Kamis, 19 Oktober 2017
  • Home
  • Siak
  • Waduh! Penyelesaian Gedung Serbaguna Kampung Sawit Permai Siak Terkendala ADD
Sabtu, 05 November 2016 10:56:00

Waduh! Penyelesaian Gedung Serbaguna Kampung Sawit Permai Siak Terkendala ADD

Oleh: Atok
Sabtu, 05 November 2016 10:56:00
BAGIKAN:
Atok
Gedung Serbaguna Kampung Sawit Permai.

SIAK (POROSRIAU.COM) - Pembangunan Gedung Serbaguna di Kampung Sawit Permai Kecamatan Dayun Kabupaten Siak, yang pengerjaannya dimulai pada tahun 2015 lalu, sampai saat ini tak kunjung terselesaikan. Sehingga muncul berbagai pertanyaan dan anggapan dari sejumlah pihak, termasuk awak media yang senantiasa melakukan kontrol sosial di tengah masyarakat.

Pantauan awak media di lapangan. Saat ini kondisi bangunan gedung Serbaguna tersebut diperkirakan baru selesai sekitar 60 Persen. Dan masih butuh pengerjaan sekitar 40 Persen lagi untuk tahap penyelesaiannya. Namun belum bisa dipastikan apakah tahun ini Pemerintah Kampung (Pemkam) setempat akan segera menyelesaikannya atau tidak. Mengingat kondisi keuangan masih belum jelas.

Sebagaimana dikemukakan oleh Penghulu Kampung Sawit Permai Sadikin, untuk penyelesaian bangunan gedung Serbaguna yang terdapat di kampungnya itu, pihaknya masih menunggu proses pencairan Alokasi Dana Desa (ADD) Kabupaten Siak tahun 2016. Yang sampai hari ini belum ada kepastian kapan ADD itu bisa dicairkan.

"Pembangunan Gedung Serbaguna itu kami mulai pada tahun 2015 lalu melalui dana ADD, yang rencananya pada tahun ini akan kami lanjutkan pengerjaannya melalui dana ADD Kabupaten Siak tahun 2016, tapi karena sampai sekarang dana itu tak kunjung cair, maka kami belum bisa memastikannya," terang Sadikin, belum lama ini.

Dikatakannya juga, bahwasanya biaya untuk pengerjaan awal (tahap 1, red) tahun 2015 lalu, pihak Pemkam Sawit Permai telah mengucurkan anggaran sekitar hampir Rp200 juta. Yang pengerjaannya baru sampai pada tahap penimbunan lantai dan pemasangan batubata (dinding, red). Sedangkan pada pengerjaan bagian atas (atap, red) rencananya tahun ini baru akan dilaksanakan.

"Secara Persentase, pengerjaannya baru mencapai sekitar 60 Persen, sehingga masih dibutuhkan sekitar 40 Persen lagi untuk tahap penyelesaiannya. Dan sesuai rencana tahun ini kami akan mengejar pengerjaan bagian atas/atap, untuk menjaga kondisi kongsen agar tidak lapuk akibat terkena hujan panas. Adapun untuk pengerjaan tahap awal kemarin (2015, red) sudah menelan anggaran sekitar hampir Rp200 juta," imbuhnya.

Lebih lanjut Sadikin menjelaskan, Gedung Serbaguna yang dibangun di kampungnya itu berukuran 10 X 20 Meter/segi, yang nantinya akan dipergunakan untuk keperluan berbagai kegiatan. Mengingat selama ini di Kampung Sawit Permai memang belum tersedia Gedung Serbaguna. Sehingga aparat kampung setempat kerap merasa kerepotan saat akan menggelar suatu kegiatan yang berkenaan dengan masyarakat banyak. (Atok)

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Habiskan Ratusan Juta, Pembangunan Gedung Serbaguna Belum Selesai

    tahun lalu

    DAYUN,SIAK (POROSRIAU.com) - Pemerintah Kampung (Pemkam) Merangkai Kecamatan Dayun Kabupaten Siak, telah membangun sebuah gedung serbaguna dengan anggaran Alokasi Dana Kampung (ADK) sejak tahun 2015 lalu. Namun sampai hari ini gedung tersebut belum tersel

  • Mulai Hari Ini PLN Kembali Lakukan Pemadaman Bergilir, Berikut Jadwalnya

    2 hari lalu

    PT PLN Persero kembali akan melakukan pemadaman listrik bergilir. Pemadaman ini akan dilakukan dari Senin (16/10/2017) hingga Sabtu (21/10/2017).

  • Waduh! Oknum Kades di Siak Diduga Jual Lahan Masyarakat Tanpa Persetujuan Pemilik

    12 bulan lalu

    Lahan perkebunan masyarakat seluas sekitar 200 Hektare yang terdapat di wilayah Kampung Kayu Ara Permai Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak, sampai hari ini masih menyimpan polemik dan misteri.

  • Diguyur Hujan Deras, Jalan Kampung Sawit Permai Rusak Parah dan Membahayakan

    12 bulan lalu

    Pasca diguyur hujan deras, Kondisi jalan poros menuju Kampung Sawit Permai Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak mengalami kerusakan yang cukup parah, bahkan pada sejumlah titik terdapat lobang-lobang menganga yang dipenuhi genangan air dan lumpur, sehingga ber

  • Proyek Fisik di Dinas BMP Siak Sudah Mencapai 98 Persen

    11 bulan lalu

    Hingga memasuki awal Desember 2016. Sejumlah proyek fisik yang direalisasikan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak melalui Dinas Bina Marga dan Pengairan (BMP), secara keseluruhan tahap penyelesaiannya sudah mencapai sekitar 98 Persen. Seperti pr

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.