Selasa, 03 Agustus 2021
  • Home
  • SIAK
  • Turnamen Gasing dan Layangan di Siak Berakhir, Ketum MPKS: Moga Tahun Depan Bisa Kita Gelar Kembali
Rabu, 17 Mei 2017 14:38:00

Turnamen Gasing dan Layangan di Siak Berakhir, Ketum MPKS: Moga Tahun Depan Bisa Kita Gelar Kembali

Oleh: Atok
Rabu, 17 Mei 2017 14:38:00
BAGIKAN:
Atok
Ketum MPKS Wan Hamzah bersama panitia Open Turnamen Gasing dan Layangan

SIAK (POROSRIAU.COM) - Open turnamen gasing dan layangan yang digelar selama Tujuh hari oleh Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Masyarakat Peduli Kabupaten Siak (MPKS) berakhir sudah. Sejumlah team yang turut ambil bagian pada open turnamen tersebut juga sudah kembali ke daerahnya masing-masing.

Open turnamen yang diikuti oleh ratusan team dari berbagai daerah se-Provinsi Riau itu digelar sejak tanggal 11 hingga 17 Mei 2017. Dengan mempertandingkan permainan tradisional Siak yakni gasing kreasi, gasing piring, layangan anak-anak, layangan dewasa, layangan Wao, dan layangan kreasi.

Adapun untuk kategori gasing piring, yang tampil sebagai pemenang adalah team dari Kabupaten Bengkalis. Sebagaimana dikemukakan oleh Ketua Umum Ormas MPKS Wan Hamzah, Rabu (17/5/2017) siang, saat dikonfirmasi Porosriau.com.

"Alhamdulillah, pada open turnamen gasing dan layang-layang yang kita gelar tahun ini, untuk kelas gasing piring yang masuk ke final adalah team dari Kabupaten Bengkalis Vs Kabupaten Meranti, dan dimenangkan oleh Kabupaten Bengkalis," terang Wan Hamzah.

Open turnamen gasing dan layangan yang merupakan permainan tradisional Siak itu digelar/ditaja oleh Ormas MPKS dengan tujuan melestarikan dan membangkitkan kembali nilai-nilai history kesenian lokal (Siak, red) yang saat ini nyaris terlupakan.

"Open turnamen gasing dan layangan yang kita gelar selama Tujuh hari ini, bertujuan untuk melestarikan serta membangkitkan kembali nilai-nilai history permainan tradisional Siak yang saat ini nyaris terlupakan, dan insya Allah open turnamen seperti ini akan kita gelar kembali di tahun yang akan datang," imbuhnya.

Berdasarkan data (nama-nama team, red) yang turut berlaga pada open turnamen gasing dan layangan yang digelar di Lapangan Sepak Bola Kwalian Kampung Rempak Kecamatan Siak itu, peserta yang turut ambil bagian berjumlah lebih dari 100 team. Diantaranya team-team profesional dari Kabupaten Siak, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Pelalawan, Dumai dan Kota Pekanbaru.

Dengan berakhirnya kegiatan open turnamen tersebut, Ketua Umum Ormas MPKS yang akrab disapa WH itu menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh pihak yang telah bersama-sama membantu dan mensukseskan selama diselenggarakannya acara tersebut.

"Kami (MPKS, red) mengucapkan ribuan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah turut bersama-sama membantu selama diselengg

arakannya open turnamen ini, terutama kepada pihak panitia, BUMD Siak, serta instansi pemerintah yang telah turut menyumbangkan partisipasinya, sehingga acara ini bisa berjalan dengan baik dan lancar," tutupnya. (Tok)
 

Editor: Chaviz

  Berita Terkait
  • Lestarikan Permainan Tradisional Siak, MPKS Taja Adu Ketangkasan Gasing dan Layangan

    4 tahun lalu

    Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) Masyarakat Peduli Kabupaten Siak (MPKS) menggelar adu ketangkasan permainan rakyat yang diikuti sekitar 100 team dari berbagai daerah dan elemen masyarakat. Adapun adu ketangkasan yang dipertandingkan tersebut adalah Gasi

  • Bentrok Sengketa Lahan PT SSL dengan Masyarakat Kembali Terjadi, Ini Tanggapan DPRD Siak

    5 tahun lalu

    Kisruh sengketa lahan antara masyarakat (kelompok tani, red) Kampung Tumang dengan PT Seraya Sumber Lestari (SSL) masih terus berlanjut. Meskipun sudah berkali-kali kedua belah pihak melakukan upaya penyelesaian lewat jalur kekeluargaan. Bahkan pernah ter

  • Peringati Hari Sumpah Pemuda, SDN 01 Buantan Lestari Karnaval Jalan Santai

    5 tahun lalu

    Peringati hari Sumpah Pemuda ke 88, SDN 01 gelar karnafal jalan santai sepanjang 1 km. Dalam kegiatan itu, seluruh siswa mengenakan beragam pakaian. Ada yang berpakaian Polisi, pakaian adat, pakaian kesenian Kuda Lumping dan pakaian khatam Alqur'an.

  • Waduh! Proyek Pemprov Riau Tahun 2016 Senilai Rp1,9 M di Siak Terbengkalai

    5 tahun lalu

    SIAK (POROSRIAU.COM) - Proyek pembangunan drainase yang berlokasi di Gang Sultan Muzzafarsyah II Kelurahan Kampung Dalam Kecamatan Siak Kabupaten Siak, yang direalisasikan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau tahun 2016 seni

  • Sambut HUT RI Ke-72, Pemcam Mempura Siak Gelar Lomba Antar Kampung

    4 tahun lalu

    Dalam rangka menyambut sekaligus memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-72, Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Mempura Kabupaten Siak menggelar berbagai perlombaan yang diikuti oleh seluruh Desa/Kampung se-Kecamatan Mempura,

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2021 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.