Kamis, 17 Juni 2021
  • Home
  • PEKANBARU
  • Mahasiswa Kukerta Relawan dan Gabungan Tim Satgas UNRI Bagikan APD Hasmat dan Face Shield
Jumat, 26 Juni 2020 14:57:00

Mahasiswa Kukerta Relawan dan Gabungan Tim Satgas UNRI Bagikan APD Hasmat dan Face Shield

Oleh: MA
Jumat, 26 Juni 2020 14:57:00
BAGIKAN:

PEKANBARU, POROSRIAU. COM - Di Era New Normal ini kehidupan masyarakat mulai berlangsung kembali, akan tetapi pola hidup lebih diperketat dengan menerapkan beberapa aturan yang telah diatur dalam protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran wabah Covid-19.

Wujud nyata dukungan pada tenaga kesehatan dihadirkan melalui program kukerta oleh Mahasiswa Relawan COVID-19 UNRI bersama Satgas UNRI dalam penyaluran bantuan APD baju hasmat dan face shield ke sejumlah rumah sakit dan layanan kesehatan yang dilakukan di 4 titik Instansi Kesehatan Kota Pekanbaru diantaranya RSJ Tampan, Puskesmas Tampan, Klinik Mercy dan RSUD Arifin Ahmad.

Penyerahan Alat Pelindung Diri (APD) dilakukan pembukaan secara virtual dengan menggunakan aplikasi via Zoom yang berlangsung pada pukul 08.30 WIB. Pembukaan dihadiri oleh Bapak Prof. Dr. Iwantono, M.Phil selaku ketua Satuan Tugas Bencana Universitas Riau, Bapak Dr.Arifudin, SP. MP selaku Sekretaris Satuan Tugas Siaga Bencana Universitas Riau, Bapak Ir. Agus Ika Putra, M.Phil dan perwakilan kelompok setiap Intansi Kesehatan.

Dalam pelaksanaan penyerahan APD ini Prof Dr Ir Iwantono, M. Phil melalui media zoom meeting, Beliau mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian nyata UNRI sebagai jantung hati masyarakat Riau dalam merespon pemberlakuan new normal di Pekanbaru.

"Apa yang kami lakukan hanya sebagian kecil dari upaya memutus rantai penyebaran virus Covid-19 di Indonesia yang merupakan hasil sumbangsi dari relawan dan alumni Unri. Selain itu, yang terpenting adalah instansi kesehatan wajib memberlakukan protokol kesehatan Covid-19, seperti mencuci tangan setiap masuk dan keluar rumah sakit dan klinik, serta selalu menjaga jarak," kata Prof Dr Ir Iwantono, M. Phil.

Beliau juga menambahkan bahwa bahwa pihak instansi kesehatan dapat menghubungi relawan satgas UNRI apabila masih terdapat kekurangan dalam pengadaan APD. Selain itu, beliau juga berpesan kepada para medis untuk dapat memanfaatkan bantuan yang telah diberikan dengan baik.

Sehingga dengan begitu dapat membantu dalam pemutusan rantai penyebaran Covid-19. Karena tenaga medis merupakan garda terdepan dalam penanganan pasien. Dalam pelaksanaan penyerahan APD ini melibatkan sekitar 71 anggota relawan yang terdiri dari 24 kelompok mahasiswa kukerta yang tergabung dengan tim Satgas UNRI.

APD yang diserahkan berupa baju hazmat sebanyak 15 pcs dan face shield sebanyak 5 pcs. Didampingi oleh Bapak Angga Pramana, SP, M.Sc bantuan tersebut diserahkan kepada ibu Supriyati, apoteker klinik Mercy, berlokasi dijalan Soebrantas Panam, Simpang Baru, Kec. Tampan Kota Pekanbaru.

Supriyati Sinaga, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan dan mengucapkan terima kasih kepada pihak UNRI atas kepedulian pada tim kesehatan guna menangani COVID-19 dan berharap kehidupan masyarakat dapat berjalan kembali normal.

Pendistribusian APD kepada instansi-instansi kesehatan di Pekanbaru diharapkan dapat membantu para tenaga kesehatan yang berada pada garda depan guna memerangi wabah COVID-19.(rls/ari)
Editor: Redaksi

  Berita Terkait
  • Tim Kukerta Relawan Covid-19 UR Lakukan Pemeriksaan Kepada Peserta Ujian UTBK SBMPTN

    11 bulan lalu

    Di area New Normal ini, seluruh masyarakat diminta untuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Bersama dengan Tim Kukerta Relawan Covid-19 Universitas Riau lakukan pemeriksaan kepada setiap peserta Ujian yang akan masuk ke dalam ruangan.

  • Mahasiswa UNRI Gelar Sosialisasi dan Edukasi Protocol Kesehatan Di Masjid Al Muhajirin

    12 bulan lalu

    PEKANBARU, POROSRIAU.COM - Mahasiswa Relawan Covid-19 Universitas Riau (Jumat, 26/6/20) memberikan pelayanan edukasi kepada masyarakat dikota Pekanbaru salah satunya di Masjid Muhajjirin tentang protokol kesehatan secara serentak.

  • Bagikan Hand Sanitizer Buatan Sendiri, Kukerta Dumai Selatan Berbakti Kemasyarakat

    12 bulan lalu

    DUMAI, POROSRIAU.COM - Mahasiswa kuliah kerja nyata (Kukerta) dari Universitas Riau (UNRI) yang merupakan relawan covid-19 melaksanakan berbagai kegiatan bertujuan untuk memutus penyebaran covid-19 di Kecamatan Dumai Selatan.

  • Mahasiswa Kukerta Relawan Covid-19 UNRI Produksi Hand Sanitizer

    9 bulan lalu

    Di awal era new normal, Kota Pekanbaru telah memasuki zona kuning. Dikabarkan jika, tidak ada penambahan kasus positif covid-19, maka akan kembali memasuki zona hijau. Sehingga kegiatan di luar rumah akan pulih seperti sebelumnya.

  • Kukerta UIN Suska Riau Kembali ke Kampusnya, Camat Pangkalan Kerinci : Terima Kasih Atas Pengabdiannya

    3 tahun lalu

    PANGKALAN KERINCI (POROSRIAU.COM)-- Setelah selama 45 hari mahasiswa UIN Suska Riau Kuliah Kerja Nyata  (Kukerta) di Kecamatan Pangkalan Kerinci, hari ini Camat Dodi A Saputra S STP Pangkalan

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.