Minggu, 21 Juli 2019
  • Home
  • MERANTI
  • BPK RI Perwakilan Riau Turun Ke Meranti, Sekda: PA, KPA, PPTK dan Pejabat Pengadaan Standbye Ditempat.
Rabu, 24 Oktober 2018 22:47:00

BPK RI Perwakilan Riau Turun Ke Meranti, Sekda: PA, KPA, PPTK dan Pejabat Pengadaan Standbye Ditempat.

Oleh: Manik
Rabu, 24 Oktober 2018 22:47:00
BAGIKAN:
Foto: Sekda Meranti, saat memimpin acara Briefing dengan Tim Pemeriksa BPK RI Perwakilan Riau, diruang Melati Kantor Bupati, Rabu (24/10/2018).
MERANTI(POROSRIAU.COM) - Hari ini Tim Pemeriksa dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK) RI Perwakilan Riau mulai melakukan pemeriksaan di seluruh OPD Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Meranti, agar proses pemeriksaan berjalan dengan lancar Sekdakab. Meranti H. Yulian Norwis SE MM, mengintruksikan PA, KPA, PPTK dan Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa berada ditempat.
 
"Agar proses pemeriksaan berjalan dengan baik saya minta PA, KPA dan PPTK serta Pejabat Pengadaan Barang dan Jasa selama proses pemeriksaan Standbye ditempat," ujar Sekda Meranti, saat memimpin acara Briefing dengan Tim Pemeriksa BPK RI Perwakilan Riau, diruang Melati Kantor Bupati, Rabu (24/10/2018).
 
Seperti diketahui, proses pemeriksaan berlangsung mulai hari ini hingga 30 hari kedepan. Kedatangan Tim Pemeriksa BPK RI Perwakilan Riau kali ini berbeda dari biasanya, jika sebelumnya pemeriksaan dilakukan pada awal tahun atau Bulan January saat ini pemeriksaan dilakukan pada bulan Oktober. Hal itu bukanya tidak beralasan menurut Ketua Tim Pemeriksa BPK RI untuk Meranti Ahmad Syukri, kedatangan dirinya bersama Tim Pemeriksa lainnya lebih awal berhubung Kabupaten Kepulauan Meranti telah mendapat 6 kali WTP untuk itu perlu melengkapi Laporan LKPD, karena kedepan proses pemeriksaan akan melibatkan Akuntan Publik secara Independen.
 
Dan Syukri menegaskan kedatangan dirinya bersama Tim untuk memastikan pelaksanaan proses pengadaan belanja barang dan modal oleh Pemda Kabupaten Kepulauan Meranti telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
 
Adapun yang menjadi sasaran pemeriksaan Tim BPK RI Perwakilan Riau kali ini, dikatakan Syukri meliputi, Belanja Barang dan Modal mulai dari kegiatan sampai belanja yang diserahkan kepada pihak ketiga. Baik itu berupa barang, bangunan dan lainnya.
 
Untuk itu, selama proses pemeriksaan Syukri meminta PA, KPA dan PPTK wajib hadir dengan menyiapkan seluruh dokumen yang diperlukan, ia mewanti-wanti kepada Kepala OPD dan pejabat terkait jika tidak hadir saat pemeriksaan maka dokumen tidak dapat diperiksa dan OPD bersangkutan akan menjadi catatan bagi BPK RI.
 
"Saat turun kelapangan kami harapkan PA, KPA, PPTK wajib hadir dengan menyiapkan seluruh dokumen yang diperlukan untuk pemeriksaan, jika tidak hadiri pemeriksaan tidak dapat dilanjutkan dan akan menjadi catatan kami," tegas Syukri.
 
Anggota Tim Pemeriksa BPK RI lainnya, Andre, juga menambahkan pemeriksaan yang dilakukan kali ini bukan hanya seputar pengadaan fisik tetapi juga Pengadaan langsung dan pengadaan lainya. Untuk itu Bagian yang menangani masalah pengadaan terutama Pihak ULP Meranti, Pokja, Konsultan Perencana dan Rekanan Pemenang ketika pemeriksaan dapat dihadirkan untuk melakukan kroscek langsung. 
 
Nantinya setelah dilakukan pemeriksaan oleh Tim BPK RI, akan dikeluarkan Lembar Pemeriksaan untuk dilakukan klarifikasi dan kroscek secara bersama-sama. 
 
Terakhir, Sekda Meranti H. Yulian Norwis SE MM, sekali lagi menekankan kepada semua pejabat terkait selama proses pemeriksaan oleh Tim BPK RI untuk tetap berada di tempat, ia berharap proses pemeriksaan kali ini dapat berjalan dengan baik dan jika ada permasalah dapat dikalrifikasi dan diselesaikan dengan cepat. 
 
"Sekali lagi saya tekankan selama proses pemeriksaan PA, KPA dan PPTK serta pihak terkait lainnya tetap berada ditempat, hal ini demi kelancaran proses pemeriksaan sehingga jika ada masalah dapat diselesaikan dengan cepat," pungkas Sekda mengakhiri. 
 
Sekedar informasi dalam Briefing Pemeriksaan BPK RI turut dihadiri oleh Ketua Tim Ahmad Syukri, Anggota Tim Arnawan Hendi Prabawa, Andre Setyarso, Suheri, Feri Irfan.
 
Sementara Pemkab. Meranti sendiri dihadiri langsung oleh Sekda Meranti H. Yulian Norwis SE MM, Kadis Perhubungan Meranti Dr. Aready, Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Drs. Bambang Suprianto M.Si, Kepala Dinas Restribusi dan Pajak Daerah Heri Suhairy S.Sos, Sekwan DPRD Meranti Drs. Irmansyah M.Si, Kepala ULP Drs. Janefi Meza, Kepala Dinas PMD Drs. Ikhwani M.Si, Kepala Dinas Perindag Meranti Drs. H. Azza Fahroni M.Si, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Meranti Jaka Insita, Sekretaris Dinas Perkebunan Meranti Widodo dan Sekretaris Dinas lainnya, Kepala Bagian Kesra Drs. Husni Gamal, Kabid Akuntansi BPKAD Meranti Eko dan lainnya. (nik/rls).
Editor: Chaviz fernandes

  Berita Terkait
  • Panen Raya di Desa Anak Setatah, Wabup Meranti : Pemkab siap memfasilitasi infrastruktur pendukung.

    5 bulan lalu

    MERANTI(POROSRIAU.COM) - Wakil Bupati Meranti H. Said Hasyim melakukan panen raya padi di Desa Anak Setatah Kecamatan Rangsang Pesisir,  pada Kamis (7/2/2019).     Dalam

  • Luar Biasa, Bupati Meranti Salah Satu Peraih Baznas Award 2018.

    11 bulan lalu

    JAKARTA(POROSRIAU.COM) - Tiga Kepala Daerah Tingkat Kabupaten Se-Indonesia Raih Baznas Award Tahun 2018, salah satunya Bupati Meranti Drs. H. Irwan M.Si, penyerahan Baznas Award Kategori Kepala Dae

  • Tuntut Gaji TKS Dibayarkan Massa L2MR Tolak Kehadiran Sekda. Yulian Norwis SE. MM.

    tahun lalu

    SELATPANJANG(POROSRIAU.COM) - Sebanyak 10 orang massa dari Laskar Muda Melayu Riau (L2MR) melakukan aksi damai di halaman kantor Bupati dan DPRD Kabupaten Kepulauan Meranti, pada hari Senin (14/5

  • Jika Langgar Aturan, Wabup Tak Segan Copot Jabatan Pegawai

    3 tahun lalu

    MERANTI (PR) - Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Said Hasyim serius melihat dan mengamati prilaku pegawai dilingkungan Pemkab. Meranti, dirinya tak ingin kerusuhan di Meranti yang terjadi baru-baru ini terulang, dan ditakutkan kerusuhan justru t

  • Buka Musrenbang RKPD Kecamatan Rangsang Barat, Sekda : Saya sangat bangga dengan hasil pertanian masyarakat Rangsang Barat.

    5 bulan lalu

    MERANTI(POROSRIAU.COM) - Kegiatan Musrenbang Rencana Pembangunan Daerah (RKPD) Tingkat Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Meranti terus berlanjut, kali ini digelar di Kecamatan Rangsang Barat, kegiat

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.