Jumat, 19 April 2019
  • Home
  • PEKANBARU
  • Asap Tipis Menyelimuti Pekanbaru, BMKG Pekanbaru: Hari Ini Terpantau 79 Titik Hotspot
Kamis, 21 Maret 2019 17:26:00

Asap Tipis Menyelimuti Pekanbaru, BMKG Pekanbaru: Hari Ini Terpantau 79 Titik Hotspot

Kamis, 21 Maret 2019 17:26:00
BAGIKAN:
Foto Net.
PEKANBARU(POROSRIAU.COM) - Gubernur Riau, Syamsuar, tidak percaya munculnya asap tipis yang menyelimuti wilayah Pekanbaru dan daerah lainnya karena asap kebakaran lahan dan hutan. Menurut Syamsuar, tak masuk akal jika ada asap sementara tadi malam wilayah Riau diguyur hujan.
 
“Mana ada asap di sini, dari mana asalnya? Dari Dumai, dari mana? Dalam logika sajalah tak masuk akal ada asap, sementara tadi malam hujan,” kata Syamsuar, usai menghadiri rapat koordinasi rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD), di Hotel Premiere Pekanbaru.
 
Dijelaskan Syamsuar, saat ini kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) telah ditangani oleh tim satuan tugas (Satgas) Karhutla. Dan pihaknya juga mengajukan penambahan helikopter untuk membantu pemadaman di wilayah Riau.
 
“Hely sudah kita usulkan untuk penambahan dari BNPB. Termasuk perusahaan swasta ikut membantu,” kata Syamsuar, Kamis (21/3/2019).
 
Sementara itu, Kepala Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger mengatakan, hujan yang mengguyur beberapa wilayah Riau memang telah memadamkan Karhutla di wilayah Riau. Menurutnya, asap tipis yang ada di Pekanbaru belum diketahui pasti, karena saat ini dia sedang berada di Inhu patroli Hely.
 
“Tadi malam hujan, saat ini kondisi Karhutla masih terkendali. Kalau asap di Pekanbaru saya belum tahu, saya di Inhu patroli. Mungkin tidak ada asap nanti saya cek lagi,” kata Edwar Sanger.
 
Terpisah, salah seorang warga Pekanbaru mengatakan, pada pagi hari hingga menjelang siang, kondisi asap tipis di Pekanbaru sejak beberapa hari ini mulai menyelimuti. Termasuk pada hari ini, tidak seperti biasanya asap tipis tampak jelas.
 
“Memang ada hujan malam, bahkan pagi juga ada. Tapi asap tampak jelas, mungkin ini karena Karhutla daerah lain dan asapnya sampai ke Pekanbaru,” kata Rino.
 
Sementra itu, dari data BMKG Pekanbaru, hari ini terpantau 79 titik hotspot dengan level confidence di atas 70 persen 50 titik. 79 hotspot yang terpantau di antaranya, di Kabupaten Rokan Hilir 4, Siak 14, Kota Dumai 6, Bengkalis 9, Kuantan Singingi 1, Pelalawan 19, Indragiri Hulu 5, Indragiri Hilir 1 dan Meranti 20 titik. 
 
Sedangkan Riau Level Confidence > 70 persen, Bengkalis 3, Indragiri Hulu 3, Meranti 16, Kota Dumai 6, Indragiri Hilir 1, Rokan Hilir 1, Kuantan Singingi 1, Pelalawan 9 dan Siak 10 titik.***
 
Editor: Redaksi

Sumber: riaumandiri.co

  Berita Terkait
  • Pagi Ini 30 Hotspot Terpantau Di Sumatera, Riau Terbanyak

    2 tahun lalu

    Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pagi ini mencatat ada 30 titik panas di wilayah Sumatra.

  • Nihil Hotspot, Riau Berpeluang Diguyur Hujan

    2 tahun lalu

    Di pekan ke Dua bulan Agustus, Titik Panas (hotspot) masih menemani beberapa daerah di Sumatera, Jumat (11/08/2017). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) catat Dua hotspot di Sumatera.

  • Nihil Titik Api, Riau Masih Berpotensi Diguyur Hujan dan Angin Kencang

    9 bulan lalu

    Seperti hasil pantauan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Senin (30/7/2018) mencatat sebanyak 22 hotspot masih muncul di Pulau Sumatera, di Riau nihil. Kendati demikian, Riau masih berpotensi hujan, bahkan disertai peti

  • Puluhan Hotspot Hari ini Terpantau di Riau, Rohil Terparah

    8 bulan lalu

    Selain Rohil, sebaran hotspot juga terdapat di Bengkalis sebanyak 8 titik, kemudian Siak 6 titik, Pelalalawan 3 titik. Sementara Rokan Hulu, Dumai, Kepulauan Meranti, Kuantan Singingi masing-masing 1 titik.

  • Bupati Rohil Pimpinan Apel Siaga Gabungan

    3 tahun lalu

    Bagansiapiapi(POROSRIAU.com) - Bupati Rokan Hilir H.Suyatno didampingi Danrem 031 Wirabima Brigjend. (Arh) Nurendi,Msi pimpin apel gabungan yang diikuti TNI/Polri,BPBD dan Kesbangpol dihalaman Kantor Dinas Kehutanan Batu Enam,Rabu ( 17/8/16).

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.