Kamis, 13 Juni 2024
  • Home
  • DUMAI
  • Aktivis Pendidikan Riau Minta Kelulusan PPDB SMA SMK Jalur Tahfidz Quran Ditinjau Ulang
Sabtu, 08 Juli 2023 00:17:00

Aktivis Pendidikan Riau Minta Kelulusan PPDB SMA SMK Jalur Tahfidz Quran Ditinjau Ulang

Sabtu, 08 Juli 2023 00:17:00
BAGIKAN:
Aktivis Pendidikan Riau, Erwin Sitompul

DUMAI, POROSRIAU.COM - - Dinas Pendidikan Provinsi Riau diminta untuk meneliti berkas kelulusan siswa baru tingkat SMA SMK sederajat lewat jalur prestasi Tahfiz Quran karena diduga tidak murni alias akal akalan panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dan oknum kepala sekolah.

Ini dikatakan Aktivis Pendidikan Riau Erwin Sitompul karena marak pertanyaan masyarakat terkait jalur penerimaan siswa baru lewat Tahfiz Quran yang terkesan ada celah bermain dengan  memanipulasi sertifikat dan tanpa bukti otentik berupa audio visual calon anak didik saat diuji hapalan Alquran.
 
Menurut Erwin, meski kuota PPDB jalur Hafiz Quran ini tidak banyak dibanding jalur lain, namun terbuka kemungkinan oknum-oknum sekolah dan panitia. kongkalingkong untuk meluluskan peserta pendaftar ke sekolah bersangkutan.Karena lewat jalur Tahfiz Ouran 
semua kuotanya terisi penuh. Makanya diperlukan pembuktian agar transparan.
 
"Agar kelulusan PPDB lewat jalur prestasi Tahfiz Qur’an ini tidak ada permainan, harusnya panitia ada bukti otentik berupa audio visual disaat calon anak didik diuji hapalan Alquran," kata Erwin kepada wartawan, Jumat (7/7/23). 
 
Kecurigaan terhadap sistem PPDB jalur prestasi Tahfidz Qur’an ini karena sudah menjadi rahasia umum dan menjadi perbincangan masyarakat.
 
Dia mencontohkan untuk pembuktian kebenaran anak lulus berdasarkan kepandaian hapalan Alquran, sekolah bisa dengan melaksanakan seperti MTQ, yaitu didengarkan banyak orang atau ada saksi dan dilengkapi audio visual.
 
"Kita harap disdik meninjau ulang kelulusan anak lewat jalur Tahfidz Quran ini untuk melihat yang benar benar lulus murni atau tidak," sebut Erwin lagi.**
  Berita Terkait
  • Nihil SMA SMK di Kecamatan Dumai Kota, Disdik Riau agar cari Solusi

    11 bulan lalu

    Aktivis Pendidikan Riau Erwin Sitompul karena para orang tua atau wali murid kerap bingung setiap dibukanya penerimaan peserta didik baru, karena tidak tersedia SMA SMK di Kecamatan Dumai Kota untuk masuk lewat jalur zonasi.

  • Awasi Kecurangan PPDB Online, Aktivis Pendidikan Riau Erwin Sitompul Minta DPRD Riau Bentuk Pansus

    2 tahun lalu

    Kepada media Erwin menjelaskan bahwa proses regulasi PPDB sudah membuat orang tua siswa pusing. Dimana terdapat banyak masalah di lapangan seperti di Dumai, ada satu kecamatan di Dumai Kota tidak memiliki fasilitas pendidikan yang layak.

  • Erwin Sitompul Dukung Penambahan Empat Kelas Siswa Baru SMAN 1 Pekanbaru

    10 bulan lalu

    Erwin mengakui bahwa dia banyak mendapatkan laporan dan keluhan dari orang tua calon siswa SMA maupun SMK di Riau. Sulit dan ketatnya persaingan pada PPDB mengakibatkan banyak calon siswa gugur saat PPDB.

  • Putra Minta Dukungan Masyarakat Riau Agar Lolos Pada Audisi The Voice Kids Global TV Di Jakarta

    7 tahun lalu

    Karena kalau tidak ade polling sms maka tidak ade artinya perjuangan Putra di Jakarta nantinye. Dan siape saje yang minat dengan Putra, kami minta dukungan dengan mengirim SMS dukungan

  • Keluh Kesah Terkait Zonasi, Hingga Viral di Medsos Netizen Dumai

    5 tahun lalu

    DUMAI (POROSRIAU.COM) – Sejak berakhirnya penutupan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SLTA pada tanggal 8 Juli 2019, banyak kalangan dari orangtua calon siswa Kota Dumai berkeluh k

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2024 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.