Minggu, 19 November 2017
  • Home
  • Siak
  • Tak Kunjung Difungsikan, Nasib Pasar Tualang KM 2 Menunggu Kepastian
Kamis, 14 September 2017 17:31:00

Tak Kunjung Difungsikan, Nasib Pasar Tualang KM 2 Menunggu Kepastian

Oleh: Atok
Kamis, 14 September 2017 17:31:00
BAGIKAN:
Pasar Tualang KM 2 yang dibangun pada tahun 2016 lalu. (foto/Atok)

SIAK (POROSRIAU.COM) - Pasar Kecamatan Tualang yang dibangun oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak melalui Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan (DPKP) pada tahun 2016 lalu, sampai hari ini tak kunjung difungsikan, sehingga dikhawatirkan Pasar tersebut nantinya akan menjadi Pasar Sepi (kurang diminati pedagang, red) seperti Pasar Tuah Sekato yang ada di Kecamatan Mempura.

Pantauan Porosriau.com di lapangan, saat ini kondisi sebagian fasilitas Pasar Tualang KM 2 yang berlokasi di Kampung Pinang Sebatang itu tampak memprihatinkan akibat sudah mulai mengalami sedikit kerusakan dan terkesan kurang terawat.

Terutama pada bagian pemasangan saklar listrik (tombol kontak, red) pada sejumlah tiang yang tampak sudah pecah-pecah, serta kondisi lantai (kramiknya, red) yang tampak kumuh. Begitu juga dengan kondisi sejumlah kran air yang tampak sudah tidak lagi terpasang, entah karena belum dipasang atau memang sudah tidak ada (lepas, red).

Berdasarkan Pengumuman yang tertera di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kabupaten Siak tahun anggaran 2016. Untuk proyek pembangunan/peningkatan sarana dan prasarana Pasar Kecamatan Tualang itu telah dialokasikan anggaran sebesar Rp942.633.000 oleh DPKP Kabupaten Siak melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat. Ditambah lagi dengan biaya Pengawasan dan Perencanaan yang diperkirakan mencapai hingga puluhan juta rupiah.

Saat dikonfirmasi awak media, Penghulu Kampung Pinang Sebatang Bambang Saputra mengemukakan, bahwasanya pasar yang berada di kampungnya itu sampai hari ini memang belum difungsikan.

"Iya, pasar itu sampai sekarang belum difungsikan, karena belum diresmikan, dan kalau masalah kondisi alhamdulillah aman," papar Bambang Saputra.

Penghulu Kampung Pinang Sebatang Kecamatan Tualang itu juga berharap, semoga keberadaan pasar yang dibangun oleh Pemda Siak di kampungnya itu nantinya bisa meningkatkan perekonomian masyarakat.

Berdasarkan informasi yang diterima awak media, pada tahun 2017 ini Pemda Siak melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Kabupaten Siak kembali mengucurkan anggaran sebesar Rp190 juta lebih, untuk biaya pekerjaan/penyedia base jalan masuk menuju ke lokasi Pasar Tualang tersebut.

Hingga berita ini dirilis, belum diketahui secara pasti kapan Pasar Tualang KM 2 itu akan dioperasikan (difungsikan, red) untuk kemaslahatan masyarakat banyak. Mengingat telah banyak anggaran/dana yang telah dikucurkan untuk pembangunan pasar di Kecamatan Tualang itu.

Bahkan, saat dikonfirmasi Porosriau.com, Mantan Kepala Dinas Pasar Kebersihan dan Pertamanan (DPKP) yang kini menjabat selaku Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Siak H Wan Ibrahim ST MT, juga mengaku tidak tau persis kapan Pasar Tualang itu akan diresmikan dan difungsikan, dengan alasan pasar tersebut saat ini sudah diserahkan kepada pihak Pemerintah Kampung (Pemkam) setempat.

"Pasar itu sudah diserahkan ke Penghulu Kampung setempat, tolong tanya sama Penghulunya. Dan pada tahun 2017 ini jalan masuk menuju ke pasar itu juga sudah dibase," jawab Wan Ibrahim, Kamis (14/9/2017), saat dikonfirmasi Porosriau.com. (Atok)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Mendaftar Ke KPU Kampar, Azis - Catur berangkat Dari Mesjid

    tahun lalu

    Bangkinang(POROSRIAU.com) - Pasangan bakal calon Bupati Dan wakil Bupati Kampar 2017 -2022 Azis Zainal - Catur Sugeng akan Deklarasi di taman kota Bangkinang dan setelah itu akan di lanjutkan pendaftaran ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kampar pada R

  • Waduh! Penyelesaian Gedung Serbaguna Kampung Sawit Permai Siak Terkendala ADD

    tahun lalu

    Pembangunan Gedung Serbaguna di Kampung Sawit Permai Kecamatan Dayun Kabupaten Siak, yang pengerjaannya dimulai pada tahun 2015 lalu, sampai saat ini tak kunjung terselesaikan. Sehingga muncul berbagai pertanyaan dan anggapan dari sejumlah pihak, termasuk

  • Gara-gara Izin Ekspor, Nasib Freeport Tahun Ini di Ujung Tanduk

    11 bulan lalu

    POROSRIAU.COM-- Pemerintah tengah berjuang untuk meningkatkan nilai tambah hasil mineral dalam negeri. Salah satunya, dengan meminta perusahaan tambang yang beroperasi di dalam negeri harus mengolah mineral melalui pabrik pengolahan dan pemurnian atau sme

  • 1.300 ASN Pemprov Menunggu Nasib

    10 bulan lalu

    PEKANBARU(POROSRIAU.COM) - Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tengah menunggu kepastian kelanjutan nasibnya dalam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) baru 2017.

  • 4 Tahun Terkatung-katung, Pemko Serahkan Pembangunan Pasar Cik Puan ke Swasta?

    10 bulan lalu

    PEKANBARU(POROSRIAU.COM)-- Beberapa kali telah terjadi Wan prestasi pengelolaan sampah di Pekanbaru, lagi-lagi Pemerintah Kota (Pemko) memilih menentukan nasib pasar cikpuan karena sampai saat ini masih belum jelas duduk kelanjutan pembangunannya.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.