Selasa, 03 Agustus 2021
  • Home
  • BENGKALIS
  • Bupati Amril Lantik Pimpinan Baznas Kabupaten Bengkalis
Senin, 13 Februari 2017 14:41:00

Bupati Amril Lantik Pimpinan Baznas Kabupaten Bengkalis

Oleh: dery
Senin, 13 Februari 2017 14:41:00
BAGIKAN:
dery
Mukminin, saat melantik empat pimpinan Baznas Kabupaten Bengkalis periode 2017-2022.

BENGKALIS(POROSRIAU.COM)-- Bupati Bengkalis, Amril Mukminin mengucapkan tahniah kepada pimpinan Baznas Kabupaten Bengkalis terpilih periode 2017-2022. Ia berharap dengan kepemimpinan yang baru, eksistensi Baznas lebih menigkat lagi, sehingga keberadaanya senantiasa dapat dirasakan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Bengkalis.
 

Hal itu disampaikannya saat melantik empat pimpinan Baznas Kabupaten Bengkalis periode 2017-2022, Senin (13/2/2017), bertempat di Balai Kerapatan Adat Wisma Daerah Kabupaten Bengkalis.

Adapun keempat pimpinan Baznas yang baru dilantik tersebut, antara lain; H Ali Ambar, selaku ketua, Rudi Iskandar, selaku wakil ketua I, Zulkifli, wakil ketua II dan Suhaili selaku wakil ketua III.

Menurut Amril, Zakat merupakan kunci dalam menumbuhkan dan meningkatkan perekonomian, zakat selain dapat membantu beban pemerintah dalam menangani masalah-masalah sosial, secara tidak langsung dapat membantu APBN dan APBD, hasil kajian menunjukkan bahwa secara umum lahirnya undang undang nomor 23 tahun 2011 tentang pengelolaan zakat sangat berperan dalam pengembangan dan pemberdayaan zakat.

“Keberadaan Baznas sebagai lembaga pemerintah nonstruktural di bawah naungan kementerian agama, merupakan instrument untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi pelayanan dalam pengelolaan zakat yang dikeluarkan masyarakat khususnya umat Islam, serta meningkatkan manfaat zakat untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sekaligus penanggulangan kemiskinan di Negeri Junjungan,” ujar  mantan Kepala Desa Muasa Basung, Kecamatan Pinggir.
 

Lebih lanjut Amril menjelaskan, ada empat  faktor yang  menurutnya dapat mendukung keberhasilan dari zakat, yaitu, pertama regulator. Pemerintah sudah cukup banyak dan lengkap mulai dari Undang-Undang, Peraturan Pemerintah, Instruksi Presiden hingga Peraturan Badan Amil Zakat Nasional. Kedua, motivator, Kementerian Agama harus jadi motor penggerak dari gerakan sadar zakat ini, ketiga, koordinator.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa pengurus Baznas merupakan koordinator dalam hal pengumpulan zakat dan pendistribusiannya. Keempat, fasilitator. Dalam hal ini Pemerintah Daerah Kabupaten Bengkalis sudah memberikan banyak fasilitas kepada Baznas Kabupaten Bengkalis seperti kantor, kendaraan, dana operasional dan sebagainya.
 

Pada kesempatan itu, Bupati Amril juga menyambut baik dan akan mempelajari lebih lanjut sistem yang dikemukakan Azwar Aziz, selaku Ketua I Baznas Provinsi Riau, bahwa dalam pengumpulan zakat, bagi pimpinan dan karyawan-karyawati pada instansi pemerintah dan swasta, dilakukan melalui pemotongan.

Azwar Aziz sangat mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Bengkalis, karena dari 12 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Riau, baru pertama kali pelantikan Pimpinan Baznas dilakukan oleh seorang Kepala Daerah dalam hal ini Bupati Bengkalis.

Selain Bupati Bengkalis, tampak hadir dalam acarapelantikan tersebut, Kapolres Bengkalis AKBP Hadi Wicaksono, Dandim 0303/Bengkalis, Rizal Faizal Helmi, perwakilan Kajari Bengkalis, perwakilan Kemenang Bengkalis, Ketua MUI Bengkalis Amrizal, Ketua LAM Riau Bengkalis, T Zainuddin Yusuf, Ketua I Baznas Propinsi Riau, Azwar Aziz, Pimpinan Baznas Kabupaten Siak, Meranti dan Kota Dumai.

Selanjutnya dari unsur Pemerintahan Daerah Kabupaten Bengkalis, hadir Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah, H Arianto, Pejabat Tinggi Pratama, Administrator dan Pengawas se Kabupaten Bengkalis, delapan camat, lurah/kepala desa se Kabupaten Bengkalis serta tokoh agama, masyarakat, pemuda dan para undangan lainnya.(der)

Editor: Chaviz

  Berita Terkait
  • Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Bengkalis Perubahan Alat Kelengkapan DPRD Kabupaten Bengkalis

    3 tahun lalu

    Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bengkalis pada sidang paripurna Selasa 3 April 2018 mengesahkan empat Peraturan Daerah (Perda).

  • Bupati Amril Lantik 52 Pejabat Administrator dan Pengawas

    4 tahun lalu

    Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, Jumat (26/05/2017) sore, melantik 52 pejabat Administrator dan Pengawas Lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis. Pejabat yang dilantik terdiri dari 16 orang Pejabat Administrator dan 36 orang pejabat Pengawas.

  • Paparkan Keberhasilan di Paripurna DPRD Sempena Hari Jadi Meranti Ke-X, Bupati Mendapat Apresiasi Sejumlah Tokoh.

    3 tahun lalu

    MERANTI(POROSRIAU.COM) - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si didampingi Wakil Bupati H. Said Hasyim, mengikuti Rapat Paripurna DPRD,  Sempena Hari Jadi Meranti Ke-X yang jatuh pada Tan

  • Pemkab Bengkalis Terus Berusaha Memperbaiki Pengelolaan Keuangan Daerah dari Tahun ke Tahun

    4 tahun lalu

    BENGKALIS(POROSRIAU.COM) –Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis bertekad  mempertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (OWTP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun angg

  • Gubri Secara Resmi Buka Musrenbang Kabupaten Bengkalis

    4 tahun lalu

    Bupati Bengkalis Amril Mukminin, menegaskan, berbagai pemikiran dan kerangka pembangunan Kabupaten Bengkalis yang menjadi visi-misi Kabupaten Bengkalis, kiranya dapat didiskusikan dalam forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tahun 2017, d

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.