Senin, 10 Mei 2021
Selasa, 07 Februari 2017 20:24:00

Sumatera Barat Siapkan Berbagai Jurus Wisata Halal

Oleh: ant
Selasa, 07 Februari 2017 20:24:00
BAGIKAN:
int
Danau Maninjau

POROSRIAU.COM--Provinsi Sumatera Barat sejak 2016 ditetapkan sebagai salah satu destinasi wisata hahal di Indonesia, setelah berhasil memenangi "Kompetisi Pariwisata Halal Nasional" (KPHN) yang dilaksanakan oleh Kementerian Pariwisata Republik Indonesia.

Ada 15 kategori dalam KPHN, dan Sumatera Barat (Sumbar) berhasil memenangkan empat kategori di antaranya, yakni destinasi wisata halal terbaik, kuliner terbaik, biro perjalanan wisata halal terbaik, dan restoran halal terbaik.

Sejumlah destinasi di Sumatera Barat yang ditetapkan sebagai daerah tujuan wisata halal, adalah Danau Singkarak, Danau Maninjau, Danau Kembar, Ngarai Sianok, Goa Jepang, Pulau Cubadak, Lembah Anai, Istano Pagaruyuang, dan Kepulauan Mentawai.

Guna memantapkan status tersebut pemerintah provinsi akan membentuk tim guna mendefinisikan konsep wisata halal dengan mempertimbangkan kondisi daerah agar bisa diimplementasikan. "Kita ancang-ancang siapa yang masuk dalam tim ini. Yang jelas terdiri dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), akademisi, dan Dinas Kesehatan Sumbar," kata Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian, Selasa.

Ia menjelaskan hasil rumusan itu nanti bisa saja akan dituangkan dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda) sebagai payung hukum pengembangan wisata halal di Sumbar.
Ia menilai hal itu penting untuk dilakukan agar masyarakat tidak ragu dengan konsep wisata halal yang diterapkan.

"Gambarannya wisata halal itu berkaitan dengan infrastruktur pendukung seperti hotel dan restoran bersertifikasi halal, penyajian makanan yang sehat dan akomodasi yang bersih. Nanti akan dirumuskan oleh tim," kata dia.

Kalangan akademisi siap mendoorng tekad pemerintah tersebut. "Terpilihnya Sumbar menjadi destinasi wisata halal dunia membuat kami akan meningkatkan peranan mendukung pembangunannya," kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unand Padang, Prof Hermansah. Misalnya, Ke depan akan ada seminar dan diskusi terkait wisata halal di Sumbar.

Sementara Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah berharap dukungan dari masyarakat dan institusi. Khusus kota Padang, ujarnya, akan ada penambahan sarana pendukung wisata halal, seperti pembangunan masjid di kawasan wisata pantai Padang dan penyiapan rumah makan rekomendasi.(antara)

Editor: Chaviz

  Berita Terkait
  • Masjid 60 Kurang Aso Wisata Religi Solok Selatan

    4 tahun lalu

    Pada masa lalu, di daerah Solok Selatan terdapat sebuah Kerajaan penting. Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu namanya. Hingga saat ini masih banyak peninggalan-peninggalan bersejarah yang masih terpelihara dengan baik

  • Pengurus PKDP Kepulauan Meranti Masa Bakti 2016 - 2021 di Kukuhkan

    3 tahun lalu

    SELATPANJANG(POROSRIAU.COM) - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, bersama Wakil Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur, Walikota Pariaman Drs. H. Mukhlis Rahman MM menghadiri pengukuhan peng

  • Aia Malanca, Destinasi Wisata Alam Solok Selatan

    5 tahun lalu

    Aia Malanca atau dikenal juga dengan sebutan Simalanca, adalah wisata pemandian alami yang menyatukan empat objek wisata alam yang diantaranya, pemadian, seluncur, panorama dan objek air terjun. Disamping lokasi yang asri, udara yang sejuk dan sangat alam

  • Lubang Kalam, Objek Wisata Sejarah Tempo Dulu

    4 tahun lalu

    POROSRIAU.COM-- Lubang ini bukan seperti lubang biasa yang hanya memiliki panjang tertentu. Lubang ini merupakan sebuah terowongan jalan menembus bukit sebagai jalan lintas barat antara provinsi Riau dan Sumatera Barat. Lubang yang berarti lubang dan kala

  • 1400 Rider Ikuti Ivent Tingkat Nasional Di Kecamatan Ujung Batu

    4 tahun lalu

    Event dengan tema "Indonesia berkumpul di Riau" dengan peserta 1.400 Rider baik lokal dan perwakilan seluruh Indonesia dan digelar hingga Ahad tanggal 13 Agustus 2017.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.