H Kadri Yafis MPd, melalui Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Pembangunan Gedung AKN Siak Ardhian Abdullah, dirinya menyebutkan bahwasanya pembangunan gedung kuliah AKN yang direalisasikan oleh Disdikbud Siak, telah rampung dikerjakan oleh pihak rekanan (Kontraktor pelaksana, red). Namun, pembayaran untuk kegiatan tersebut baru akan dibayarkan pada tahun depan.

"Alhamdulillah, proyek pembangunan gedung kuliah AKN Siak tahun 2016 telah rampung 100 Persen, namun pembayarannya ditunda hingga tahun 2017 mendatang, hal ini disebabkan karena Pemda Siak memang belum punya duit untuk membayarnya," terang Ardhian, Rabu (28/12/2016).

Terkait telah rampungnya pembangunan gedung kuliah AKN di Kecamatan Mempura itu, Ketua Komisi 1 DPRD Siak Sujarwo angkat bicara, dan berharap kiranya keberadaan gedung tersebut nantinya bisa segera difungsikan. Sehingga keberadaannya akan memberikan dampak positif bagi kemajuan dunia pendidikan di Kabupaten Siak.

"Tahun ini Pemda Siak melalui Disdikbud telah melanjutkan pembangunan untuk ruang kuliah di AKN Siak itu, dan pembangunannya pun telah rampung 100 Persen, namun tentunya masih banyak fasilitas yang kurang, seperti fasilitas ruang labor, karena di AKN itu para mahasiswa akan banyak menjalani kegiatan praktek. Sedangkan yang sudah dibangun baru ruang kantor dan ruang kuliahnya saja, semoga di tahun 2017 mendatang bisa dilanjutkan lagi penambahan fasilitas yang dibutuhkan di sana," terang Sujarwo.

Selain proyek pembangunan gedung kuliah AKN yang direalisasikan oleh Disdikbud Siak itu, sejumlah proyek fisik di Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) Kabupaten Siak juga dipastikan baru akan dibayar pada tahun 2017 mendatang. Sebagaimana dijelaskan oleh Kepala Dinas BMP Siak Irving Kahar Arifin, melalui Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Ardi Irfandi.

"Untuk sejumlah kegiatan fisik di Dinas BMP, (khususnya di Bidang Bina Marga, red) pembayarannya memang baru akan dibayarkan pada tahun 2017 mendatang, seperti kegiatan-kegiatan peningkatan jalan (pengaspalan dan pengebasean, red), namun untuk kegiatan yang sifatnya melibatkan para BHL (swakelola, red), akan diupayakan bisa langsung dibayarkan pada tahun ini," papar Ardi Irfandi. (Atok)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Ardi Irfandi: Tahun Ini di Bidang Bina Marga Tidak Ada Kegiatan yang Bersumber Dari APBD

    10 bulan lalu

    SIAK (POROSRIAU.COM) - Menurunnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Siak tahun 2017, berpotensi akan menyebabkan sejumlah kegiatan/proyek di Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP) Kabupaten Siak turut mengalami penurunan. Salah satunya

  • Proyek BLH Siak Tahun 2016 di Kecamatan Mempura Ini Dipertanyakan!

    5 bulan lalu

    Pantauan awak media di lapangan, kondisi bangunan yang konon akan dijadikan sebagai Bank Sampah di Kecamatan Mempura itu, saat ini sudah mengalami sedikit kerusakan.

  • Proyek Senilai Rp.600 Juta Alami Kerusakan di SMK N 1 Dayun, Kab.Siak

    tahun lalu

    DAYUN,SIAK(POROSRIAU.com) - Satu unit lokal yang dibangun oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) tahun 2015 lalu di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Dayun, mendapat perhatian yang cukup serius

  • Waduh! Halaman Sekolah di Tengah Ibukota Kabupaten Siak Ini Masih Kerap Kebanjiran

    12 bulan lalu

    Meskipun Kabupaten Siak disebut-sebut sebagai daerah yang memiliki Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) cukup besar di wilayah Provinsi Riau. Namun realita miris (memilukan, red) masih bisa kita temui di sejumlah sekolah yang ada di tengah Ibukot

  • Alhamdulillah, Tahap Penyelesaian Gedung Mewah di Siak Ini Hampir Rampung

    12 bulan lalu

    Proyek lanjutan pengerjaan pengembangan Kantor Bupati Siak yang dikerjakan pada tahun 2016 ini sudah hampir rampung 100 Persen. Yang mana saat ini pengerjaan interior dan landscapenya diperkirakan sudah mencapai sekitar 90 Persen.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.