Kamis, 17 Juni 2021
  • Home
  • PEKANBARU
  • Jokowi Minta Prestasi Riau Tanggulangi Karlahut 2016 Dipertahankan
Rabu, 07 Juni 2017 20:41:00

Jokowi Minta Prestasi Riau Tanggulangi Karlahut 2016 Dipertahankan

Oleh: Redaksi
Rabu, 07 Juni 2017 20:41:00
BAGIKAN:
int
Ilustrasi Kebakaran hutan dan lahan

PEKANBARU(POROSRIAU.COM) - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) minta, keberhasilan Satuan Tugas Kebakaran Lahan dan Hutan (Dansatgas Karlahut) pada 2016 dipertahankan. Bahkan kalau bisa, sebaran titik api yang ada tahun ini jauh lebih bisa diminimalisir lagi.

Demikian dikatakan Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman disela-sela acara rapat Karlahut di Makorem, Rabu (7/6/17) saat menceritakan dirinya saat pertemuan rapat terbatas di Kantor Kepresidenan di Jakarta, baru-baru ini. Menurut Andi Rachman (sapaan akrab Gubri), persoalan Karlahut di Riau ini akan terus menjadi prioritas penanganannya, baik pusat mau pun Riau sendiri. 

"Pak Presiden sudah minta keberhasilan kita dalam mencegah dan menanggulangi Karlahut 2016 lalu minimal bisa dipertahankan. ini tentunya juga spirit juga bagi kita semua, terutama Tim Satgas Karlahut yang memang telah maksimal melaksanakan tugasnya," ungkap Andi.

Selain itu, Presiden juga mempertanyakan soal kesiapan Riau dalam menghadapi kemarau panjang yang saat ini sedang terjadi. Diperkirakan kerawanan akan terjadinya kebakaran hutan dan lahan sangat berpotensi terjadi, jika pemerintah lambat melakukan langkah pencegahan dan penanggulangan. 

"Kita tentunya harus siap. Dengan pengalaman kita, Insya Allah Riau siap berupaya menekan terjadinya Karlahut," ujar Andi. 

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bancana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Edwar Sanger mengatakan, untuk mengoptimalkan tekad Riau melakukan upaya pencegahan dan penanggulangan Karlahut, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan meminjamkan sebanyak enam helikopter untuk Riau. 

Helikopter itu diantaranya yakni dioprasionalkan untuk patroli rutin mengawasi lahan terbakar dari jalur udara. Kemudian ada juga yang disiapkan untuk melakukan water bombing. 

Dijelaskannya, enam helikopter tersebut akan dioperasikan di tiga titik. Di antaranya di Kota Pekanbaru, Dumai dan jika memungkinkan satu titik heli itu akan ditempatkan di Japura Inhu. Namun, hal itu bisa saja berubah tergantung situasi.

Edwar menambahkan, masalah teknis lainnya sudah dikomunikasikan dengan BNPB termasuk mengatasi Karhutla lintas provinsi. Sebab kasus serupa juga pernah terjadi ketika ada Karhutla di perbatasan Riau-Sumbar. Wilayahnya sangat dekat dengan Riau, tapi Tim Satgas dari Riau tidak bisa melakukan pemadaman karena tidak ada izin lintas provinsi. (*/MC Riau)

Editor: Chaviz

  Berita Terkait
  • Pimpin Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Meranti ke-8, Bupati Ajak Segenap Masyarakat Bersatu Padu Bangun Meranti

    5 tahun lalu

    SELATPANJANG (POROSRRIAU.COM) - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si bertindak sebagai Pembina Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Meranti Ke-8 Tahun 2016. Upacara dalam rangka mengenang terbentuknya Kabupaten Meranti pada Tanggal 19 Desember 20

  • Said : Meranti Siap Jalankan Instruksi Wapres

    5 tahun lalu

    Kedatangan Wapres Jusuf Kalla ke Riau ini merupakan suatu kebanggaan bagi kita semua. Tentunya instruksi dan ajakan beliau untuk memajukan daerah dan senantiasa tetap menjaga lingkungan dan melestarikannya

  • Berhasil Tekan Angka Karlahut, BPBD Meranti Raih Penghargaan dari Gubri

    4 tahun lalu

    SELATPANJANG(POROSRIAU.COM) - Berkat kerja keras Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Meranti, dibantu dengan Stakeholders terkait mulai dari TNI, Polri, Pihak Swasta serta masyarakat. BPBD Meranti berhasil menekan angka kebakara

  • Jemput Bola Kejar Dana APBN, Wakil Bupati Dan Ketua DPRD Meranti Beserta Kepala Desa Sambangi Beberapa Kementrian

    3 tahun lalu

    Kondisi APBD Kepulauan Meranti yang terus menurun kini berkisar diangka 1.1 Triliun rupiah dinilai tak cukup untuk menggesa pembangunan Kabupaten dalam rangka mengejar ketertinggalan, apalagi sebagai Kabupaten baru yang masih seumur jagung.

  • Dua Siswi Rohul Ikuti Olimpiade Ekonomi Tingkat Nasional

    5 tahun lalu

    Cindy Monica Kelas XII IPS 2, dan Rini Lestari Kelas XII IPS 1, Siswi SMA N 2 Ujungbatu, Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau mengikuti Olimpiade Ekonomi di jakarta, Pada tanggal 12 November 2016 mendatang.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.