Sabtu, 30 Mei 2020
  • Home
  • DUMAI
  • Informasi Tidak Valid, Warga Keluhkan Kinerja Dinsos Yang Inkonsisten
Sabtu, 09 Mei 2020 13:23:00

Informasi Tidak Valid, Warga Keluhkan Kinerja Dinsos Yang Inkonsisten

Oleh: Muhammad Adhhari
Sabtu, 09 Mei 2020 13:23:00
BAGIKAN:
Kepala Dinas Sosial Kota Dumai, Hasan Basri.
DUMAI, POROSRIAU.COM - Rencana bantuan sosial dari Pemko Dumai kepada warga yang terdampak COVID-19 batal digulirkan dalam minggu ini, sebelumnya banyak diberitakan dimedia massa bahwa hari ini, sabtu(09/05/2020), rencanya akan disalurkan, namun hingga kini  juga kunjung terlaksana.
 
Kepala Dinas Sosial Kota Dumai Hasan Basri, dalam keterangan yang dihimpun porosriau.com, Kamis (07/05/2020), membantah ketika ditanya pembagian bantuan tersebut akan mulai disalurkan hari ini.
 
"Saya rasa tak ada yang bilang hari Sabtu pembagian bantuan. Sabtu hari terakhir verifikasi data oleh kelurahan, Minggu kami buat daftarnya, kalau Siap Senen atau Selasa baru bisa pembagian, salah kutip kali, yang lagi disalurkan sekarang bansos BLT. Kamis semalam udah mulai, mungkin ini maksudnya, harusnya Sabtu mulai penyaluran bansos tunai melalui kantor pos tapi kami percepat menjadi kamis walaupun hari libur," urainya panjang lebar.
 
Melihat ekspektasi masyarakat Dumai yang begitu tinggi terhadap bantuan tersebut, warga menilai kinerja Dinsos Dumai tidak tersistematis dan inkonsisten, karena masih bergelut pada pendataan yang belum rampung hingga sekarang. Padahal Dinsos Dumai telah melibatkan berbagai lapisan untuk menjaring data warga yang terdampak ekonominya akibat wabah COVID-19 secara akurat.
 
"Pemerintah Kota Dumai dalam hal ini terkhususnya Dinsos, gagap menanggapi situasi kritis seperti ini, kalau untuk kepentingan masyarakat mereka bekerja lamban dan inkonsisten, selalu miskooordinasi antar instansi dan disinyalir tidak transparan dalam mempublikaasikan data dan anggaran," kata Fatahuddin, salah satu warga Dumai kepada porosriau.com, Sabtu (09/05/2020).
 
Selain itu, Fatahudin menilai, akibat dari penyaluran bantuan yang tak kunjung datang tersebut, memicu mobilitas warga diberbagai titik untuk melakukan kegiatan di keramaian.
 
"Kita lihat contoh, seperti di pulau payung dan bumi ayu, warga mulai berkumpul dalam keramaian, sebabnya kenapa? mereka sudah bosan dengan aturan dan anjuran pemerintah, baik itu social distancing, menggunakan masker, dan lain sebagainya, karena apa? karena bantuan untuk yang warga terdampak secara ekonomi ini tak kunjung disalurkan, sementara mereka butuh keperluan untuk menghidupi keluarga," urainya panjang lebar.
 
Sebelumnya pada temu pers di kantor dinsos pada 27 April 2020 lalu, Wali kota Dumai Zulkifli AS menyebutkan pembagian bantuan Pemko Dumai bagi warga yang terdampak COVID-19 akan dibagikan ke Masyarakat paling cepat minggu tersebut.
 
"Jika selesai dalam minggu ini, berapapun yang selesai (clear), minggu ini juga kita bagikan dulu," tuturnya. (ari)
Editor: Muhammad Adhhari

  Berita Terkait
  • Isu Reshuffle Menguat, Gerindra Mengaku Ditawari 4 Pos Menteri

    3 tahun lalu

    POROSRIAU.COM – Beberapa hari terakhir, isu reshuffle dalam kabinet Kerja Presiden Jokowi dan Jusuf Kalla semakin santer terdengar. Apalagi, pihak Partai Gerindra sudah me

  • Ini Program HM Wardan-Syamsudin Uti untuk Inhil

    2 tahun lalu

    Bupati Indragiri Hilir (Inhil), M Wardan didampingi Wakil Bupati, Syamsudin Uti menyampaikan program 100 hari kerjanya pada Rapat Paripurna Istimewa di aula gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), Jalan HR Soebrantas Tembilahan, Senin (26/11/2018).

  • Kurang Teliti, Disdukcapil Kampar Salah Menetukan Jenis Kelamin di E-KTP

    4 tahun lalu

    Bangkiang (POROSRIAU.com) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil ) Kabupaten Kampar tidak henti-hentinya menuai masalah. Kendati beberapa elemen masyarakat pernah melakukan demo menyataka ketidakpuasan atas kinerja PNS maupun honorer yang ad

  • Dua Minggu Dilantik, Ka BPBD Inhu Dikritik Dan Akan Evaluasi Kinerja Staffnya

    4 tahun lalu

    Inhu (Porosriau.com) – Terkait dengan sijago merah yang kembali mengamuk di Kecamatan Rengat,Kab Inhu, sabtu (17/9/2016) malam minggu lalu, mengakibatkan setidaknya 8 Unit rumah Warga ludes.

  • PLN Beralasan Gangguan, Managemen PLN Pekanbaru dicecar Komisi IV

    4 tahun lalu

    Gerah dan seringnya listrik padam di Kota Pekanbaru, Komisi IV DPRD Kota Pekanbaru, Kamis (10/11) pagi, memanggil manajemen PLN Area Kota Pekanbaru, dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP). Alhasil PLN ungkapkan alasan klasik seperti ada gangguan.

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2020 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.