Senin, 20 Mei 2019
  • Home
  • NASIONAL
  • Usai Politikus Sontoloyo, Jokowi Sebut Ada Juga Politikus Genderuwo.
Jumat, 09 November 2018 16:58:00

Usai Politikus Sontoloyo, Jokowi Sebut Ada Juga Politikus Genderuwo.

Jumat, 09 November 2018 16:58:00
BAGIKAN:
Presiden Joko Widodo
JAKARTA,POROSRIAU.COM-Usai melontarkan pernyataan tentang politikus sontoloyo, Presiden Joko Widodo kembali melontarkan pernyataan tentang politikus Genderuwo. Politikus ini adalah politikus yang gemar menyebarkan propaganda dan ketakutan kepada masyarakat. 
 
"Ya politikus gerenduwo itu yang melakukan cara- cara berpolitik dengan propaganda. Menakut- nakuti dan menimbulkan kekhawatiran di masyarakat," kata Jokowi, saat melakukan kunjungan di Kabupaten Tegal, Jumat (9/11/2018).
 
Dalam KBBI genderuwo merupakan hantu yang konon serupa manusia yang tinggi besar dan berbulu tebal. Jokowi mengemukakan saat ini banyak politikus yang sering melontarkan pernyataan-pernyataan yang menakutkan dan menimbulkan keresahan di masyarakat.
Baca: Pernyataan Jokowi soal Politik Genderewo Ditujukan Kepada Semua Politikus yang Menakut-nakuti
 
"Coba lihat politik dengan propaganda menakutkan. Membuat takut dan kekhawatiran. Setelah itu membuat sebuah ketidakpastian. Kemudian menjadi keragu raguan di masyarakat," ucapnya usai peresmian tol.
 
Menurutnya, cara berpolitik semacam itu bukanlah berpolitik yang beretika. Masyarakat digiring ke arah ketakutan sehingga terkesan kondisi Indonesia mencekam.
 
Cara berpolitik seperti itu dikatakan dapat memecah persatuan bangsa. Sehingga, Jokowi menegaskan masyarakat harus bisa berpikir kritis dan pintar dalam menghadapi situasi.
 
Dia menekankan momen tahun politik hanya lima tahun sekali dan jangan sampai pesta demokrasi ini justru menimbulkan bibit-bibit perpecahan antar masyarakat. "Cara berpolitik seperti ini jangan diteruskan lah. Stop," tegas mantan Wali Kota Solo itu.
 
Ia harapkan politik di Indonesia penuh dengan kegembiraan dan kesenangan, bukan ketakutan.
 
"Namanya juga pesta demokrasi, yang namanya pesta itu penuh dengan kegembiraan. Biarkan masyarakat dengan kematangan politiknya memberikan suara untuk memilih," ujarnya.
 
Jokowi mengatakan harus ada hijrah sikap saat tahun politik ini. Hijrah dari pesimisme ke optimisme, hijrah dari kegaduhan ke persatuan dan kerukunan. Ketikq ditanya siapa politikus yang dimaksud, Jokowi hanya tersenyum dan mengatakan sambil lalu, "Ya dicari aja politikusnya," kata dia.
 
Di Tegal, Jokowi membagikan sertifikat tanah di GOR Trisanja Slawi. Kemudian, meresmikan ruas tol Pejagan-Pemalang di gerbang tol Tegal di Desa Kalimati, Kecamatan Adiwerna. (rdh/kpc) 
  Berita Terkait
  • Negeri ini Membutuhkan Pemuda yang Mampu Berkolaborasi untuk Kemajuan Bangsa

    6 bulan lalu

    Rangkaian Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Halaman Kantor Gubernur Riau berlangsung khidmad. Sabtu (10/11/2018) Pagi.

  • Buka Pembekalan Caleg DPR RI, SBY Ajak Kader Partai Demokrat Cegah Politik Ektrem

    6 bulan lalu

    Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat menggelar Pembekalan Caleg DPR RI Periode 2019-2024, Sabtu (10/11/2018) di aula The Sultan Hotel Jakarta, Jalan Gatot Subroto.

  • Jokowi Lontarkan Politik Genderuwo, Ini Reaksi Kubu Prabowo

    6 bulan lalu

    Setelah menyebut politikus sontoloyo, kini Presiden Joko Widodo atau Jokowi kembali melontarkan istilah lain yakni politik genderuwo. Istilah itu ia tujukan kepada politikus yang melakukan propaganda dengan cara menakut-nakuti masyarakat.

  • Politikus Sontoloyo, Andi Arief: Jokowi Lepas Pencitraan dan Mulai Unjuk Watak Aslinya

    7 bulan lalu

    Pernyataan Jokowi tentang politikus sontoloyo menandakan dirinya melepas politik pencitraan sekaligus memperlihatkan wajah aslinya.

  • Pidato Politik Amien Rais Di Reuni 212: Kecebong, Asing, Aseng

    tahun lalu

    Politikus senior Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais memberikan pidato politik mengkiritik rezim Joko Widodo-Jusuf Kalla, dalam acara reuni mantan demonstran anti-Ahok di Lapangan Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Sabtu (2/12/2017).

  •   komentar Pembaca
    Copyright © 2019 POROSRIAU.COM. All Rights Reserved.