Senin, 20 Mei 2019
  • Home
  • ROHUL
  • 62.827 Penduduk Kabupaten Rohul Masih Dibawah Garis Kemiskinan
Kamis, 22 Desember 2016 08:51:00

62.827 Penduduk Kabupaten Rohul Masih Dibawah Garis Kemiskinan

Oleh: Toni
Kamis, 22 Desember 2016 08:51:00
BAGIKAN:
Toni
Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan di Sapdia Rohul Hotel Pasir Pengaraian, Rabu (21/12/2016).

ROHUL (POROSRIAU.COM) -- Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan untuk menyampaikan kondisi kemiskinan Kabupaten Rokan Hulu, Rabu (21/12/2016) di Sapdia Rohul Hotel Pasir Pengaraian.

Berdasarkan data rumah tangga dan individu dengan tingkat kesejahteraan sampai dengan 40 persen terendah Basis Data Terpadu (BDT) Tahun 2015 serta menyusun Strategi Penanggulangan Kemiskinan Daerah sebagai dasar pelaksanaan program penanggulangan kemiskinan yang tepat sasaran di Kabupaten Rokan Hulu untuk 5 tahun kedepan dengan Pemanfaatan Basis Data Terpadu tahun 2015.

Sekda Rokan Hulu, Ir. Damri, selaku wakil ketua TKPKD mewakili ketua TKPKD Rokan Hulu, H. Sukiman menyampaikan kegiatan ini dimaksudkan untuk mendapatkan potret/gambaran kondisi masyarakat Kab. Rokan Hulu agar program penanggulangan kemiskinan tepat sasaran.

"Data BPS menunjukkan pada tahun 2015, angka kemiskinan Kabupaten Rokan Hulu adalah 11,05 persen, yang berarti bahwa dari 568.576 jiwa penduduk Rokan Hulu, 62.827 jiwa berada di bawah garis kemiskinan dan perlu menjadi prioritas penanggulangan kemiskinan.  Diharapkan kepada SKPD terkait penanggulangan kemiskinan, menjadikan penduduk miskin tersebut sebagai prioritas sasaran program kegiatan di SKPD masing-masing," ungkapnya.

Narasumber dari Bappeda Provinsi Riau, Kasubbid Ekonomi Dinilla Husna, MT menyampaikan, "bahwa isu makro pembangunan ekonomi Provinsi Riau pada tahun 2017 mengarah pada restrukturisasi perekonomian daerah yaitu pengembangan pariwisata, pegembangan industri hilir, kerjasama antar daerah pekansikawan, public private partnership serta CSR/TJSP.

Sementara narasumber Hari Prasetyo, SST, MSi, Kepala BPS Rokan Hulu menyampaikan paparan tentang Pemuktahiran Basis Data Terpadu Tahun 2015 yang merupakan kerjasama TNP2K dengan BPS sudah dapat dimanfaatkan sebagai sasaran lokus penanggulangan kemiskinan, dan data dapat diakses di website http://bdt.tnp2k.go.id/.   
Selanjutnya Kepala Bappeda Kab. Rokan Hulu selaku Kepala Sekretariat TKPKD Nifzar, SP. MIP menyampaikan bahwa rapat koordinasi bertujuan untuk menyatukan persepsi dan menyatukan langkah dalam melaksanakan penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Rokan Hulu, karena penanggulangan kemiskinan merupakan salah satu misi  Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu yang tertuang di dalam RPJMD Kabupaten Rokan Hulu tahun 2016-2021.  Kemudian kedepan akan dilaksanakan validasi dan updating data Basis Data Terpadu untuk akurasi sasaran penanggulangan kemiskinan.

Perlu inovasi daerah untuk meningkatkan pendapatan dan mengurangi beban pengeluaran masyarakat miskin serta upaya menggali potensi perekonomian di daerah dari sektor pariwisata dan UMKM.  Disamping itu perlu komitmen dan sinergitas antar Pemerintah Daerah, Perbankan dan lembaga swasta yang ada di Kabupaten Rokan Hulu dalam upaya penanggulangan kemiskinan.

Diharapkan tindak lanjut dari rapat koordinasi ini akan dapat di susun Rencana Aksi Daerah Kabupaten Rokan Hulu, dalam Program Penggulangan Kemiskinan 5 Tahun ke depan.

Dr. Adolf Tambusai sebagai peserta rapat memberikan masukan agar strategi dan intervensi prioritas program khususnya bidang pendidikan agar melibatkan Universitas Pasir Pengaraian dalam Validasi data pendidikan dan pemetaan strategi penanggulangan kemiskinan di bidang pendidikan serta memanfaatkan keterlibatan swasta atau perusahaan sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan atau CSRnya.

Acara ini berlangsung satu hari hampir semua peserta memberikan masukan, dengan sepakat membentuk langkah bersama-sama dalam penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Rokan Hulu. (toni)

Editor: Chaviz

  Berita Terkait
  • Azis Zaenal: Tegak Sama Tinggi, Duduk Sama Rendah

    2 tahun lalu

    Hal tersebut disampaikan Bupati Kampar H Azis Zaenal, SH,MM dalam sambutannya pada acara malam Resepsi Kenegaraan HUT RI ke-72 tahun 2017 di Balai Bupati Kampar kamis malam, (17/8).

  • Kelompok Tani Sei Koru Terima Bibit Karet dari Dishut Provinsi Riau

    2 tahun lalu

    ROKAN HULU(POROSRIAU.COM)--Kelompok Tani Sei Koru Desa Rambah Tengah Barat (RTB) Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menerima bantuan sebanyak 22.500 batang bibit karet dari Dinas Kehutanan(Dishut)Provinsi Riau.

  • T. Mustafa Pimpin Partai Hanura Kabupaten Kepulauan Meranti

    2 tahun lalu

    SELATPANJANG (PR) - Ketua DPD Partai Hari Nurani Rakyat (Hanura) Provinsi Riau dr. Agus Widayat melantik secara resmi H. Tengku Mustafa ST MT sebagai Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Hanura Kabupaten Meranti, dan jajaran pengurus lainnya Masa Bakt

  • Pimpin Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Meranti ke-8, Bupati Ajak Segenap Masyarakat Bersatu Padu Bangun Meranti

    2 tahun lalu

    SELATPANJANG (POROSRRIAU.COM) - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si bertindak sebagai Pembina Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Meranti Ke-8 Tahun 2016. Upacara dalam rangka mengenang terbentuknya Kabupaten Meranti pada Tanggal 19 Desember 20

  • Bupati Kepulauan Meranti Sampaikan LKPJ Tahun 2017 : Macetnya Transfer Pusat dan Pemotongan DBH Migas, Penyebab Terkendalanya Pembangunan

    tahun lalu

    MERANTI(POROSRIAU.COM) - Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Kepala Daerah Tahun 2017 dihadapan Ketua dan Jajaran Anggota DPRD Kepu

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.