Rabu, 18 Oktober 2017
Sabtu, 07 Oktober 2017 07:10:00

Cadangan Devisa Terus Meningkat

Oleh: Redaksi
Sabtu, 07 Oktober 2017 07:10:00
BAGIKAN:
Bank Indonesia

JAKARTA(POROSIAU.COM)--Bank Indonesia (BI) melaporkan posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir September 2017 mencapai 129,4 miliar dollar AS. Angka tersebut meningkat dibandingkan posisi pada bulan sebelumnya yang tercatat sebesar 128,8 miliar dollar AS.

Menanggapi posisi cadangan devisa Indonesia yang terus meningkat, Gubernur BI Agus DW Martowardojo menuturkan, hal tersebut tidak lepas dari kondisi makroekonomi Indonesia yang baik. Pemulihan ekonomi juga terus berjalan. 

"Kondisi makroekonomi Indonesia menunjukkan kondisi yang semakin baik. Pemulihan ekonomi terus berjalan," kata Agus di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jumat (6/10/2017). 

Agus menuturkan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal III 2017 juga menunjukkan banyak perbaikan. Investasi bangunan maupun nonbangunan, serta kinerja ekspor juga menunjukkan perbaikan. 

Penjualan ritel, imbuh Agus, juga dalam kondisi baik. Inflasi indeks harga konsumen (IHK) juga terjaga pada posisi 0,13 persen pada bulan September 2017 lalu. 

Dalam laporannya, bank sentral menyatakan, peningkatan cadangan devisa pada akhir September 2017 terutama dipengaruhi oleh penerimaan devisa yang berasal dari penerimaan pajak dan devisa hasil ekspor migas bagian pemerintah, penarikan pinjaman luar negeri pemerintah, serta hasil lelang Surat Berharga Bank Indonesia (SBBI) valas.

"Penerimaan devisa tersebut melampaui kebutuhan devisa terutama untuk pembayaran utang luar negeri pemerintah dan SBBI valas jatuh tempo," ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Agusman, dilansir Kompas.com.***

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Jamin Keselamatan Penumpang, Pengelola Terminal BRPS Tes Urine Supir

    4 bulan lalu

    PEKANBARU (POROSRIAU.COM) - Agar keselamatan penumpang terjamin hingga ke daerah tujuannya, dalam waktu dekat pihak pengelola terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) Kota Pekanbaru akan melaksanakan kegiatan tes urin terhadap supir angkutan umum.

  • Hasil Panen Meningkat, Bupati Yopi Apresiasi Kerja Keras petani

    tahun lalu

    Bupati Inhu H Yopi Arianto melakukan panen raya padi, sawah Kelompok Tani Makmur Bersama Desa Teluk Sejuah, Kecamatan Kelayang, Kamis (28/7). Tahun ini hasil panen padi diatas areal seluas 148 hektare mengalami peningkatan yang cukup drastis.

  • MTQ Ke VIII Digelar Pada 17-21 September 2016

    tahun lalu

    Meranti (POROSRIAU.com) - Jika tidak ada aral melintang pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) Ke-VIII Tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti akan digelar tanggal 17-22 September 2016 mendatang, dan hasil keputusan rapat bersama Lembaga Pengembang

  • Waspada, Ribuan Situs Dagang & Investasi Bodong Masih Aktif

    12 bulan lalu

    Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) telah memblokir 690 situs dagang dan investasi yang terindikasi melakukan penipuan. Namun demikian, masyarakat sebaiknya tetap ekstra hati-hati melakukan transaksi bisnis di dunia maya. Pasalnya, diperki

  • Swasembada Pangan, Bupati Meranti Inginkan Sagu Jadi Program Pengembangan Nasional

    11 bulan lalu

    Meranti (Porosriau.com) - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, terus berupaya mengangkat potensi sagu setempat menjadi program pengembangan nasional guna mensukseskan swasembada pangan

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.