Kamis, 17 Juni 2021
  • Home
  • ROHUL
  • Aksi Damai Umat Muslim di Rohul, Kecam Pembakaran Bendera Tauhid
Selasa, 30 Oktober 2018 00:10:00

Aksi Damai Umat Muslim di Rohul, Kecam Pembakaran Bendera Tauhid

Oleh: Redaksi
Selasa, 30 Oktober 2018 00:10:00
BAGIKAN:
Ratusan umat Muslim berasal dari sejumlah kecamatan di wilayah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melakukan aksi damai di Taman Kota Pasirpengaraian, Senin (29/10/2018). Aksi itu merupakan pengecaman atas pembakaran bendera Tauhid yang dilakukan oknum Banser di

ROHUL(POROSRIAU.COM) - Ratusan umat Muslim berasal dari sejumlah kecamatan di wilayah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) melakukan aksi damai di Taman Kota Pasirpengaraian, Senin (29/10/2018). Aksi itu merupakan pengecaman atas pembakaran bendera Tauhid yang dilakukan oknum Banser di Kabupaten Garut, Jabar.

Massa yang menamakan diri dengan Solidaritas Masyarakat Muslim Rokan Hulu Aksi Bela Islam juga berlanjut dengan Long March menuju Mako Polres. Sempat menunggu beberapa saat, Kapolres Rohul AKBP Hasyim Risahondua SIk MSi akhirnya bersedia menerima rombongan massa di pintu gerbang Mako Polres.

Kapolres AKBP Hasyim Risahondua SIk MSi meminta agar massa bisa menahan diri, dan menyerahkan proses hukum yang saat ini ditangani Polda Jabar. 

"Saya berharap aksi ini berjalan dengan aman dan sejuk. Terkait tuntutan serahkan kepada Kepolisian yang saat ini sudah ditangani Polda Jabar. Yakinkan polisi bekerja secara profesional," pinta Kapolres Hasyim.

Sementara, salah seorang Koordinator aksi Jenewar Efendi membacakan enam poin isi tuntutan yang dituangkan dalam surat pernyataan sikap. Diantaranya, mengutuk pembakar bendera tauhid oleh oknum Banser di Garut, dan mendesak Kepolisian RI untuk menetapkan sebagai tersangka, karena telah merusak hati umat Islam dan merusak serta melecehkan simbol agama Islam.

"Kami juga mendesak Pemerintah RI untuk membubarkan organisasi Banser yang telah melanggar aturan sesuai dengan Perpu Ormas yang diterbitkan Presiden RI," tegas Jenewar diiringi sorak Takbir dari umat Islam aksi damai tersebut.

BACA JUGA: Terkait Pembakaran Bendera Tauhid, ini Komentar Maruf Amin

Usai dari Mako Polres, aksi damai massa membawa bendera tauhid berwana hitam dan putih ini bergerak ke Kantor DPRD Rohul di Jalan Panglima Sulung Pasirpengaraian. 

Disana, massa dibuat kecewa, sebab dari 45 anggota DPRD yang ada, didapati hanya 2 orang yakni, H Porkot Lubis dari PDIP dan Novliwanda dari Partai Gerindra.

Kendati demikian, mewakili lembaganya H Porkot Lubis berjanji akan menyampaikan terkait tuntutan massa kepada pimpinan DPRD Rohul yang diakuinya tengah dinas luar.

Dan terakhir aksi massa Islam ini berlangsung ke Kantor Bupati Rohul. "Kami meminta kepada Bupati Rokan Hulu, Ketua DPRD, dan Kapolres untuk dapat menyampaikan pernyataaan sikap kami ini kepada Presiden RI, Ketua DPR, dan Kapolri," pinta ustad Yuli Hesman juga kordinator aksi. (MCR)

Editor: Chaviz

  Berita Terkait
  • Mengharukan! Wanita Non Muslim Ini Hadiri Reuni Aksi 212, Bukan Untuk Sebungkus Nasi

    4 tahun lalu

    Terharu, mungkin hanya kalimat itu yang terlintas di fikiran ketika kita membaca tulisan dari pengguna media sosial (medsos) atas nama M Irawati Soemadi.

  • Mahasiswa Rohul Dan Ormas Islam Demo Ahok

    5 tahun lalu

    Sekitar 500_an massa dari berbagai Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Islam dan Mahasiswa di Kabupaten Rokan Hulu menggelar aksi unjuk rasa mendesak Pihak berwajib segera memproses Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

  • Terkait Pembakaran Bendera Tauhid, ini Komentar Maruf Amin

    3 tahun lalu

    Calon Wakil Presiden Maaruf Amin, menyerukan seluruh pihak menyerahkan proses investigasi pembakaran bendera Tauhid di Garut, kepada pihak kepolisian.

  • H.Sukiman Ajak Seluruh Tokoh Agama di Rohul Jaga Keutuhan NKRI

    5 tahun lalu

    Plt Bupati Rokan Hulu, H. Sukiman, menghimbau seluruh tokoh agama di wilayahnya untuk bersama-sama menjaga keutuhan NKRI. Himbauan tersebut disampaikannya terkait adanya rencana Demonstrasi Besar umat Islam yang akan dilaksanakan pada 2 Desember 2016 mend

  • Memahami Kepanikan Prabowo agar Bisa Melawan Lupa

    3 tahun lalu

    CALON Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto hari demi hari tampaknya semakin panik. Portal berita metrotvnews.com hari Rabu (5/12) menurunkan berita berjudul "Prabowo Sebut Jurnalis Antek Pe

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.