Sabtu, 25 Mei 2024
  • Home
  • DUMAI
  • Diskominfotiksan Dumai Gelar Sosialisasi SP4N-LAPOR! Guna Pelayanan Publik Yang Berkualitas
Jumat, 25 November 2022 16:45:00

Diskominfotiksan Dumai Gelar Sosialisasi SP4N-LAPOR! Guna Pelayanan Publik Yang Berkualitas

Jumat, 25 November 2022 16:45:00
BAGIKAN:
dsk
DUMAI - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiksan) Kota Dumai melalui Bidang Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) menggelar kegiatan Sosialisasi Sistem Pengelolaan Pelayanan Pengaduan Publik Nasional - Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!).
 
Acara yang dilangsungkan di Balai Sri Bunga Tanjung Kota Dumai itu, dibuka secara resmi oleh Wali Kota Dumai dalam hal ini diwakili Asisten Administrasi Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Dumai, H. Muhammad Syafei, S.Sos, M.Si, Kamis (24/11/2022).
 
Perlu diketahui bersama, berdasarkan Peraturan Presiden No. 76 Tahun  2013 tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik, LAPOR sudah ditetapkan sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional.
 
LAPOR merupakan sarana interaktif berbasis web dan aplikasi yang mudah, terpadu, tuntas untuk memberikan aspirasi, informasi dan pengaduan mengenai pelayanan publik di Indonesia.
 
Sosialisasi ini juga diperkuat dengan penyampaian materi dan sesi diskusi yang dipaparkan oleh Dasuki, S.Sos selaku Kepala Keasistenan Pemeriksaan Laporan Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Riau dan Sekretaris Diskominfotik Provinsi Riau, Sri Mekka, SH, M.Si.
 
Muhammad Saddam, S.STP, M.IP dalam laporannya menjelaskan, sosialisasi SP4N-LAPOR! ini bertujuan untuk memberi pendampingan bagi para pejabat penghubung dan admin penghubung dilingkup Pemko Dumai dalam memberi pemahaman dan menyerap aspirasi masyarakat melalui SP4N-Lapor yang transparan dan partisitipatif sesuai perundang-undangan yang berlaku.
 
Lebih lanjut Saddam menambahkan, SP4N-LAPOR! terhubung secara langsung dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi serta Kantor Staf Kepresidenan dan memperoleh pengawasan secara ketat oleh Ombudsman Republik Indonesia.
 
"Dengan demikian, aplikasi ini sangat penting dan akan sangat berpengaruh pada ukuran kinerja Pemda apabila pengaduan atau aspirasi yang disampaikan masyarakat tidak segera ditangani," tuturnya.
 
Sementara itu, Asisten III Muhammad Syafie mengapresiasi Diskominfotiksan Dumai dalam hal ini Bidang IKP yang telah menggelar kegiatan sosialisasi SP4N-LAPOR!
 
Menurutnya, pengelolaan pengaduan pelayanan publik di setiap organisasi penyelenggara di Indonesia khususnya di Kota Dumai  belum terkelola secara efektif dan terintegrasi yang menjadi kendala ditambah kurangnya kemampuan dan pengetahuan OPD dalam mengelola aplikasi.
 
"Melalui kegiatan sosialisasi ini, mari bersama kita berbenah, dan berkomitmen dalam mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas di Kota Dumai melalui aplikasi SP4N LAPOR," imbuhnya.
 
Ia berpesan, kiranya sosialisasi ini dapat dimaknai secara baik bagi semua peserta sebagai panggilan untuk bagaimana memberi pelayanan publik yang transparan, akuntabilitas dan partisipatif bagi masyarakat, selaras dengan mewujudkan Dumai Kota Idaman.**
Sumber: diskominfo.dumaikota.go.id/

  Berita Terkait
  • Humas Inhu Sosialisasikan LAPOR dihadapan Mahasiswa Baru STIE

    8 tahun lalu

    Inhu (POROSRIAU.com) - Bagian Humas Setda Kabupaten Inhu menggelar sosialisasi Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) dihadapan ratusan mahasiswa baru Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indragiri Rengat, Kamis (1/9) di Gedung Dang Purnama Rengat

  • Kerabat Walikota Diisukan Ikut Tentukan Pejabat

    8 tahun lalu

    Melalui bisikan, mereka mencoba merekomendasikan nama pejabat yang bakal dilantik nanti,

  • Loloskan Pokok Pikiran, Oknum Wakil Rakyat Dumai Terima Upeti

    8 tahun lalu

    DUMAU(POROSRIAU.com) –  Sutrisno  amggota Komisi I DPRD Kota dumai membantah dirinya mendapatkan upeti setoran Fee dari sumber dana pokok pikiran yang di perjuangkan dari partai NAS

  • Dishub Kota Dumai Adakan Sosialisasi Uji Emisi Gas Buang Kendaraan

    8 tahun lalu

      DUMAI (POROSRIAU.COM) - Menindak lanjuti Peraturan Daerah (Perda) Kota Dumai No. 6 Tahun 2014 tentang pengujian emisi gas buang kendaraan, Dinas Perhubungan Kota Dumai mengadakan kegiata

  • Ahamad Yuzar Wakili Pj Bupati Kampar Pimpin Rapat Kerja Satgas Saber Pungli

    7 tahun lalu

    BANGKINANG(POROSRIAU.COM)--Pungutan Liar (pungli) merupakan masalah serius yang sudah terlalu lama terjadi dan mungkin telah menjadi budaya tersendiri dalam pelayanan masyarakat di indonesia.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2024 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.