Senin, 20 Mei 2019
  • Home
  • ADVERTORIAL
  • Ayat Cahyadi: Mulai Dari Rumah Sendiri, Dengan Begitu Kota Kita Bersih, Asri Dan Nyaman
Senin, 05 Maret 2018 21:05:00

Ayat Cahyadi: Mulai Dari Rumah Sendiri, Dengan Begitu Kota Kita Bersih, Asri Dan Nyaman

Oleh: Fiman
Senin, 05 Maret 2018 21:05:00
BAGIKAN:
Plt Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi berikan kata sambutan di acara Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Jalan Gajah Mada.

PEKANBARU (POROSRIAU.COM) - Berbagai cara dilakukan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dalam menjaga keindahan serta kebersihan kota, seperti menanam pohon penghijau dan rutin mengangkut sampah yang ada diberbagai ruas jalan.

Baru-baru ini Pemko melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru menggelar kampanye peduli sampah sempena Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) di Jalan Gajah Mada.

Petugas kebersihan kota Pekanbaru bersihkan Pasar Pagi Arengka

Kegiatan yang dihadiri Pelaksana tugas (Plt) Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi itu juga dilakukan pencanangan tiga bulan bersih sampah di Kota Pekanbaru. Hal ini dilakukan tak lain agar ibu kota Provinsi Riau ini bebas dari sampah.

Pada kesempatan itu, Plt Walikota mengajak ribuan warga yang hadir agar bersama-sama menjaga kebersihan. Tentunya, kata Plt Walikota harus dimulai dari rumah masing-masing.

"Mari kita mulai dari rumah kita sendiri. Dengan begitu, kota kita akan bersih, asri dan nyaman," kata Plt Walikota disambut tepuk tangan ribuan warga yang hadir.

Sekretaris DLHK Pekanbaru Elmawati

Kepala DLHK Kota Pekanbaru Zulfikri mengatakan, persoalan sampah merupakan permasalahan serius yang dihadapi pemerintah saat ini, sehingga pemerintah menerbitkan regulasi Undang-undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, serta Peraturan Pemerintah Nomor 81 Tahun 2013 tentang Sampah Rumah Tangga, dan Sampah Sejenis Rumah Tangga.

Lanjutnya, dalam Perpres Nomor 97 Tahun 2017 tentang Kebijakan Nasional Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Rumah Tangga, maupun berbagai kegiatan lainnya seperti pengembangan bank sampah, sampah menjadi energi, serta berbagai kegiatan kemasyarakatan lainnya.

Hari Peduli Sampah Nasional di Gajah Mada

Ia juga mengajak warga Kota Pekabaru untuk peduli dengan lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya. Dengan begitu, kebersihan tetap terjaga dan yang diuntungkan adalah masyarakat itu sendiri. 

"Kita juga selalu ingatkan warga soal sampah yang bisa mengancam kesehatan. Karena itu, kita budayakan buang sampah pada tempatnya," kata dia. 

Selain berkampanye, pada peringatan HPSN ini juga dilaksanakan berbagai kegiatan, di antaranya senam sehat, Coaching Clinic (Komposting dan Biopori, Bank Sampah), penukaran  sampah dengan bibit tanaman.

Plt Walikota Ayat Cahyadi timbang sampah yang mana manfaatnya masih ada

Selain itu juga Operasi Tangkap Tangan (OTT) Peduli Sampah berhadiah bagi yang membuang sampah dengan kesadarannya, Aksi Pungut Sampah, Atraksi Sekolah Adiwiyata bertema lingkungan,  pameran produk-produk  yang berasal dari sampah seperti kompos.

Selain itu, juga ada kerajinan daur ulang, adibusana daur ulang dan foto booth serta penandatangan  komitmen semua yang hadir tentang kepedulian terhadap sampah. Pada kegiatan itu juga hadir pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru.

Kegiatan kampanye peduli sampah itu berlanjut pada Kamis, pekan lalu. Kegiatan peduli kebersihan dipusatkan oleh DLHK Kota Pekanbaru di Pasar Pagi Arengka. Kegiatan yang dihadiri Sekretaris DLHK Kota Pekanbaru Elmawati itu membersihkan sampah yang menumpuk di pasar.

"Ini upaya Pemerintah Pekanbaru untuk mewujudkan tiga bulan Pekanbaru bebas sampah yang dicanangkan pekan lalu oleh pak Plt Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi," kata dia.  

Di tengah kegiatan, DLHK mengajak masyarakat untuk mau memilih sampah mereka sendiri dan membuangnya pada tempat yang telah disiapkan. "Semoga dengan upaya ini dapat menggugah kesadaran pedagang untuk peduli dengan sampah mereka sendiri," ujarnya.

Ditambahkannya, sebenarnya sampah bukan hanya untuk dibuang saja, tapi juga punya nilai ekonomis. "Dengan adanya aksi ini mereka bisa melakukan daur ulang terhadap sampah mereka sendiri," imbuhnya.(adv/kominfo)

Editor: Chaviz

  Berita Terkait
  • Walikota Se Sumatera Takjub Dengan Perkembangan Kota Pekanbaru

    tahun lalu

    Dibawah kepemimpinan Walikota Pekanbaru Dr H F Firdaus ST MT - Ayat Cahyadi S.Si, pembangunan Kota Pekanbaru kian pesat. Hal ini diapresiasi oleh Walikota se Sumatera.

  • Gunung Arjuno Via Jalur Purwosari, Menikmati Alam Sekaligus Belajar Sejarah

    7 bulan lalu

    Suka mendaki gunung? Cobalah mendaki Gunung Arjuno melewati Jalur Purwosari. Kita bisa menikmati alam sekaligus belajar sejarah. Arjuno Welirang, mendengar namanya gambaran tentang kegagahannya selalu muncul di benak. Begitu tinggi menjulang diatas 3336

  • LAMR Kota Pekanbaru: Apa Sebenarnya Kota Madani Itu?

    11 bulan lalu

    Rapat Paripurna Istimewa HUT Kota Pekanbaru ke-234, yang digelar di DPRD Pekanbaru, Sabtu (23/6) berjalan sukses. Meski jadwal pelaksanaan sempat diundur, namun dihadiri semua pejabat yang diundang.

  • Masjid 60 Kurang Aso Wisata Religi Solok Selatan

    2 tahun lalu

    Pada masa lalu, di daerah Solok Selatan terdapat sebuah Kerajaan penting. Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu namanya. Hingga saat ini masih banyak peninggalan-peninggalan bersejarah yang masih terpelihara dengan baik

  • Peduli Kesehatan, Walikota H Firdaus Wujudkan Impian Masyarakat Bangun RSD Madani

    tahun lalu

    Silih berganti Walikota, Pekanbaru belum memiliki rumah sakit daerah sendiri. Sejak dipimpin Walikota Pekanbaru, Dr H Firdaus ST MT, akhirnya apa yang menjadi harapan masyarakat dapat terwujud, yakni, Kota Pekanbaru memiliki Ru

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.