Kamis, 17 Juni 2021
  • Home
  • SIAK
  • Lestarikan Permainan Tradisional Siak, MPKS Taja Adu Ketangkasan Gasing dan Layangan
Kamis, 11 Mei 2017 17:09:00

Lestarikan Permainan Tradisional Siak, MPKS Taja Adu Ketangkasan Gasing dan Layangan

Oleh: Atok
Kamis, 11 Mei 2017 17:09:00
BAGIKAN:
Atok
Ketua Umum MPKS Wan Hamzah bersama Anggota DPRD Siak Sujarwo, saat pembukaan Turnamen Gasing dan Layangan

SIAK (POROSRIAU.COM) - Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Masyarakat Peduli Kabupaten Siak (MPKS) menggelar adu ketangkasan permainan rakyat yang diikuti sekitar 100 team dari berbagai daerah dan elemen masyarakat. Adapun adu ketangkasan yang dipertandingkan tersebut adalah Gasing dan Layang-layang.

Sebagaimana dikemukakan oleh Ketua Umum Ormas MPKS Wan Hamzah, dirinya menyebutkan bahwasanya Turnamen yang digelar di tengah Kota Siak Sri Indrapura itu bertujuan untuk melestarikan dan membangkitkan kembali nilai-nilai history permainan rakyat yang pada beberapa tahun silam pernah populer di Negeri Melayu Siak ini.

"Tujuan kami menggelar Turnamen Gasing dan Layangan ini adalah untuk membangkitkan kembali nilai-nilai history permainan rakyat yang hari ini nyaris terlupakan. Apalagi zaman sekarang sudah bermacam-macam permainan modern yang hadir di tengah masyarakat, sehingga permainan tradisional seperti Gasing dan Layangan ini seolah-olah nyaris punah," terang Wan Hamzah, Kamis (11/5/2017) siang, saat dikonfirmasi Porosriau.com.

Selain diikuti oleh peserta lokal (masyarakat Siak, red), turnamen Gasing dan Layangan tersebut juga diikuti oleh sejumlah team dari Kabupaten Bengkalis, Meranti, Pelalawan, Pekanbaru dan Kota Dumai.

Di hadapan ratusan penonton, masing-masing team tampak begitu semangat menunjukkan ketangkasannya bermain Gasing dan Layangan, sehinga suasana pertandingan terlihat begitu heboh dan menegangkan.

Sesuai syarat/ketentuan yang telah disepakati oleh para peserta dan pihak panitia, pada turnamen Gasing dan Layangan tersebut masing-masing team hanya diperbolehkan mengutus Tujuh orang peserta. Mengingat lokasi pertandingan hanya mampu menampung sekitar 500 orang. Sementara di sekitar arena pertandingan adalah jalan raya (jalan umum, red). Sehingga dikhawatirkan dapat mengganggu akses lalu-lintas jika para peserta tidak dibatasi.

Adu ketangkasan yang dihelat oleh Ormas MPKS itu direncanakan digelar selama Delapan hari mulai tanggal 11 hingga 18 Mei 2017, bertempat di Lapangan Sepak Bola Kwalian Kelurahan Kampung Rempak Kecamatan Siak.

"Insya Allah, jika tidak ada halangan turnamen Gasing dan Layangan ini akan kita gelar selama Delapan hari, yang mana masing-masing team (untuk kategori Layangan dewasa, red) hanya diperbolehkan mengutus Tujuh orang peserta," lanjut Ketua Umum MPKS yang akrab disapa WH itu.

Pada kesempatan yang sama, Ketua panitia pelaksana turnamen Efendi menuturkan, bahwasanya kegiatan Lomba Gasing dan Layangan itu merupakan yang pertama kali digelar oleh Ormas MPKS. Meski demikian antusias masyarakat dan peserta tampak begitu tinggi untuk menyaksikan dan mengikutinya.

Sehingga MPKS optimis, jika pada tahun-tahun mendatang kegiatan seperti itu akan terus digelar, guna melestarikan permainan rakyat yang nyaris lenyap dari bumi Melayu Siak, serta mempererat tali silaturrahmi antara masyarakat dengan Ormas MPKS.

"Kegiatan seperti ini baru pertama kali kami selenggarakan, dan tidak menutup kemungkinan pada tahun-tahun mendatang akan terus kita gelar. Dan untuk masalah hadiah, kami juga sudah menyiapkan beberapa hadiah menarik serta uang tunai puluhan juta rupiah," tutur Efendi. (Atok)

Editor: Chaviz

  Berita Terkait
  • Turnamen Gasing dan Layangan di Siak Berakhir, Ketum MPKS: Moga Tahun Depan Bisa Kita Gelar Kembali

    4 tahun lalu

    Open turnamen gasing dan layangan yang digelar selama Tujuh hari oleh Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Masyarakat Peduli Kabupaten Siak (MPKS) berakhir sudah. Sejumlah team yang turut ambil bagian pada open turnamen tersebut juga sudah kembali ke daerahn

  • Pedagang Kecewa, Kondisi Bangunan Pasar Lembayung Kerinci Kanan Banyak yang Bocor

    4 tahun lalu

    SIAK (POROSRIAU.COM) - Pasar tradisional "Lembayung" yang terletak di Kampung Gabung Makmur Kecamatan Kerinci Kanan Kabupaten Siak, merupakan pasar "Baru" yang dibangun oleh Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskopperindag)

  • Rayakan HUT PAN XIX, Kader Dan Pengurus PAN Siak Gelar Syukuran Dan Permainan Rakyat

    4 tahun lalu

    Di sela perayaan HUT PAN tersebut, para Kader dan Pengurus partai berlambang matahari itu juga menggelar acara lomba permainan rakyat (tradisional, red), berupa lomba panjat pinang, lomba pacu goni, lomba tarik tambang, lomba bola dangdut, lomba senam ana

  • Tim Formi Rohul Juara Satu di Festival Gasing Internasional Siak

    3 tahun lalu

    - Tim Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), berhasil sabet juara I, diajang kejuaraan gasing tingkat Internasional yang digelar Formi Kabupaten Siak.

  • Festival Budaya Bahari, Sarana Melestarikan Nilai Budaya dan Permainkan Rakyat

    3 tahun lalu

    Ribuan masyarakat baik dari Bengkalis maupun luar pulau Bengkalis ramaikan pantai Selat Baru Kecamatan Bantan untuk menyaksikan langsung Festival Budaya Bahari yang ditaja oleh Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.