Senin, 25 September 2017
  • Home
  • BISNIS
  • OJK Prediksi NPL Turun Pada Akhir 2017
Sabtu, 09 September 2017 09:05:00

OJK Prediksi NPL Turun Pada Akhir 2017

Oleh: Redaksi
Sabtu, 09 September 2017 09:05:00
BAGIKAN:
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso (foto/aktual)

JAKARTA(POROSRIAU.COM)--Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso memperkirakan rasio kredit bermasalah (non performing loan/NPL) bank akan turun seiring dengan selesainya restrukturisasi dan konsolidasi perbankan pada akhir 2017.

"Ini karena kemarin harga komoditas turun jadi NPL naik, sehingga bank mulai cleaning NPL," kata Wimboh ditemui kompleks Bank Indonesia, Jakarta, Jumat (8/9/2017).

Mantan Komisaris Utama Bank Mandiri tersebut mengatakan kredit komersial merupakan segman yang paling banyak mengalami kredit bermasalah.

"Sehingga perbankan reorientasi bisnis, karena kredit komersial yang banyak mengalami NPL, dan itu masih proses restrukturisasi dan sebagian sudah dihapus. Inilah yang disebut proses restrukturisasi dan konsolidasi," ucap dia.

Wimboh mengatakan bisnis untuk kredit komersial rata-rata hanya satu segmen saja, sehingga kalau ada perubahan harga komoditas maka sebagian tidak bisa bergerak.

"Ini sebagian sudah restrukturisasi. Ya akhir tahun ini mestinya selesai, sampai akhir tahun," kata dia.

Wimboh mengatakan restrukturisasi bisnis yanng dilakukan terutama yang terkait dengan sektor informasi dan teknologi (IT) untuk tujuan pengawasan debitur.

"IT dikuati supaya monitoring bisa lebih akurat sehingga bisa memontor debitur-debitur lebih dini kalau ada masalah, itu sebenarnya proses internal pengawasan kredit diperketat dengan menggunakan teknologi," kata dia.

Sementara hingga Juni 2017, rasio kredit bermasalah perbankan tercatat 3,0 persen (gross) atau 1,4 persen (net). Angka NPL itu menurun dibanding Mei 2017 yang sebesar 3,1 persen (gross). [viz/Antara/Src]

Editor: Chaviz

copy code snippet
Kirimkan opini Anda seputar politik, isu sosial dan peristiwa yang terjadi disekitar Anda. Redaksi Porosriau.com mengutamakan opini yang ditulis dengan baik dan disertai dengan identitas yang jelas. Setiap Opini yang diterbitkan di luar dari tanggung jawab redaksi. KIRIM KE Email: pkuporosriau@gmail.com
  Berita Terkait
  • Barcelona Taklukkan Tim Juru Kunci Berkat Gol Rafinha

    11 bulan lalu

    Barcelona menuai angka penuh setelah menang atas Granada dengan skor 1-0, pada laga lanjutan La Liga 2016-2017, di Estadio Camp Nou, Sabtu (29/10/2016) atau Minggu (30/10/2016) dini hari WIB. Rafinha menjadi pahlawan Barcelona setelah mencetak gol pada me

  • Syamsul Anam: Progres Fisik Desa Siantar Telah Rampung 100 Persen

    10 bulan lalu

    INDRAGIRIHILIR(POROSRIAU.COM)-- Progres Fisik Desa Tanjung Siantar selalu tuntas 100 persen, hal ini juga dikarenakan berkat dukungan maksimal dari masyarakat, bahkan pelaksanaannya selesai jauh-jauh hari sebelum akhir tahun anggaran.

  • Gubri bersama Tim Kemenpar RI Direncanakan Akan Ikut Perang Air di Meranti

    9 bulan lalu

    SELATPANJANG(POROSRIAU.COM) - Festival perang air yang akan dilaksanakan pada 28 Januari 2017 mendatang dikota Sagu Selatpanjang rencananya akan dibuka langsung oleh Gubernur Riau, Ir Arsyadjuliandi Rachman dan dihadiri tim dari Kementerian Pariwisata RI

  • Prediksi Chelsea Vs Arsenal: London Memanas

    8 bulan lalu

    POROSRIAU.COM--Arsenal bakal memikul "tugas" berat saat menantang Chelsea, di Stamford Bridge, London, pada pertandingan pekan ke-24 Premier League, Sabtu (4/2/2017). Persaingan memperebutkan gelar juara bisa mengacu terhadap hasil laga ini.

  • Telan ADD Rp 42 Juta, Proyek Drainase di Kepenuhan Dinilai Asal Jadi

    8 bulan lalu

    ROHUL(POROSRIAU.COM)--Masyarakat Desa Kepenuhan Barat merasa kesal, pasalnya bangunan yang baru selesai terkesan asal jadi, dimana Drainase total tidak berpungsi.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2017 Poros Riau. All Rights Reserved.