Selasa, 03 Agustus 2021
  • Home
  • BENGKALIS
  • Tim Matahari Sastra Riau Gelar Kegiatan Di SMAN 2 Bengkalis
Senin, 25 September 2017 10:31:00

Tim Matahari Sastra Riau Gelar Kegiatan Di SMAN 2 Bengkalis

Oleh: dery/pen
Senin, 25 September 2017 10:31:00
BAGIKAN:
Para sastrawan Bengkalis dan Bandul serta Tim Matahari foto bersama. Kiri-kanan Marzuli Ridwan Al-Bantany, Iwan Safari, Mohd. Nasir, Griven H. Putra, Drs. Sabar, Musa. (foto/der)

BENGKALIS(POROSRIAU.COM)- "Dengan Sastra Hidup Berbudi, Dengan Karya Hidup Abadi" Kalimat tersebut merupakan tema kegiatan Tim Matahari Sastra Riau dalam melakukan kegiatan yang digagas oleh 9 sastrawan Riau untuk memasyarakatkan seni sastra bagi generasi muda.


Hal ini sebagaimana disampaikan Koordinator Tim Matahari Griven H Putra pula menuturkan bahwa itu adalah tujuan pertama mereka lewat tim yang baru dibentuk pada Mei 2017 lalu.

"Tujuan yang kedua dari kegiatan ini adalah bagaimana kita menciptakan pemimpin yang berbudi dan berkarakter karena kedepannya siswa ini kan menjadi pemimpin. Jadi, diri dan karakter mereka kita siapkan menjadi orang yang berbudi sehingga pemimpin kita di masa depan itu orang yang berbudi, bagus akhlaknya, bagus fikirannya, bagus tingkah lakunya, santun. Kemudian dia cakap, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi tapi juga budi pekertinya bagus," kata Griven H Putra kepada wartawan, Sabtu (23/9/2017).

"Sastra ini membuat orang berbudi sebagaimana tema kita di atas tadi. Kita ingin merangsang anak-anak (para pelajar) itu mau menulis sastra karena Riau ini apalagi Bengkalis ini kan gudangnya sastrawan. Kita ingatkan kembali bahwa kalian adalah pemilik Bahasa Indonesia itu kan dari bahasa kita Riau. Ini sumbangan tak kecil dari Bengkalis karena Bahasa Bengkalis itu juga Bahasa Indonesia sebetulnya, termasuk juga Riau. Makanya kita keliling seluruh Riau," tambah Griven.

Dipilihnya SMAN 2 Bengkalis sebagai tempat ketiga setelah sebelumnya, tim ini tampil di SMA Labor Pekanbaru, kemudian di MTS 1 Pelalawan, Griven mengaku bahwa mereka punya Musa Ismail salah seorang penasehat tim Matahari. Musa Ismail merekomendasikan, untuk datang ke sekolah tersebut sebab menurutnya (Musa) di sekolah ini kesenian begitu berkembang baik sastra maupun kesenian lainnya.

Karena ada kesibukan masing-masing, Tim Matahari yang datang ke Bengkalis 4 orang. Mereka adalah Griven H Putra, Zamhir Arifin, Eko Ragil Ar Rahman, dan Muhammad De Putra. Ditambah sastrawan yang terkumpul dalam buku kita "Matahari Sastra Riau" yang memuat 58 sastrawan Riau termasuk Pak Musa Ismail, Pak Muhammad Nasir, Marzuli Ridwan Al-bantany, Jasman Bandul, Pak TM Sum dan pemain gitar anak dari TM Sum.

"Besok kita apakah ke Rokan Hilir, Rokan Hulu, atau Indragiri Hilir. Kita lihat nanti kawan-kawan di daerah ini yang menghubungi sekolah mana yang bisa dikunjungi," tambahnya lagi.

Kegiatan dilakukan Griven Cs lakukan menggunakan biaya pribadi sumbangan sesama mereka tidak ada dari lembaga tertentu. "Ini niat yang tulus dan ikhlas bagaimana sastrawan masuk ke sekolah, bergaul dengan masyarakat. Buku yang diterbitkan juga dibiayai oleh sastrawan yang menulis di situ. Misalnya Pak Musa mengambil 10 eksemplar, karyanya ada di dalam tapi dia bayar. Biasanya sastrawan kan dibayar, sekarang 58 sastrawan tadi yang membayar semuanya. Ternyata sastrawan mempunyai kepedulian bersama untuk kemajuan kebudayaan di Riau, kami bangga dengan kawan-kawan kita," ungkap Griven tulus.

Berdirinya tim ini karena kepedulian sastrawan terhadap kebudayaan Riau. "Lembaga kesenian dan kebudayaan kita agak lesu, misalnya Dewan Kesenian (Riau) kita dan lain sebagainya termasuk yayasan yang memberikan sumbangan untuk sastra akhir-akhir ini agak berkurang. Dulu, Riau Pos menerbitkan buku, puisi, cerpen dan esay setiap tahun, sejakk 2016 itu tidak ada. Kepedulian inilah dab in tanpa bantuan siapapun dengan bersama kami bisa. Bkunya kita terbitkan, kemudian kita berangkat ke sekolah di Riau ini bersama," pungkasnya.

Griven H Putra berharap kedepannya semoga seluruh masyarakat mencintai sastra dan menerapkan nilai sastra itu dalam kehidupan sehari-hari. "Sastra itu kan ada kesantunan, ada kelembutan,, ada keindahan. Oleh sebab itu kita ingin masyarakat kita lembut, santun, indah, beretika, beragama sesuai dengan kehendak Tuhan dalam kehidupannya," harap Griven pula.

Sebelun ratusan ratusan pelajar dan guru SMAN 2 ini menikmati kalimat-kalimat indah lewat untaian puisi, pihak sekolah melalui siswa-siswi andalan mereka menampilkan berbalas pantun, puisi, tari kreasi dan nyanyi.

'Alhamdulillah, dengan adanya kunjungan Tim Matahari Sastra Riau yang selama ini belum pernah dilakukan, kami keluarga besar SMAN 2 Bengkalis sangat senang sekali. Kami dari pihak sekolah sudah mempersiapkan menyambut kehadiran tim ini dan kami kondisikan hari Sabtu ini (23/9). Mudah-mudahan anak-anak kita termotivasi untuk berkreasi di bidang seni dan sastra," kata Kepala SMAN 2 Bengkalis Drs Sabar pula.

Sementara, Nusantara pelajar kelas XII IPA/C, melihat penampilan para sastrawan di sekolahnya mengaku menarik ditonton dan enak. "Senang karena sekolah kami didatangi sastrawan dari luar yang terkenal. Puisi dari abang yang rambut panjang dengan gayanya bikin saya merinding," aku Nusantara yang hobi dan atlet anggar Bengkalis ini pula.

"Kegiatan seperti ini seharusnya didukung oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Karena kegiatan ini sangat berkaitan dengan gerakan literasi sekolah yang merupakan gerakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Seharusnya ada program-program khusus yang ditempatkan pada bagian-bagian tertentu baik tingkat SD, SMP maupun SMA. Di Kabupaten Bengkalis kegiatan seperti ini masih sangat kurang sehingga butuh motivasi khusus agar kegiatan seperti ini dapat terus terlaksana dengan baik. Banyak hal yang dapat diperoleh terutama bagi siswa-siswi agar mereka lebih termotivasi, lebih terdidik, lebih dapat meningkatkan karakter dan budi pekerti ke arah yang lebih positif," kata Drs. Musa Ismail yang juga Kepala Bidang di Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis.(der/fen)

 

Editor: Chaviz

  Berita Terkait
  • Kampanye di Dompas, Syamsurizal Garansi Namanya untuk DR Firdaus

    3 tahun lalu

    BENGKALIS (POROSRIAU.COM) - Pasangan calon Gubernur-Wakil Gubernur Riau, melanjutkan sesi kampanye dialogisnya ke Desa Dompas, Kecamatan Bukit Batu, Bengkalis, Sabtu (31/3/2018) siang.

  • SMPN 9 Bengkalis Gelar Bazar dan PameranHasil Daur Ulang Sampah

    5 tahun lalu

    Dalam rangka mensosialisasikan daur ulang sampah, SMPN 9 Bengkalis menaja bazar dan pameran hasil daur ulang sampah Minggu (4/12/2016) kemarin.

  • Kwarcab Bengkalis Kembali Gelar KTK III, Kwarcab Rohil dan Inhu Menyatakan Ikut Serta

    3 tahun lalu

    BENGKALIS(POROSRIAU.COM) - Agar pelaksanaan helat Kemah Tunas Kelapa (KTK) III Kwartir Cabang (Kwarcab) 0404 Gerakan Pramuka Bengkalis yang akan digelar pada 2 sampai 4 November 2018 berjalan sukse

  • Pimpin Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Meranti ke-8, Bupati Ajak Segenap Masyarakat Bersatu Padu Bangun Meranti

    5 tahun lalu

    SELATPANJANG (POROSRRIAU.COM) - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si bertindak sebagai Pembina Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Meranti Ke-8 Tahun 2016. Upacara dalam rangka mengenang terbentuknya Kabupaten Meranti pada Tanggal 19 Desember 20

  • AJI Dan ICCO Cooperation Gelar Media Briefing Sehari

    4 tahun lalu

    Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Pekanbaru bekerjasama dengan ICCO Cooperation akan menggelar Media Briefing Sehari pada Kamis, 3 Agustus.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.